Socialization and Training on the Operation of the Use of Microsoft Word to Students And Students of SMP Plus Integrated Pekanbaru
Sosialisasi dan Pelatihan Pengoperasian Penggunaan Microsoft Word Pada Siswa dan Siswi SMP Plus Terpadu Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v3i1.522Keywords:
Microsoft Word, Komputer, Era Digital, Pelatihan , Siswa/iAbstract
Pada era serba digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer telah mempengauhi berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan tidak dapat disangkal lagi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada siswa/i di SMP Plus Terpadu Pekanbaru dalam mengoperasikan Microsoft Word. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam melakukan pengolahan kata dan pembuatan media presentasi yang berguna untuk mempermudah proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam upaya mencapai target atau tujuan yang telah direncanakan adalah seminar, praktek (unjuk kerja) dan tanya jawab. Untuk mengetahui keberhasilan program kegiatan yang telah dilaksanakan dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan cara memberikan ujian praktek untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terkait materi dan pelatihan yang telah diberikan. Kesimpulan dari kegiatan ini diperoleh hasil 76,2% atau 16 Siswa/i sudah bisa mengoperasikan Microsoft Word secara mandiri, 23,8% atau 5 Siswa/i cukup bisa mengoperasikan Microsoft Word secara mandiri, dan 0% atau 0 peserta yang tidak bisa mengoperasikan Microsoft Word secara mandiri. Ini menunjukkan bahwa pengabdian telah berhasil meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam pengoperasian Microsoft Word dan. Peserta didik di SMP Plus Terpadu Pekanbaru merasa terbantu dengan adanya pelatihan yang dilakukan sehingga mereka dapat menggunakan komputer atau laptop dalam mengerjakan tugas sekolah dengan baik,seperti membuat makalah,surat,dll.Untuk memudahkan dalam membuat tugas. Peserta didik memberikan respon yang sangat positif terhadap kegiatan yang dilakukan dan menilai kegiatan ini sangat bermanfaat.
Downloads
References
Ari Waluyo, Hamid Nasrullah, and Sotya Partiwi Ediwijoyo, “Pelatihan Penggunaan Apkikasi Microsoft Office (Word, Excel, Power Point) 2010 untuk Peningkatan Kemampuan SDM PEMDES Desa Kebakalan, Karanggayam, Kebumen,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 1, pp. 21–28, 2020, doi: 10.37339/jurpikat.v1i1.273.
R. Sari, A. Fitriyani, and R. D. Prabandari, “Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. UBJ, vol. 3, no. 2, pp. 95–104, 2020, doi: 10.31599/jabdimas.v3i2.184.
Purnomo, C.H. (2010). Panduan Belajar Otodiak Microsoft Office Word. Jakarta: Mediakita.
H. Hartini, Eka Apriyanti, and Hasria Alang, “Pelatihan Microsoft Office kepada Remaja di Desa Kindang,” PaKMas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 57–62, 2022, doi: 10.54259/pakmas.v2i1.815.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).