Technical Guidance On Management Strategies For Holistic-Integrative Early Childhood Education

Bimbingan Teknis Strategi Manajemen Program Layanan Paud Holistik Integratif

Authors

  • Maimunah Maimunah Universitas Lambung Mangkurat
  • Aslamiah Aslamiah Universitas Lambung Mangkurat
  • Ratna Purwanti Universitas Lambung Mangkurat
  • Celia Cinantya Universitas Lambung Mangkurat
  • Chresty Anggreani Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.57152/consen.v5i2.2313

Keywords:

Bimbingan Teknis, Layanan PAUD, Holistik Integratif

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) adalah pendekatan penyelenggaraan layanan pendidikan untuk anak usia dini (0–6 tahun) yang dilakukan secara menyeluruh mencakup pendidikan, kesehatan, gizi, perlindungan, dan pengasuhan. Tujuan utama dari bimbingan teknis ini adalah agar pengelola dan pendidik PAUD mampu menyusun dan menerapkan program PAUD HI yang terarah, terukur, dan berkelanjutan. Kegiatan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarat ini dilaksanakan di TK At-Tibyan pada tanggal 19 Juli 2025. Kegiatan PKM ini diikuti sebanyak 11 orang guru. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan menggunakan ceramah, diskusi, dan praktik langsung menyusun program PAUD HI. Hasil kegiatan menunjukan adanya peningkatan kemampuan peserta melalui rata skor pretest sebesar 62 dan skor posttest sebesar 100. Dengan demikian, bimbingan teknis strategi Manajemen Program Layanan PAUD Holistik Integratif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru di TK At-Tibyan dalam menerapkan pendidikan anak usia dini yang holistik integratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, I. F., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2023). Implementasi PAUD holistik integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 1–11.

Akbar, R. A. (2018). EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF PADA SATUAN PAUD. AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2). https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.2703

Angkur, M. F. M., & Fatima, M. (2022). Penerapan layanan PAUD Holistik Integratif di satuan PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4287–4296.

Asmawati, L., Karyati, A., Azmi, U., Maryana, M., Masniah, M., Badriah, S., & Isnayati, I. (2022). Implementasi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif pada Anak Usia 4-6 Tahun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 284–291.

Jannah, D. F., & Setiawan, R. (2022). Evaluasi Implementasi Program PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2970

Rasmani, U. E. E., Fitrianingtyas, A., Zuhro, N. S., & Nazidah, M. D. P. (2022a). Holistik Integratif untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3).

Rasmani, U. E. E., Fitrianingtyas, A., Zuhro, N. S., & Nazidah, M. D. P. (2022b). Holistik Integratif untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 10(3), 226–231.

Sadiah, G. S., Romadhona, N. F., & Gustiana, A. D. (2020). Penerapan Layanan Kesehatan Dan Gizi Dalam Penyelenggaraan Paud Holistik Integratif Di Tk Alam Pelopor Rancaekek. Edukid, 17(1), 50–64.

Samu. (2023). Peningkatan Pengetahuan Orangtua melalui Kegiatan Parenting dalam Upaya Mendukung Kegiatan PAUD Holistik Integratif di Kelompok Bermain Nirwana 1 Semanding Tuban. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1). https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1186

Sugiyati, N., & Siswanto, R. (2023). Manajemen Sekolah Ramah Anak Dalam Pencegahan Kekerasan Anak Usia Dini Holistik Integratif El-Fath Sumenep. BHINNEKA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1). https://doi.org/10.59355/bhin.v1i1.94

Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. Qalamuna, 11(2).

Wulandari, H., Supriyati, Y., & Jalal, F. (2021). Evaluation of Holistic Integrative Program in Early Childhood Education and Development (PAUD HI). Nternational Journal of Multidisciplinary and Current Research , 6.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Maimunah, M., Aslamiah, A., Purwanti, R., Cinantya, C. ., & Anggreani, C. (2025). Technical Guidance On Management Strategies For Holistic-Integrative Early Childhood Education : Bimbingan Teknis Strategi Manajemen Program Layanan Paud Holistik Integratif . CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 5(2), 297-304. https://doi.org/10.57152/consen.v5i2.2313