Digital Literacy Training for the MSME Community in Citaman Village in Using Information Technology

Pelatihan Literasi Digital Pada Masyarakat Pelaku UMKM Di Desa Citaman Dalam Manggunakan Teknologi Informasi

Authors

  • Miki Wijana Universitas Ma'soem

DOI:

https://doi.org/10.57152/consen.v4i1.1166

Keywords:

bisnis, digital, literasi, UMKM, teknologi

Abstract

Literasi digital merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi. Literasi digital mencakup keterampilan dalam mengevaluasi informasi secara kritis dan berkomunikasi secara online. Keterampilan atau pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk memanfaatkan literasi digital diantaranya dasar ilmu komputer, penggunaan internet, keamanan digital, kemampuan pemrosesan informasi, keterampilan komunikasi digital, kreativitas digital, pemahaman hak cipta, kemampuan masalah teknis, dan etika digital. UMKM berperan penting dalam perekonomian karena berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi lokal, dan inovasi bisnis. Pelaku UMKM kesulitan dalam mengembangkan produknya, dikarenakan kalah bersaing jika dipasarkan secara tradisional (offline). Oleh karena itu diperlukan dukungan dalam bentuk pelatihan, akses pasar yang lebih modern dan lebih luas, serta pendampingan bisnis yang kekinian. Pelatihan literasi digital dilakukan dengan cara observasi terlebih dahulu agar tepat sasaran, memberikan materi sesuai dengan kebutuhan dan menggunakan alat bantu teknologi seperti laptop, proyektor, serta smartphone untuk mempermudah pemahaman. Kemudian pendampingan, pendekatan praktik dan evaluasi sebagai umpan balik hasil pelatihan. Sehingga masyarakat pelaku UMKM bisa memahami perkembangan teknologi informasi dan kemunikasi serta bagaimana cara memanfaatkannya. Untuk lebih mematangkan pengetahuan sebaiknya dilakukan pelatihan secara berkala dengan pelatihan lanjutan seperti kreativitas konten atau desain grafis produk yang akan di pasarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

“View of Sosialisasi terhadap Orang Tua tentang Penggunaan Internet yang Sehat dan Aman bagi Anak-anak.” https://jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/abdimu/article/view/434/333 (accessed Aug. 22, 2022).

Y. C. Candrasari, Dyva Claretta, and Sumardjiajti, “Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 611–618, 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v4i4.4003.

H. A. Naufal, “Literasi Digital,” Perspektif, vol. 1, no. 2, pp. 195–202, 2021, doi: 10.53947/perspekt.v1i2.32.

M. Wijana, Y. Muhyidin, and A. Wibowo, “Pelatihan Aplikasi Microsoft Office PowerPoint untuk Metode Pembelajaran,” J. AbdiMU Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 48–52, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/abdimu/index

M. Wijana and R. Setiawan, “Sosialisasi tentang Pentingnya Peran Orang Tua bagi Remaja dan Anak-Anak dalam Penggunaan Internet,” vol. 2, no. 2, pp. 49–55, 2022.

P. Aplikasi, T. Profiling, and K. Berbasis, “Berbasis Website sebagai Alternatif Tes Psikologi,” vol. 62, no. 58, 2022, doi: 10.26539/pcr.431306.

U. Aryanti, S. Dewi, and N. I. Yusman, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Sistem Elektronik PKH Menggunakan Model DeLone dan McLean,” vol. 6, no. 1, pp. 10–21, 2023.

S. G. Chrisnatalia and D. R. Rahadi, “Komunikasi Digital Pada Pembelajaran Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19,” J. BONANZA Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 56–65, 2020, doi: 10.47896/mb.v1i2.289.

Y. Muhyidin, M. Hafid Totohendarto, E. Undamayanti, and S. Tinggi Teknologi Wastukancana, “Perbandingan Tingkat Keamanan Website Menggunakan Nmap Dan Nikto Dengan Metode Ethical Hacking Comparison of Website Security Levels Using Nmap and Nikto With Ethical Hacking Methods,” J. Teknol., pp. 1–10, 2020.

C. Lukita, “Penerapan Sistem Pendataan Hak Cipta Content Menggunakan Blockchain,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 1, no. 2 Desember, pp. 40–45, 2020, doi: 10.34306/abdi.v1i2.120.

T. Setiawan, N. Heryana, and B. Priyatna, “Money Check Result Data Management Application Section Verbasar By Web-Based (Case Study?: Perum Peruri),” Buana Inf. Technol. Comput. Sci. (BIT CS), vol. 3, no. 1, pp. 28–34, 2022, doi: 10.36805/bit-cs.v3i1.2060.

P. Rianto, “Literasi Digital Dan Etika Media Sosial Di Era Post-Truth,” Interak. J. Ilmu Komun., vol. 8, no. 2, p. 24, 2019, doi: 10.14710/interaksi.8.2.24-35.

U. Mikro, D. A. N. M. Umkm, D. I. K. Serua, S. A. Ghoffar, P. Raharjo, and A. M. Sianturi, “Penyuluhan Manfaat E-Commerce Bagi,” vol. 6, pp. 2737–2748, 2023.

A. Tersiana, Metode Penelitian. Anak Hebat Indonesia, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=rmL2DwAAQBAJ

B. S. Lubis and E. F. Syahputra Siregar, “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 396, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.3143.

U. I. Lamongan, “Laren Lamongan Kota Lamongan adalah kota dengan tangan menggunakan peralatan desa yang memiliki sebuah kerajinan bahan kerajinan pelak ( periuk ), memanfaatkan,” vol. 6, pp. 2799–2805, 2023.

Downloads

Published

2024-02-14

How to Cite

Wijana, M. (2024). Digital Literacy Training for the MSME Community in Citaman Village in Using Information Technology : Pelatihan Literasi Digital Pada Masyarakat Pelaku UMKM Di Desa Citaman Dalam Manggunakan Teknologi Informasi . CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 4(1), 69-78. https://doi.org/10.57152/consen.v4i1.1166