Users’ Perception of the Task Management System for Undergraduate Information Systems Students at Universitas Riau

Persepsi Pengguna terhadap Sistem Manajemen Tugas pada Mahasiswa Sarjana Sistem Informasi di Universitas Riau

Authors

  • Sonya Meitarice Universitas Riau
  • Yanti Andriyani Universitas Riau
  • Al Aminuddin Universitas Riau
  • Reny Fitri Yani Universitas Riau
  • Yandiko Saputra HS Universitas Riau
  • Mirdatul Husnah Universitas Riau
  • Normala Binti Rahim Universiti Sultan Zainal Abidin

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijirse.v5i2.2302

Keywords:

Academic Performance, Task Management System, Time Management, University Students, User Perception

Abstract

Dalam era persaingan akademik yang ketat, mahasiswa dihadapkan pada berbagai tanggung jawab yang sering kali sulit dikelola akibat manajemen waktu yang kurang efektif. Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) yang ada belum mampu membantu mahasiswa secara optimal dalam mengatur waktu dan memenuhi tenggat tugas karena keterbatasan fitur dalam mendeteksi keterlambatan sejak dini maupun melakukan pemantauan kinerja secara berkelanjutan. Penelitian ini tidak mengusulkan pengembangan sistem manajemen tugas otomatis, melainkan berfokus pada pengukuran persepsi mahasiswa terhadap kebutuhan akan task management system. Studi pendahuluan dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi mahasiswa dalam pengelolaan tugas serta dampaknya terhadap kinerja akademik. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 137 mahasiswa program sarjana yang terdaftar pada Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau. Para peserta mewakili berbagai tingkat akademik, mulai dari semester dua hingga semester delapan, sehingga mencerminkan pengalaman yang beragam dalam mengelola tugas-tugas akademik.. Hasil studi menunjukkan sebagian besar responden merasa perlu meningkatkan keterampilan manajemen waktu (µ=4,32) dan menyatakan ketertarikan terhadap adanya sistem pendukung pengelolaan tugas akademik (µ=3,42). Temuan ini menegaskan bahwa mahasiswa memiliki kebutuhan yang cukup tinggi terhadap aplikasi berbasis internet yang dapat membantu memantau serta mendukung manajemen tugas secara berkesinambungan

References

S. Nadia and I. F. Sholichah, “Pengembangan Keterampilan Manajemen Waktu sebagai upaya mengatasi Prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik,” J. Ris. Psikologi, pp. 129–138, Dec, 2024, doi: 10.29313/jrp.v4i2.5446.

O. Febriani, F. Dewi, and P. Heng, “PELATIHAN TIME MANAGEMENT UNTUK STRES AKADEMIK SISWA,” JIP (Jurnal Interv. Psikologi), vol. 16, pp. 1–12, 2024, doi: 10.20885/intervensipsikologi.vol16.iss1.art1.

I. Perdana, A, P and T. Valentina, D, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 12, pp. 1–23, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

R. Fukuzawa, H. Joho, and T. Maeshiro, “Practice and experience of task management of university students: Case of University of Tsukuba, Japan,” Educ. Inf., vol. 31, no. 3, pp. 109–124, 2014, doi: 10.3233/EFI-150953.

R. Rosmiyati and R. Zaimil, “Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19,” Ekasakti J. Penelit. Pengabdi., vol. 2, no. 1, pp. 63–78, 2021, doi: 10.31933/ejpp.v2i1.424.

O. Mohamed, R. B. Hamal, and K. Mohamed, “European Journal of Alternative Education Studies A STUDY ON TIME MANAGEMENT: CASE OF NORTHEAST NORMAL UNIVERSITY INTERNATIONAL STUDENTS,” Eur. J. Altern. Educ. Stud., vol. 3, no. 0, pp. 17–30, 2018, doi: 10.5281/zenodo.1161527.

A. Bela, S. Thohiroh, Y. R. Efendi, and S. Rahman, “Prokrastinasi Akademik Dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi: Review Literatur,” J. Psikol. Wijaya Putra, vol. 4, no. 1, pp. 37–48, 2023, doi: 10.38156/psikowipa.v4i1.59.

A. Aduke, “Time Management and Students Academic Performance in Higher Institutions, Nigeria — A Case Study of Ekiti State,” Int. Res. Educ., vol. 3, 2015, doi: 10.5296/ire.v3i2.7126.

Natasya Nurul Lathifa, Khairil Anisa, Sri Handayani, and Gusmaneli Gusmaneli, “Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” CENDEKIA J. Ilmu Sos. Bhs. dan Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 69–81, 2024, doi: 10.55606/cendikia.v4i2.2869.

J. Ferrari, “Procrastination as Self-regulation Failure of Performance: Effects of Cognitive Load, Self-awareness, and Time Limits on ‘Working Best Under Pressure,’” Eur. J. Pers., vol. 15, pp. 391–406, 2001, doi: 10.1002/per.413.

A. Almomani, “The Relationship between Time Management and the Academic Performance of Students from the Petroleum Institute in Abu Dhabi, the UAE,” 2014.

H. Kearns and M. Gardiner, “Is it time well spent? The relationship between time management behaviours, perceived effectiveness and work-related morale and distress in a university context,” High. Educ. Res. Dev., vol. 26, 2007, doi: 10.1080/07294360701310839.

D. Inayah, M. Daud, and H. Nur, “Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja di Kota Makassar,” PESHUM J. Pendidikan, Sos. dan Hum., vol. 2, pp. 266–273, 2023, doi: 10.56799/peshum.v2i2.1391.

M. Alhasani and R. Orji, “Promoting Stress Management among Students in Higher Education: Evaluating the Effectiveness of a Persuasive Time Management Mobile App,” Int. J. Human–Computer Interact., vol. 41, no. 1, pp. 219–241, 2025, doi: 10.1080/10447318.2023.2297330.

P. Kalun, M. Wong, H. Poole, and A. Khan, “Implementation of a Goal Setting and Time Management Program in Undergraduate Courses,” Can. J. Scholarsh. Teach. Learn., vol. 15, no. 2, 2024, doi: 10.5206/cjsotlrcacea.2024.2.15153.

R. S. Dewi, M. Lubis, N. Wahidah, and D. Y. S., “Analisis kemampuan belajar mahasiswa ditinjau dari self regulated learning,” Nanaeke Indones. J. Early Child. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 71–79, 2022, doi: 10.24252/nananeke.v5i2.32955.

C. Yot-Domínguez and C. Marcelo, “University students’ self-regulated learning using digital technologies,” Int. J. Educ. Technol. High. Educ., vol. 14, no. 1, pp. 1–18, 2017, doi: 10.1186/S41239-017-0076-8.

P. Dewanti, “Optimalisasi Digital Native di Era Industri 4.0,” vol. 9, no. 1, 2019, [Online]. Available: http://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/download/159/73

Downloads

Published

2025-09-28