Analisa Proses Bisnis Usaha Kue Pelangi Bakery Menggunakan Value Chain Dan Swot Analisis
Analysis Of The Kue Pelangi Business Process Using Value Chain And SWOT Analysis
DOI:
https://doi.org/10.57152/ijirse.v3i2.1313Keywords:
Pelangi Bakery, Value Chain, SWOT AnalisisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rantai nilai Pelangi Bakery dan menemukan cara untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dengan menggunakan konsep rantai nilai. Penelitian ini akan melihat bagaimana bisnis menghasilkan produk, dari pengadaan bahan baku hingga distribusi produk akhir, dengan fokus pada komponen penting untuk rantai nilai. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses bisnis dan elemen yang memengaruhi keunggulan kompetitif, penelitian desktiptif digunakan. Ini melibatkan observasi langsung, tinjauan literatur, dan analisis hasil wawancara dengan pihak terkait. Penelitian ini menunjukkan kekuatan dan kelemahan rantai nilai Pelangi Bakery. Selain itu, penelitian ini membuat saran untuk strategi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan nilai tambah di semua langkah dalam rantai nilai. Diharapkan analisis ini akan membantu bisnis mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan daya saing mereka di pasar. Penelitian ini akan memberikan analisis menyeluruh tentang kemungkinan implementasi rantai nilai sebagai langkah strategis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Rotte Bakery di industri roti dan produk pangan.
References
Laksmono, I., & Daniel, D. R. (2020). Pengendalian Biaya Bahan Baku Produksi Melalui Sistem Pengendalian Aktifitas Dalam Analisa Rantai Nilai Produksi Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 30(2), 114. https://doi.org/10.20473/jeba.v30i22020.114-122
Puspitasari, A., S, I., Susbiyani, A., & Fitriya, E. (2020). Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan (Studi Empiris Pada PT Indoroti Prima Cemerlang Cabang Jember). Jurnal Ekonomi, 2, 1–16
Damayanti, N. A., Probowulan, D dan Nastiti, A.S. 2021. Analisis Rantai Nilai Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada Ud. Ijen Batikbondowoso) Asersi: Jurnal Akuntansi Terapan dan Bisnis. Vol. 1, No. 1, 2021, {12-24}
Dagmar Recklies. (2001). Recklies Management Project GmbH. Germany: Dagmar Recklies.
O'Brien, J. A., & Maracas, G. M. (2011). Management Information Systems. New York: McGraw-Hill/Irwin.
Mashuri dan Nurjannah, D. (2020) Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). Jurnal Perbankan Syariah .Vol.1, No.1: 97-112
Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Sulistiani, D. (2014). Analisis swot sebagai strategi perusahaan dalam memenangkan persaingan bisnis. el-Qudwah
Rangkuti, Freddy, 2008,Analisa SWOT Teknik Membedah kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Putra, I. G. N. A. B. 2017. Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan Pada Ud. Kacang Sari Di Desa Tamblang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 9 (2).397-407
Supriyantoko, I. (2018). Perancangan Startegis Sistem Informasi Di SMK Diponegoro 1 Jakarta. ELINVO (Electronics, Informatics , and Vocational Education).
Mashuri, Nurjannah, D. 2020. Analisis swot sebagai strategi meningkatkan daya saing (studi pada pt. Bank riau kepri unit usaha syariah pekanbaru) . Jurnal perbankan syariah) .vol.1, no.1: 97-112
Porter, E. M. (1985). Competitive Advantage-Creating and Sustaining SuperiorPerformance, New York : Free Press
Ward, J., Peppard, J.. 2002. Strategic Planning for Information System. Third Edition. John Willey & Sons.
Mulia. A.D.,Taufik, E., Atabany, A. 2022. Analisis Kinerja Inbound Logistik Susu Segar di Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang Performance. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan. Vol. 10 No. 1 Hlm: 1-7