Technical Guidance On Management Strategies For Holistic-Integrative Early Childhood Education
Bimbingan Teknis Strategi Manajemen Program Layanan Paud Holistik Integratif
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v5i2.2313Keywords:
Bimbingan Teknis, Layanan PAUD, Holistik IntegratifAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) adalah pendekatan penyelenggaraan layanan pendidikan untuk anak usia dini (0–6 tahun) yang dilakukan secara menyeluruh mencakup pendidikan, kesehatan, gizi, perlindungan, dan pengasuhan. Tujuan utama dari bimbingan teknis ini adalah agar pengelola dan pendidik PAUD mampu menyusun dan menerapkan program PAUD HI yang terarah, terukur, dan berkelanjutan. Kegiatan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarat ini dilaksanakan di TK At-Tibyan pada tanggal 19 Juli 2025. Kegiatan PKM ini diikuti sebanyak 11 orang guru. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan menggunakan ceramah, diskusi, dan praktik langsung menyusun program PAUD HI. Hasil kegiatan menunjukan adanya peningkatan kemampuan peserta melalui rata skor pretest sebesar 62 dan skor posttest sebesar 100. Dengan demikian, bimbingan teknis strategi Manajemen Program Layanan PAUD Holistik Integratif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru di TK At-Tibyan dalam menerapkan pendidikan anak usia dini yang holistik integratif.
Downloads
References
Aeni, I. F., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2023). Implementasi PAUD holistik integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 1–11.
Akbar, R. A. (2018). EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF PADA SATUAN PAUD. AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2). https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.2703
Angkur, M. F. M., & Fatima, M. (2022). Penerapan layanan PAUD Holistik Integratif di satuan PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4287–4296.
Asmawati, L., Karyati, A., Azmi, U., Maryana, M., Masniah, M., Badriah, S., & Isnayati, I. (2022). Implementasi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif pada Anak Usia 4-6 Tahun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 284–291.
Jannah, D. F., & Setiawan, R. (2022). Evaluasi Implementasi Program PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2970
Rasmani, U. E. E., Fitrianingtyas, A., Zuhro, N. S., & Nazidah, M. D. P. (2022a). Holistik Integratif untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3).
Rasmani, U. E. E., Fitrianingtyas, A., Zuhro, N. S., & Nazidah, M. D. P. (2022b). Holistik Integratif untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 10(3), 226–231.
Sadiah, G. S., Romadhona, N. F., & Gustiana, A. D. (2020). Penerapan Layanan Kesehatan Dan Gizi Dalam Penyelenggaraan Paud Holistik Integratif Di Tk Alam Pelopor Rancaekek. Edukid, 17(1), 50–64.
Samu. (2023). Peningkatan Pengetahuan Orangtua melalui Kegiatan Parenting dalam Upaya Mendukung Kegiatan PAUD Holistik Integratif di Kelompok Bermain Nirwana 1 Semanding Tuban. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1). https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1186
Sugiyati, N., & Siswanto, R. (2023). Manajemen Sekolah Ramah Anak Dalam Pencegahan Kekerasan Anak Usia Dini Holistik Integratif El-Fath Sumenep. BHINNEKA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1). https://doi.org/10.59355/bhin.v1i1.94
Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. Qalamuna, 11(2).
Wulandari, H., Supriyati, Y., & Jalal, F. (2021). Evaluation of Holistic Integrative Program in Early Childhood Education and Development (PAUD HI). Nternational Journal of Multidisciplinary and Current Research , 6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maimunah Maimunah, Aslamiah Aslamiah, Ratna Purwanti, Celia Cinantya, Chresty Anggreani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).











