Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Strategi Promosi Di Smk Al-Amah Cimanggung Menggunakan Algoritma C4.5

Implementation Of Data Mining In Determining Promotional Strategies At Al-Amah Vocational School Cimanggung Using C4.5 Algorithm

Penulis

  • Sofia Atqia Universitas Masoem
  • Ai Kresnawati Universitas Masoem
  • Syifa Hanifa Salsabil Universitas Masoem

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijirse.v5i1.1826

Kata Kunci:

Data Mining, C4.5, Klasifikasi, Promosi, RapidMiner

Abstrak

Dalam pengelolaan data dapat dilakukan penggalian informasi menggunakan data mining. Data mining dapat membantu pihak sekolah dalam pengambilan keputusan, yang dimana diharapkan dalam mengelola data mendapatkan informasi yang terkandung didalamnya menjadi sebuah pengetahuan baru.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan proses pengelolaan data siswa dengan metode klasifikasi dalam upaya untuk mendukung membuat keputusan dalam menentukan strategi promosi di SMK Al-Amah Cimanggung dengan metode  C4.5. Analisis dan implementasi data menggunakan algoritma C4.5 dilakukan pengujian menggunakan RapidMiner Studio. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 363 data yang terdiri dari data training 253 dan data testing 108. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Asal sekolah, alamat, informasi PPDB, nilai akademik, dan pendapatan orang tua. Berdasarkan hasil implementasi algoritma C4.5, atribut dengan nilai gain tertinggi adalah atribut sekolah asal merupakan atribut yang paling berpengaruh dalam penelitian ini kemudian di tahap selanjutnya atribut yang memengaruhi adalah pendapatan orang tua yang berasal dari asal sekolah negri dan informasi PPDB dari asal sekolah swasta. Data mining dengan algoritma C4.5 dapat digunakan untuk menentukan strategi promosi sekolah dengan menghasilkan decision Tree  dengan hasil accuracy 89,81. Maka menunjukkan bahwa penelitian memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi

Referensi

A. Y. Sari and E. Supriatna, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Algoritma Naive Bayes Classifier untuk Mendukung Strategi Promosi,” J. Dimamu, vol. 3, no. 1, pp. 18–28, 2023, doi: 10.32627/dimamu.v3i1.837.

F. Santoso, Sunardi, and H. Z. Lukman, “Implementasi Data Mining dengan Metode Naive Bayes Untuk Memprediksi Penerimaan Siswa Baru di MTS NU Islamiyah Asembagus,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 4, pp. 1355–1366, 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i4.3086.

I. Ismawati, “Kajian Data Mining Profil Siswa Baru Dalam Penentuan Strategi Promosi Dengan Metode Two Step Clustering,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 5, no. 3, pp. 47–59, 2019, doi: 10.33197/jitter.vol5.iss3.2019.302.

R. Fardiani and Fitriyani, “Penerapan algoritma c4.5 untuk prediksi penerima beasiswa siswa berprestasi di mi al-ishlah ciganitri,” vol. 8, no. 4, pp. 402–410, 2024.

K. Handoko, P. Simanjuntak, E. Hutabri, and E. Erlin, “Penerapan algoritma c4.5 untuk penentuan jurusan siswa sekolah menengah atas,” J. TEKINKOM, vol. 6, no. 1, pp. 153–157, 2023, doi: 10.37600/tekinkom.v6i1.788.

A. I. Rizmayanti, N. Hidayati, F. S. Nugraha, and W. Gata, “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Decission Tree ( Studi Kasus Smk Multicomp Depok ),” Swabumi, vol. 9, no. 1, pp. 9–18, 2021, doi: 10.31294/swabumi.v9i1.8363.

S. Dewi and O. Oktaviawati, “Penerapan Algoritma C4.5 untuk Pehamanan Siswa SMK Pada Pelajaran Kompetensi Keahlian,” Intern. (Information Syst. Journal), vol. 5, no. 2, pp. 116–125, 2022, doi: 10.32627/internal.v5i2.626.

K. Martowinangun, D. J. Sri Lestari, and K. Karyadi, “Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di Cv. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung,” J. Co Manag., vol. 2, no. 1, pp. 139–152, 2019, doi: 10.32670/comanagement.v2i1.162.

M. L. Hedynata and W. E. D. Radianto, “Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack,” Strateg. Promosi, vol. 1, no. April, pp. 1–10, 2016.

M. Arhani and M. Nasir, Data Mining, Algoritma Dan Implementasi. Andi, 2020.

M. L. Dalafranka, “Penerapan Algoritma Id3 untuk Mendukung Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru yang Tepat Sasaran di UIN Raden Fatah Palembang,” Teknomatika, vol. 10, no. 2, pp. 141–150, 2020, [Online]. Available: http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/501

H. Astuti, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Data Pelanggan (Studi Kasus?: PT. Pinus Merah Abadi),” J. Web Inform. Teknol., vol. 4, no. 1, p. 9, 2020.

A. Rufiyanto, M. Rochcham, and A. Rohman, Penerapan Algoritma C45.5 Untuk Prediksi Kepuasan Mahasiswa. Deepublish, 20202.

Mulaab, Data Mining Konsep dan Aplikasi. Media Nusa Creative, 2017.

S. Hendrian, “Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Memprediksi Siswa Dalam Memperoleh Bantuan Dana Pendidikan,” Fakt. Exacta, vol. 11, no. 3, pp. 266–274, 2018, doi: 10.30998/faktorexacta.v11i3.2777.

D. Jollyta, M. Siddik, H. Mawengkang, and S. Efendi, Teknik Evaluasi Cluster Solusi menggunakan Python dan RapidMiner. Deepublish, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-28