Training on Scientific Writing to Improve the Competence of Teachers of SMA Negeri 6 Pekanbaru
Pelatihan Karya Tulis Ilmiah untuk Peningkatan Kompetensi Guru SMA Negeri 6 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v3i2.1022Keywords:
KTI, OJS, Guru, Pelatihan, Penulisan Ilmiah, Evaluasi PendidikanAbstract
Penelitian ini mengevaluasi pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk guru di SMA Negeri 6 Pekanbaru dengan memperkenalkan penggunaan templat Open Journal System (OJS) untuk menyederhanakan penulisan KTI. Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dari 16,67% sebelum pelatihan menjadi 94,445% setelahnya, yang direpresentasikan melalui diagram batang. Keberhasilan pelatihan menunjukkan bahwa OJS efektif sebagai sarana untuk publikasi KTI oleh guru. Diharapkan adanya pendampingan setelah pengajuan KTI ke OJS dan pelaksanaan pelatihan berkelanjutan. Temuan ini membuka peluang bagi peningkatan partisipasi guru dalam publikasi ilmiah melalui OJS, mendukung pengembangan profesionalisme mereka dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri 6 Pekanbaru.
Downloads
References
M. Mutiani, H. Susanto, M. A. H. Putra, H. Akmal, and J. Jumariani, “Improvement of Scientific Attitudes Through Training of Social Science Scientific Writing in MAN 2 Model Banjarmasin,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 128, 2020, doi: 10.20527/btjpm.v2i2.2230.
J. K. Iskander, S. B. Wolicki, R. T. Leeb, and P. Z. Siegel, “Successful scientific writing and publishing: A step-by-step approach,” Prev. Chronic Dis., vol. 15, no. 6, pp. 1–6, 2018, doi: 10.5888/pcd15.180085.
H. Subekti, I. Herawati Susilo, H. Suwono, Martadi, and A. R. Purnomo, “Challenges and expectations towards information literacy skills: Voices from teachers’ training of scientific writing,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 18, no. 7, pp. 99–114, 2019, doi: 10.26803/ijlter.18.7.7.
A. Agarwal et al., “An online educational model in andrology for student training in the art of scientific writing in the COVID-19 pandemic,” Andrologia, vol. 53, no. 3, pp. 1–14, 2021, doi: 10.1111/and.13961.
U. Mansyur and I. Akidah, “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 2, no. 2, p. 273, 2018, doi: 10.30595/jppm.v2i2.2589.
D. D. Kurniawan and K. N. Sigit, “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Universitas Selamat SRI,” J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 65–69, 2020.
E. Barroga and H. Mitoma, “Improving scientific writing skills and publishing capacity by developing university-based editing system and writing programs,” J. Korean Med. Sci., vol. 34, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.3346/jkms.2019.34.e9.
A. Aunurrahman, M. Musa, D. Suhaida, M. Lahir, and A. Dediansyah, “Persepsi Guru Terhadap Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Di Kabupaten Sekadau,” Edukasi J. Pendidik., vol. 17, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.31571/edukasi.v17i1.1071.
Y. Rahyasih, N. Hartini, and L. S. Syarifah, “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru,” J. Penelit. Pendidik., vol. 20, no. 1, pp. 136–144, 2020, doi: 10.17509/jpp.v20i1.24565.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.