Content Creator Training for MSMEs in Air Terbit Village, Kampar Regency
Pelatihan Kreator Konten Untuk UMKM di Desa Air Terbit, Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v4i2.1567Keywords:
Content Creator, UMKM, Media Sosial, Personal Branding, Industri 5.0Abstract
Pelatihan kreator konten untuk UMKM di Desa Air Terbit, Kabupaten Kampar, bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan finansial desa melalui pemanfaatan media sosial. Dengan fokus pada urgensi content creator, personal branding, dan optimalisasi content creator dalam era industri 5.0, kegiatan ini mencakup ceramah, diskusi, dan praktik langsung pembuatan konten digital menggunakan aplikasi Canva. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 100% peserta termotivasi menjadi content creator untuk mendapatkan penghasilan, 50% aktif membuat konten selama 6 bulan hingga 1 tahun, dan 35% merasa sangat percaya diri dalam kemampuan mereka. Post-test menunjukkan bahwa 85% peserta merasa kualitas konten mereka meningkat, 60% merasa lebih percaya diri, dan 100% berencana menggunakan strategi yang diajarkan dalam pelatihan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas dan kepercayaan diri peserta dalam membuat konten setelah mengikuti pelatihan. Peserta juga menyatakan niat untuk menerapkan strategi yang diajarkan dalam aktivitas mereka sebagai kreator konten.
Downloads
References
H. S. H. Wijoyo, M. Mustofa, and F. Noor, “Optimalisasi Ketrampilan Digital Content Creator Pemuda Desa Mojodelik Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 2077–2086, Jul. 2023, doi: 10.31949/jb.v4i3.5919.
N. Krissanya et al., “Membangun Soft Skill Siswa SMK melalui Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Media Sosial Konten Pemasaran,” Rahmatan Lil Alamin J. Community Serv., pp. 39–46, Sep. 2023, doi: 10.20885/RLA.Vol3.iss1.art5.
D. Amirullah and L. M. Gultom, “Penerapan Studio Foto Produk dan Workshop Konten Digital Marketing untuk UMKM Kabupaten Bengkalis (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat),” Tanjak J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, Nov. 2022, doi: 10.35314/tanjak.v3i1.3089.
D. R. Brake, “Are We All Online Content Creators Now? Web 2.0 and Digital Divides,” J. Comput.-Mediat. Commun., vol. 19, no. 3, pp. 591–609, Apr. 2014, doi: 10.1111/jcc4.12042.
J. Gardner and K. Lehnert, “What’s new about new media? How multi-channel networks work with content creators,” Bus. Horiz., vol. 59, no. 3, pp. 293–302, May 2016, doi: 10.1016/j.bushor.2016.01.009.
Siti Aisyah, Raudatun Sumi, Sonia Purba, Finik Kharianti, and Melsa Siagian, “Pemanfaatan Aplikasi TikTok Shop Sebagai Media Promosi Terhadap UMKM Toko Hijab Abiee Hijab di MMTC,” J. Nusant. Berbakti, vol. 1, no. 1, pp. 10–20, Jan. 2023, doi: 10.59024/jnb.v1i1.52.
S. E. Indrajaya and L. Lukitawati, “Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial,” J. Komun., vol. 11, no. 2, p. 169, Dec. 2019, doi: 10.24912/jk.v11i2.5045.
F. Zhafirah, E. Kosasih, and F. Zakariyya, “Pengaruh Kontrol Diri terhadap Nomophobia yang Dimediasi oleh Fear of Missing Out (FOMO) pada Generasi Z di Bandung Raya,” J. Divers., vol. 9, no. 2, pp. 249–259, Dec. 2023, doi: 10.31289/diversita.v9i2.9554.
K. Rahma, Indallaila, E. Fatimah, S. Mubarak, and N. Cinta, “Analisis Pengguna Ponsel Terhadap Perilaku Generasi Z dalam Kehidupan Sehari-hari,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 2, pp. 1548–1554, Feb. 2024, doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i2.11858.
N. P. D. Prabawati, “Desa Canggu, Bali Sebuah Basecamp Bagi Digital Nomad? Identifikasi Produk Wisata Berdasarkan 4 A (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancilliary),” J. Kepariwisataan Indones. J. Penelit. Dan Pengemb. Kepariwisataan Indones., vol. 14, no. 2, pp. 91–108, Jan. 2021, doi: 10.47608/jki.v14i22020.91-108.
N. Majid and S. S. Azeharie, “Strategi Komunikasi Pemilik Kucing Selebriti dalam Membangun Personal Branding,” Kiwari, vol. 2, no. 1, pp. 161–168, Mar. 2023, doi: 10.24912/ki.v2i1.23070.
Loneli Costaner, “PELATIHAN KETERAMPILAN MEMBUAT INFORMASI BERBASIS VIDEO DIGITAL PADA IKATAN REMAJA MASJID,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 4, Aug. 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i4.7253.
A. Endang, I. Indria, S. Narti, R. Oktariana, and A. Agung, “Edukasi Mengenai Etika dan Tanggung Jawab Content Creator Kepada Warganet melalui Radio,” J. Dehasen Untuk Negeri, vol. 2, no. 1, pp. 17–22, Jan. 2023, doi: 10.37676/jdun.v2i1.3454.
W. Octavia Isroissholikhah, “EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya Teknol. Dan Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 121–128, Dec. 2022, doi: 10.54443/sibatik.v2i1.507.
D. Santoso and K. Riyanto, “Pengaruh Brand Image, Content Creator, dan Social Media Terhadap Keputusan Pembelian,” Arbitr. J. Econ. Account., vol. 4, no. 1, pp. 13–17, Jul. 2023, doi: 10.47065/arbitrase.v4i1.1092.
Costaner, L., Guntoro, G., & Sadar, M. (2020). PRAKTIS DESAIN DOKUMEN DAN INFORMASI DENGAN CANVA ANDROID (Membuat Dokumen Dan Informasi Berbasis Digital Dan Cetak) (Vol. 1). UNILAK Press.
Loneli Costaner, Guntoro, and Lisnawita, “PELATIHAN APLIKASI CANVA UNTUK MEDIA AJAR DAN INFORMASI DIGITAL PADA GURU SEKOLAH”, jcoscis, vol. 4, no. 1, pp. 53-61, Jan. 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.