Rancang Bangun Sistem Absensi Kepegawaian Kementerian Agama Provinsi Riau

Design And Development Of Employee Absence System Ministry Of Religion Riau Province

Authors

  • Fitra Kurnia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau
  • Muhammad Fikry Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau
  • ikhsanul hamdi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijirse.v2i2.230

Keywords:

Finger Print, Kedisiplinan , Pegawai, Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau

Abstract

Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau melakukan tugas kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan informasi, pengkoordinasian perencanaan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi program, serta pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas kementerian agama di kota pekanbaru provinsi riau. Dalam kondisi kedisiplinan, pegawai yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau masih menggunakan Finger print manual yang di rekap manual sehingga untuk penggunaan Finger print yang manual dan tidak dapat mengetahui bahwa pegawai jadwal absennya terlambat. Oleh sebab itu maka dibangunlah sebuah Sistem Absensi Kepegawaian Kementerian Agama Provinsi Riau yang berfungsi untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai.

References

. Bassil, Y. (2012). A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. 2(5).

. Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61.

. Betha, S. (2012). Pemrograman web dengan PHP. Bandung: Informatika.

. Purbadian, Y. (2016). Trik Cepat Membangun Aplikasi Berbasis Web dengan Framework CSS boostrap. Yogyakarta: Andi Offset.

. Sakur, S. B. (2005). Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver MX 2004. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Sugiarti, Y. (2013). Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Language).

Yogyakarta: Graha Ilmu.

. R. Novita and F. R. Hardi, “Sistem Informasi Presensi Karyawan,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist.Inf., vol. 5, no. 2, p. 230, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i2.8241.

. G. Farell, H. K. Saputra, and I. Novid, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik Unp),” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 56–62, 2018.

. R. Novita, “Pengembangan Kompetensi Profesional Dosen Berbasis Knowledge Management System,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. dan Ind., no. November, pp. 129– 136, 2018.

. M. H. A. Tanjung, “Sistem Informasi Inventori Puskesmas Berbasis Web (Studi Kasus?: Puskesmas Simpang Baru),” IJIRSE Indones. J. Inform. Res. Softw. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 65–70, 2021.

Downloads

Published

2022-09-30