Sistem Informasi Indikator Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu Dan Anak (PWS KIA) Berbasis Android (Studi Kasus: Wilayah Bidan Desa Pabuaran)

Information System for Monitoring of Local Areas of Maternal and Child Health (PWS KIA) Android-Based (Case Study: Pabuaran Village Midwife Area)

Penulis

  • Tri Agung Susilo Susilo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Jejen Jaenudin Jaenudin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Widhyaestoeti Widhyaestoeti Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijirse.v2i2.387

Kata Kunci:

Indikator, , Posyandu, PWS KIA, Sistem Informasi, Pendataan Lansia, Waterfall

Abstrak

Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS KIA) merupakan alat manajemen untuk melakukan pemantauan program KIA di suatu wilayah kerja secara terus menerus, agar dapat dilakukan tindak lanjut yang cepat dan tepat. Pemantauan program KIA dalam penelitian ini dilakukan di Desa Pabuaran yang terdiri dari beberapa posyandu. Dalam setiap pelaksanaan program KIA, bidan desa diharuskan membuat laporan PWS KIA setiap bulannya dengan dibantu oleh kader posyandu. Saat ini dalam pembuatan laporan PWS KIA, bidan desa masih memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala yaitu kurangnya mobilitas untuk penggunaan aplikasi Microsoft Excel dimana bidan desa harus membawa perangkat laptop yang cukup berat untuk melakukan pencatatan dan pengolahan data indikator PWS KIA, sehingga sering terjadi kesulitan dalam membuat rekapitulasi laporan PWS KIA setiap bulannya. Hal tersebut menjadi sangat tidak efektif dan efisien. Maka dari permasalahan tersebut yang menuntut penulis untuk membangun sistem informasi berbasis android mengenai indikator pemantauan wilayah setempat kesehatan ibu dan anak (PWS KIA). Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, dan pengujian. Hasil penelitian berupa sistem informasi indikator PWS KIA berbasis android yang dapat mempermudah bidan desa membuat laporan PWS KIA setiap bulannya dengan lebih praktis dan fleksibel.

Referensi

Kementerian Kesehatan RI, “Menjamin Kesehatan Ibu dan Anak,” Warta Kesmas, Jakarta, 2019.

Kementerian Kesehatan RI, Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan, 2015.

C. Sistriani, E. Gamelia, and B. Hariyadi, “Analisis Kualitas Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Anak,” KEMAS - J. Kesehat. Masy., vol. 10, no. 1, pp. 14–20, 2014.

Kementerian Kesehatan RI, Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA). Jakarta: Departemen Kesehatan, 2010.

E. C. Kirana, “Aplikasi Pemantauan Wilayah Setempat Imunisasi Bayi Berbasis Web,” Jutisi, vol. 7, no. 1, pp. 61–68, 2018.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach - 5th ed, vol. 10, no. 6. New York: McGraw-Hill, 2001.

M. Rachmaniah, Pengembangan Perangkat Lunak dan Sistem Informasi. Bogor: IPB Press, 2018.

Trisyanto, Analisis & Perancangan Sistem Basis Data. Surabaya: Garuda Mas Sejahtera, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-13