Analisis Sentimen pada Ulasan Aplikasi iPusnas di Google Play Store Menggunakan Naive Bayes Classifier
Sentiment Analysis On Ipusnas Application Reviews In Google Play Store Using Naive Bayes Classifier
DOI:
https://doi.org/10.57152/ijirse.v5i1.1846Keywords:
analisis sentimen, algoritma naive bayes, iPusnas, kepuasan pengguna, perpustakaan digitalAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam akses dan literasi informasi, terutama melalui perpustakaan digital. Di Indonesia, iPusnas, aplikasi perpustakaan digital yang dikelola oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, menjadi salah satu platform populer yang menawarkan akses gratis ke berbagai buku digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis sentimen ulasan pengguna iPusnas di Google Play Store menggunakan algoritma Naive Bayes. Penelitian ini menggunakan 700 ulasan pengguna yang dikumpulkan, diproses, dan diberi label sentimen berdasarkan rating ulasan. Setelah melalui tahap pre-processing, termasuk case folding, tokenization, dan stemming, data dibagi menjadi set data latih dan uji dengan rasio 80:20. Hasil analisis menunjukkan bahwa 75,1% ulasan bersentimen positif, mengindikasikan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi. Algoritma Naive Bayes menunjukkan akurasi 58%, dengan nilai precision 69%, recall 81%, dan f1-score 75%. Temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang juga menunjukkan kualitas layanan dan kepuasan pengguna yang tinggi terhadap iPusnas. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pengembang iPusnas untuk meningkatkan kualitas layanan berdasarkan umpan balik pengguna. Penggunaan analisis sentimen yang lebih canggih dan integrasi teknologi lainnya dapat lebih meningkatkan evaluasi sentimen dan kualitas layanan di masa depan
References
B. Pang and L. Lee, "Thumbs up? Sentiment Classification using Machine Learning Techniques," Conf. on Empirical Methods in Natural Language Processing (EMNLP), 2002.
E. Daryfayi and I. Asror, "Sentimen Analisis Pada Ulasan Google Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes," e-Proceeding of Engineering, vol. 7, no. 2, pp. 8400-8410, 2020.
A. Harun and D. P. Ananda, "Analisa Sentimen Opini Publik Tentang Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Menggunakan Naïve Bayes dan Decission Tree," MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 1, no. 1, pp. 58-63, 2021.
B. Mahesh, "Machine Learning Algorithms - A Review," International Journal of Science and Research (IJSR), vol. 9, no. 1, pp. 381-386, 2018.
T. U. Haque, N. N. Saber and F. M. Shah, "Sentiment analysis on large scale Amazon product reviews," IEEE International Conference on Innovative Research and Development (ICIRD), pp. 1-6, 2018.
A. Rahman, E. Utami and S. Sudarmawan, "Sentimen Analisis Terhadap Aplikasi pada Google Playstore Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan Algoritma Genetika," Jurnal Komputasi dan Informatika, vol. 5, no. 1, 2021.
R. Wahyudi and G. Kusumawardhana, "Analisis Sentimen pada review Aplikasi Grab di Google Play Store Menggunakan Support Vector Machine," JURNAL INFORMATIKA, pp. 200-207, 2021.
D. Pratmanto, R. Rousyati, F. F. Wati, A. E. Widodo, S. Suleman and R. Wijayanto, "App Review Sentiment Analysis Shopee Application In Google Play Store Using Naive Bayes Algorithm," Journal of Physics: Conference Series, 2020.
Z. Rais, F. T. T. Hakiki and R. Aprianti, "Sentiment Analysis of Peduli Lindungi Application Using the Naive Bayes Method," Journal of Applied Science, Mathematics, and Its Education, vol. 11, no. 1, 2022.
A. Rahmi and H. Susianto, "Understanding iPusnas User Experience Among Students, Workers, and Housewives," Leveraging Generative Intelligence in Digital Libraries: Towards Human-Machine Collaboration, pp. 12-29, 2023.
M. Taboada, "A comprehensive survey on sentiment analysis: Approaches, challenges and trends," Knowledge-Based Systems, p. 226, 2021.
S. Zad, M. Heidari, J. H. Jones and O. Uzuner, "A Survey on Concept-Level Sentiment Analysis Techniques of Textual Data," IEEE World AI IoT Congress (AIIoT), pp. 0285-0291, 2021.
Y. I. Maulana, "Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Perpustakaan Digital Nasional (iPusnas)," Bianglala Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 51-55, 2018.
S. Taryani and L. Wijayanti, "PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI IPUSNAS," VISI PUSTAKA, vol. 25, no. 1, pp. 5-18, 2023.
F. S. Lestari, Harliana, M. M. Huda and T. Prabowo, "Sentiment Analysis of iPusnas Application Reviews," The Changing Role of Knowledge and Living Sustainability in ASEAN Community, pp. 178-188, 2022.
B. Liu, Sentiment Analysis and Opinion Mining, Morgan & Claypool Publishers, 2012.
C. D. Manning, P. Raghavan and H. Schutze, Introduction to Information Retrieval, Cambridge University Press, 2008.
S. Hanifah, Indriati and Marji, "Analisis Sentimen Kepuasan Pengguna Pada Ulasan Aplikasi Marketplace Menggunakan Metode BM25F dan Neighbor-Weighted K-Nearest Neighbor," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 10, pp. 10309-10315, 2019.
E. Hasibuan and E. A. Heriyanto, "ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN APLIKASI AMAZON SHOPPING DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER," Jurnal Teknik dan Science, vol. 1, no. 3, pp. 13-24, 2022.
S. Masturoh and A. B. Pohan, "SENTIMENT ANALYSIS AGAINST THE DANA E-WALLET ON GOOGLE PLAY REVIEWS USING THE K-NEAREST NEIGHBOR ALGORITHM," Jurnal PILAR Nusa Mandiri, vol. 17, no. 1, pp. 53-58, 2021.
N. C.A. Agustina, D. H. Citra, W. Purnama, C. Nisa and A. R. Kurnia, "Implementasi Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Ulasan Shopee pada Google Play Store," MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 2, no. 1, pp. 47-54, 2022.