Analisis Pengalaman PenggunaTerhadap Website Perpustakaan Sutardji Calzoum Bachri SMA Islam As-shofa Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

User Experience Analysis of the Sutardji Calzoum Bachri Library Website at As-Shofa Islamic High School Using the Method User Experience Questionnaire (UEQ)

Authors

  • Abid Zhafran Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • M. Naufal Nazhmi Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijirse.v4i2.1867

Keywords:

Pengalaman Pengguna, User Experience Questionnaire, Website Perpustakaan

Abstract

Perpustakaan Sutardji Calzoum Bachri di SMA Islam As-Shofa berperan penting sebagai pusat informasi bagi siswa dan guru. Website perpustakaan ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses informasi. Dalam era digital, perpustakaan ini mengembangkan website untuk mempermudah akses informasi, termasuk layanan peminjaman buku dan kebutuhan akademik. Namun, terdapat kendala dalam pengalaman pengguna yang perlu dievaluasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna terhadap website tersebut dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Metode ini mengevaluasi enam aspek utama: yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 90 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar aspek berada pada kategori "Good" dan "Above Average," dengan skor tertinggi pada aspek Efisiensi (1.814) dan skor terendah pada Kebaruan (1.281). Meskipun secara keseluruhan evaluasi menunjukkan pengalaman pengguna yang positif, aspek Kebaruan dan Kejelasan memerlukan perbaikan untuk meningkatkan inovasi, navigasi, dan penyajian informasi pada website. Oleh karena itu penelitian ini direkomendasikan untuk pengembangan fitur interaktif, peningkatan struktur navigasi, serta optimalisasi desain visual untuk meningkatkan kualitas layanan website perpustakaan

References

Y. Rahmanto, D. Alita, and A. D. Putra, “BERBASIS WEB PADA SMK NURUL HUDA PRINGSEWU,” vol. 3, no. 2, 2022.

A. Rahman Simatupang, “Analisis Proses Pada Senayan Library Information Management System (SLIMS) Cendana Berbasis Data Flow Diagram (DFD) Di Perpustakaan Universitas Kristen Duta Wicana Yogyakarta Syifaun Nafisah,” J. Ilmu Perpust. dan Informasi), vol. 5, no. 1, pp. 1–15, 2020.

W. Harjono and K. J. Tute, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakkan Metode Waterfall,” vol. 2, no. 1, pp. 47–51, 2022, doi: 10.54259/satesi.v2i1.773.

H. P. B. Zurna, F. Rini, and A. Pratama, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web,” vol. 2, no. 1, pp. 5–10, 2022.

H. Y. Madawara, D. Manongga, and H. Hendry, “Evaluasi Ketergunaan Website Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 44–55, 2023, doi: 10.37792/jukanti.v6i2.933.

N. Oktarina, “MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN Oleh?:,” 2023.

S. Kasus, A. Interaktif, and B. Purba, “Evaluasi User Experiences Produk iDigital Museum dengan Menggunakan UEQ,” vol. 2, no. 2, pp. 56–62, 2015.

I. N. Saputra, W. Wijaya, P. P. Santika, I. Bagus, A. Indra, and I. N. Alit, “ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PaTik BALI DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE ( UEQ ) PaTik BALI WITH THE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE ( UEQ ) METHOD,” vol. 8, no. 2, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202182763.

A. A. I. I. Paramitha, G. R. Dantes, and G. Indrawan, “The Evaluation of Web Based Academic Progress Information System Using Heuristic Evaluation and User Experience Questionnaire ( UEQ ),” 2018 Third Int. Conf. Informatics Comput., no. October, pp. 1–6, 2018, doi: 10.1109/IAC.2018.8780430.

A. W. Nugroho, “Analisis User Experience Pada Website Sistem Informasi Tugas Akhir ( SITA ) Mahasiswa Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ),” vol. 7, pp. 399–407, 2023.

Downloads

Published

2024-09-25