Rancang Bangun Helpdesk System CV. Garuda Cyber Indonesia Berbasis Android

Design and Build Helpdesk System CV. Garuda Cyber Indonesia Based on Android

Authors

  • Zarnelly Zarnelly Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau
  • Bagus Anjari Suwito Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijirse.v2i2.411

Keywords:

Helpdesk System, pengaduan, RAD

Abstract

Garuda Cyber Indonesia merupakan sebuah badan usaha yang bergerak pada pelayanan pembuatan aplikasi yang menggunakan teknologi terbaru agar memberikan solusi terbaik kepada kostumer. CV. Garuda Cyber Indonesia telah dipercaya ratusan perusahaan dan badan-badan untuk mengembangkan aplikasi mereka. Dampak dari banyaknya pelanggan yaitu berupa sulitnya pelanggan yang memiliki masalah pada aplikasi mereka untuk menjelaskan kepada perusahaan, dikarenakan pengaduan masalah tersebut masih menggunakan telepon dan pesan instan seperti Whatsapp. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis merancang sebuah aplikasi yang mampu menerima dan mengelola permasalahan komunikasi pengaduan yang diterima oleh perusahaan yang diberi nama Sistem Helpdesk CV. Garuda Cyber Indonesia. Sistem baru ini dirancang menggunakan metode perancangan RAD yang merupakan metode dengan tiga tahapan yaitu requirement planning, design system, dan implementation. Dengan metode RAD ini pengembangan sistem memerlukan waktu yang relatif singkat, hemat biaya dan dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Proses pengujian dilakukan menggunakan metode blackbox dengan unit pengujian user acceptance test (UAT) yang dilakukan oleh admin, teknisi, pimpinan dan client dengan hasil pengujian penerimaan pengguna mencapai 93,75% yang diinterprestasikan sangat baik. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, penggunaan helpdesk dapat mempermudah pengelolaan masalah client dan kualitas penyelesaian masalah perusahaan akan meningkat dan mampu bersaing dengan perusahaan teknologi lainnya.

 

 

References

Mudhar, rizki. "pembangunan sistem informasi helpdesk ticketing system menggunakan django framework (studi kasus smk saradan)". Fakultas sains dan teknologi uin syarif hidayatullah, jakarta, 2015.

Sipayung, Evasaria, Fiarni, Aditya. "Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3". Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI). 2018; vol(6): 2.

Zulfiandri, hidayatuloh. "rancang bangun aplikasi poliklinik gigi (studi kasus : poliklinik gigi kejaksaan agung ri)". Prosiding seminar ilmiah nasional komputer dan sistem intelijen (kommit 2014). 2014.

Ripmiatin, fitriati. "helpdesk system design and development in a university based on itil v3 framework (case study: al azhar indonesia university)". Informatics Engineering Department, Faculty of Science and Technolog Al Azhar Indonesia University, Jakarta. 2014; page 5.

Rachmawati, Suhendra. "Web-Based Ticketing System Helpdesk Application Using CodeIgniter Framework (Case Study: PT Commonwealth Life)". International Journal of Computer Science and Mobile Computing. 2018; vol(7): 29-41.

Ulfa, Aini. "Aplikasi Helpdesk Online dengan menggunakan PHP dan AJAX". Paper Fakultas Teknik Informatika, Universitas Gunadarma, Depok, 2009.

Noertjahyana, Agustinus. "Studi Analisis Rapid Aplication Development Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pengembangan Perangkat Lunak". Jurnal Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra. 2018; vol(3): 64-68.

Downloads

Published

2022-09-11