Training on Marketplace Use For MSMEs as Digital Marketing Media In Cijambu Village

Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Bagi UMKM Sebagai Media Pemasaran Digital di Desa Cijambu

Authors

  • Utami Aryanti Utami Universitas Ma'soem

DOI:

https://doi.org/10.57152/consen.v4i1.1207

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Marketplace

Abstract

Desa Cijambu merupakan sebuah desa yang berlokasi di wilayah Kecamatan Tanjungsari. Salah satu mata pencaharian Masyarakat Desa Cijambu adalah industri rumah tangga (UMKM). UMKM di Desa Cijambu sering kali menghadapi kendala dalam pemasaran produk secara luas karena keterbatasan sumber daya, akses pasar, dan pengetahuan teknologi digital. Pemasaran digital menjadi salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat. Digital marketing   dapat   dijalankan melalui    berbagai    media    seperti    media    social, web dan marketplace. UMKM dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan pendayagunaan media digital sebagai wadah untuk mengembangkan bisnisnya.  Sehingga dibutuhkan sosialisasi mengenai pemanfaatan marketplace sebagai media digital marketing untuk membantu UMKM mengatasi hambatan tersebut.Metode yang digunakan pada kegiatan pelatihan ini adalah  Participatory action research(PAR). Dengan pelatihan Pemanfaatan Marketplace Bagi UMKM Sebagai Media Pemasaran Digital, UMKM Desa Cijambu dapat  memiliki keterampilan untuk mengelola dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh marketplace sebagai media pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan kuisioner yang disebarkan kepada 10 UMKM peserta pelatihan sebanyak 70% peserta cukup paham menggunakan marketplace sebagai media pemasaran digital secara mandiri, dan 30% peserta tidak paham menggunakan marketplace sebagai media pemasaran digital secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Pradiani, “Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan,” J. Ilm. Bisnis Dan Ekon. Asia, vol. 11, no. 2, pp. 46–53, 2017.

APJII, “Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang.” [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

D. B. Iriantini, W. Herawati, and G. Giyana, “Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa SMK Kartini Surabaya,” J. Pengabdi. Dharma Laksana, vol. 4, no. 1, pp. 76–82, 2021.

H. Wijoyo, Manajemen Pemasaran. Insan Cendekia Mandiri, 2021.

D. Ernawati, Teknik Untuk Pemasaran Online -Sukses Dengan Bisnis Online Anda. Al Khawarizmi, 2022.

V. Wisataone, A. W. Suranto, and U. Hidayati, “Penggunaan marketplace untuk meningkatkan pemasaran digital di masa pandemi Covid-19,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 5, no. 6, pp. 2984–2995, 2021.

D. Firmansyah, A. Suryana, and A. A. Rifa’i, “PMD (Pelatihan Media Digital) sektor usaha mikro dan kecil handycraft Bambu di KAA sukabumi guna meningkatkan pemasaran online berbasis Marketplace di Era Ekonomi Digital,” J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 10, pp. 2805–2816, 2022.

A. I. Wazdi and G. A. Aprilia, “Pelatihan Copywriting untuk Optimalisasi Pemasaran Digital Kepada SMK Bakti Nusantara 666 Kabupaten Bandung,” J. AbdiMU (Pengabdian Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 62–69, 2022.

U. Maulida, “Marketplace Shopee Sebagai Alternatif Mengembangkan Ekonomi Kreatif Di Masa Pasca Pandemi Covid-19,” Madani Syariah, vol. 5, no. 1, pp. 33–42, 2022.

P. M. Endraswari, N. Tou, and U. F. Vista, “Penggunaan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Kerja di Lingkungan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Paguyangan,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 173–181, 2023.

A. G. Mubuuke and B. Leibowitz, “Participatory action research: The key to successful implementation of innovations in health professions education,” African J. Heal. Prof. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 30–33, 2013.

M. Wijana, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat terhadap Jual Beli Online dengan Menggunakan Technology Acceptance Model,” Intern. (Information Syst. Journal), vol. 3, no. 2, pp. 1–15, 2020.

W. Widiyanti and H. Nurmawati, “Penggunaan Marketplace Sebagai Media Pemasaran Online Peralatan Rumah Tangga,” J. Adm. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 73–80, 2022.

Eqqi Syahputra, “Shopee Jadi Wadah Solutif UMKM untuk Perluas Jangkauan Pasar.” [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231006103138-37-478421/shopee-jadi-wadah-solutif-umkm-untuk-perluas-jangkauan-pasar

D. H. I, “Tips Digital Marketing 01?: Cara jualan di Tokopedia dan Shopee untuk Toko Baru.” [Online]. Available: https://www.youtube.com/watch?v=a4Mauq5AIIE&list=PLU9mEX90On1QXFtvbWTKGdl6ISqaDvDhV&index=4

Adi Ahdiat, “5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023.” [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023

shopee, “MENINGKATKAN PESANAN DENGAN FITUR PROMOSI SHOPEE.” [Online]. Available: https://seller.shopee.co.id/edu/courseDetail/803

Downloads

Published

2024-02-14

How to Cite

Utami , U. A. (2024). Training on Marketplace Use For MSMEs as Digital Marketing Media In Cijambu Village : Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Bagi UMKM Sebagai Media Pemasaran Digital di Desa Cijambu . CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 4(1), 85-93. https://doi.org/10.57152/consen.v4i1.1207