Penerapan Framework of CRM pada Sistem Informasi Penjualan PT Louis Warna Cemerlang

Implementation of Framework CRM On Sales Information System Louis Warna Cemerlang

Authors

  • Siti Monalisa Monalisa UIN Suska Riau
  • Desi Fransiska universitas islan negeri sultan syarif kasim riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijirse.v1i2.98

Keywords:

CRM, Framework Of Dynamic CRM, PT. Louis Warna Cemerlang, Waterfall.

Abstract

Customer Relationship Management atau CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam memperoleh pelanggan baru (Acquisition), mempertahankan hubungan antara pelanggan dan perusahaan (Retention), meningkatkan dan memperluas hubungan dengan pelanggan (Expansion) yang pada akhirnya akan berujung pada terciptanya kesetiaan pelanggan. PT. Louis Warna Cemerlang  Cabang Pekanbaru telah menerapkan sistem CRM itu sendiri dengan memasarkan produk ke luar maupun dalam kota. Setiap pembelian semua jenis produk pembeli akan mendapatkan diskon sebesar 10%. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menghasilkan Sistem Infomasi Penjualan menggunakan  Framework Of Dynamic CRM (akuisisi, retensi, dan ekspansi). Dalam pengembangan sistem informasi ini digunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem informasi penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan proses pembelian produk cat. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Peneliti telah berhasil dalam merancang dan membangun sistem informasi  penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM yang telah diperoleh menggunakan fase akuisisi, retensi, dan ekspansi. (2) Sistem informasi penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM mempermudah dalam proses transaksi pembelian atau penjualan barang, mempermudah proses pengolahan dan pencarian data barang.

Downloads

Published

2021-09-30