Sistem Informasi Pemeliharaan Jaringan Distribusi di PT. PLN (Persero) Area Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.57152/ijirse.v1i2.126Keywords:
pemeliharaan,jaringan Distribusi,diagnose Kerusakan, PLNAbstract
Manajemen pemeliharaan adalah pengelolaan pekerjaan pemeliharaan dengan melakukan suatu proses perencanaan,
pengorganisasian serta pengendalian operasi pemeliharaan untuk memberikan performasi. Perusahaan Listrik Negara yang
bertugas sebagai penyedia distribusi jaringan listrik memberikan pelayanan yang berkualitas. Pt. Pln (Persero) Area
Kabupaten Garut dibagi dalam beberapa divisi yang salah satunya adalah divisi pelayanan teknik, divisi ini memiliki
tanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan yang terjadi dilapangan.Usaha-usaha penanggualangan
dalam meminimalisir gangguan namun pada kasus yang terjadi dilapangan.Petugas sering kali kesulitan dalam pencarian
lokasi kerusakan yang ada dilapangan karena penggunaan peta konversional yang menyulitkan petugas dalam pencarian
tempat terjadi kerusakan fasilitas, proses pelaksanaannya masih menggunakan form yang sifatnya manual dan belum ada
sistem yang dapat melakukan monitoring pemeliharaan fasilitas serta belum adanya jadwal pemeliharaan yang terkoordinir
terhadap pihak yang bersangkutan, sehingga proses pengolahan data pemeliharaan cukup lama dan menghabiskan banyak
waktu.Salah satu solusi adalah dibangunnya suatu sistem informasi pemeliharaan jaringan distribusi PT.PLN Area Garut,
yang memudahkan pihak-pihak terkait di divisi pelayanan teknik yang nantinya mampu membantu meminimalisi waktu
dalam pencatatan gangguan dan pemeliharaan serta membantu teknisi khusunya teknisi baru dalam mendiagnosa
kerusakan. Sistem yang dikembangkan dengan metode waterfall dan dibangun dengan aplikasi visual code dan database
MySQL.