Rancang Bangun Sistem E-Learning Berbasis Web Di SMA Negeri 1 Waingapu
Web-Based E-Learning System Design At SMA Negeri 1 Waingapu
DOI:
https://doi.org/10.57152/ijirse.v2i2.424Keywords:
e-learning, MySQL, PHP, SMAN 1 Waingapu, webAbstract
Dampak teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan semakin terasa dan sejalan dengan pergeseran pola pembelajaran dari pendidikan tradisional tatap muka ke pendidikan yang lebih terbuka dan termediasi. Teknologi informasi sangat cepat berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia, Salah satunya dalam bidang pendidikan yang banyak digunakan untuk mendapatkan informasi diberbagai belahan dunia tanpa terhalang oleh jarak dan waktu dimanapun bisa digunakan. Seiring dengan adanya kebutuhan dari aktivitas belajar online dalam dunia Pendidikan teknologi telah banyak menghasilkan inovasi baru dalam bentuk digital yang biasa kita kenal dengan sebutan e-learning. E-learning merupakan alat pendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang e-learning pada SMAN 1 Waingapu sebagai alat pendukung dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan antara lain adalah waterfall. Sedangkan pada metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta tinjauan pustaka ke dalam penelitian terkait. Dalam membangun sistem e-learning Bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL sebagai database. Dengan metode sistem e-learning dapat menumbuhkan intensitas antara pengajar dan siswa serta mempermudah dalam mendapatkan materi pembelajaran dimanapun dan tanpa keterbatasan ruang dan waktu.
References
Aprisa, & Monalisa, S. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis WEB (Studi Kasus?: PT. Inti Pratama Semesta). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 1(No. 1), 49–54.
Gushelmi, & Kamda, D. R. (2012). Pemodelan UML Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis WAP
(Studi Kasus?: Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru UPI “YPTK” Padang). Jurnal Ilmu Komputer (Computer Science Journal), Vol. 1(No. 1), 24–44.
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagaiu Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 90–102. https://doi.org/10.21831/JPV.V3I1.1584
Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2013). Pengantar Teknologi Informasi (Edisi Revi). Yogyakarta: Andi.
Khamidah, K., & Triyono, R. A. (2013). Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web dengan PHP dan My SQL Studi KasuS SMPN 1 Arjosari. Indonesian Jurnal on Networking and Security, Vol. 2(No2), 1–7. https://doi.org/10.1123/ijns.v2i2.236
Moenir, A., & Sinaga, D. T. (2017). Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web pada SMP Islam
AlMuhajirin. In Seminar Nasional Intampilanatika dan Sistem Informasi (pp. 254–261).
Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol. 2(No. 1), 6–12.
Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Intampilanatika, Vol. 3(No.1), 1–9.
Suharyanto, & Mailangkay, A. B. L. (2016). Penerapan ELearning Sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, Vol. 3(No. 4), 17– 21.
Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi (Ed. I).Yogyakarta: Andi.
Triandini, E., & Suardika, I. G. (2012). Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta:
Andi.
Urva, G., & Siregar, H. F. (2015). Pemodelan UML E- Marketing Minyak Goreng. Open Access Journal of Intampilanation Systems, (2), 92–101.
Yulisman. (2017). Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan dengan Metode Perceptron untuk Menentukan Jenis E-Learning (Studi Kasus di STMIK Hang Tuah Pekanbaru). Jurnal Ilmu Komputer (Computer Science Journal), Vol. 6(No. 2), 64–72. https://doi.org/10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.58