Training on Scientific Writing to Improve the Competence of Teachers of SMA Negeri 6 Pekanbaru

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah untuk Peningkatan Kompetensi Guru SMA Negeri 6 Pekanbaru

Authors

  • Mariza Devega Universitas Lancang Kuning
  • Walhidayat Universitas Lancang Kuning
  • Yuhelmi Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.57152/consen.v3i2.1022

Keywords:

KTI, OJS, Guru, Pelatihan, Penulisan Ilmiah, Evaluasi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk guru di SMA Negeri 6 Pekanbaru dengan memperkenalkan penggunaan templat Open Journal System (OJS) untuk menyederhanakan penulisan KTI. Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dari 16,67% sebelum pelatihan menjadi 94,445% setelahnya, yang direpresentasikan melalui diagram batang. Keberhasilan pelatihan menunjukkan bahwa OJS efektif sebagai sarana untuk publikasi KTI oleh guru.  Diharapkan adanya pendampingan setelah pengajuan KTI ke OJS dan pelaksanaan pelatihan berkelanjutan. Temuan ini membuka peluang bagi peningkatan partisipasi guru dalam publikasi ilmiah melalui OJS, mendukung pengembangan profesionalisme mereka dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri 6 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Mutiani, H. Susanto, M. A. H. Putra, H. Akmal, and J. Jumariani, “Improvement of Scientific Attitudes Through Training of Social Science Scientific Writing in MAN 2 Model Banjarmasin,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 128, 2020, doi: 10.20527/btjpm.v2i2.2230.

J. K. Iskander, S. B. Wolicki, R. T. Leeb, and P. Z. Siegel, “Successful scientific writing and publishing: A step-by-step approach,” Prev. Chronic Dis., vol. 15, no. 6, pp. 1–6, 2018, doi: 10.5888/pcd15.180085.

H. Subekti, I. Herawati Susilo, H. Suwono, Martadi, and A. R. Purnomo, “Challenges and expectations towards information literacy skills: Voices from teachers’ training of scientific writing,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 18, no. 7, pp. 99–114, 2019, doi: 10.26803/ijlter.18.7.7.

A. Agarwal et al., “An online educational model in andrology for student training in the art of scientific writing in the COVID-19 pandemic,” Andrologia, vol. 53, no. 3, pp. 1–14, 2021, doi: 10.1111/and.13961.

U. Mansyur and I. Akidah, “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 2, no. 2, p. 273, 2018, doi: 10.30595/jppm.v2i2.2589.

D. D. Kurniawan and K. N. Sigit, “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Universitas Selamat SRI,” J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 65–69, 2020.

E. Barroga and H. Mitoma, “Improving scientific writing skills and publishing capacity by developing university-based editing system and writing programs,” J. Korean Med. Sci., vol. 34, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.3346/jkms.2019.34.e9.

A. Aunurrahman, M. Musa, D. Suhaida, M. Lahir, and A. Dediansyah, “Persepsi Guru Terhadap Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Di Kabupaten Sekadau,” Edukasi J. Pendidik., vol. 17, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.31571/edukasi.v17i1.1071.

Y. Rahyasih, N. Hartini, and L. S. Syarifah, “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru,” J. Penelit. Pendidik., vol. 20, no. 1, pp. 136–144, 2020, doi: 10.17509/jpp.v20i1.24565.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mariza Devega, Walhidayat, & Yuhelmi. (2023). Training on Scientific Writing to Improve the Competence of Teachers of SMA Negeri 6 Pekanbaru: Pelatihan Karya Tulis Ilmiah untuk Peningkatan Kompetensi Guru SMA Negeri 6 Pekanbaru. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 3(2), 170-176. https://doi.org/10.57152/consen.v3i2.1022