Penerapan Framework of CRM pada Sistem Informasi Penjualan PT Louis Warna Cemerlang
Implementation of Framework CRM On Sales Information System Louis Warna Cemerlang
DOI:
https://doi.org/10.57152/ijirse.v1i2.98Keywords:
CRM, Framework Of Dynamic CRM, PT. Louis Warna Cemerlang, Waterfall.Abstract
Customer Relationship Management atau CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam memperoleh pelanggan baru (Acquisition), mempertahankan hubungan antara pelanggan dan perusahaan (Retention), meningkatkan dan memperluas hubungan dengan pelanggan (Expansion) yang pada akhirnya akan berujung pada terciptanya kesetiaan pelanggan. PT. Louis Warna Cemerlang Cabang Pekanbaru telah menerapkan sistem CRM itu sendiri dengan memasarkan produk ke luar maupun dalam kota. Setiap pembelian semua jenis produk pembeli akan mendapatkan diskon sebesar 10%. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menghasilkan Sistem Infomasi Penjualan menggunakan Framework Of Dynamic CRM (akuisisi, retensi, dan ekspansi). Dalam pengembangan sistem informasi ini digunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem informasi penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan proses pembelian produk cat. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Peneliti telah berhasil dalam merancang dan membangun sistem informasi penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM yang telah diperoleh menggunakan fase akuisisi, retensi, dan ekspansi. (2) Sistem informasi penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM mempermudah dalam proses transaksi pembelian atau penjualan barang, mempermudah proses pengolahan dan pencarian data barang.