Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media PemasaranPedagang Kandang Panjang Pekalongan Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v1i2.103Keywords:
mengembangkan kreativitas, media sosial, pemasaran produkAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyaraka ini bertujuan untuk selalu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan membuka peluang usaha baru. Melalui pemaran dengan media sosial ini harapannya bisa dijadikan sebagai sumber agar masyarakat tetap berpenghasilan meskipun diwaktu pandemi, serta dapat menyumbang sebuah solusi permasalahan ekonomi masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Desa Kandang Panjang di Jl. Kusuma Bangsa. Pemilihan mitra tersebut didasari atas 2 (dua) hal yaitu: 1) lokasi KKN yang dekat dengan kegiatan perekonomian dan 2) sebagian masyarakat sudah memiliki kemampuan dibidang berdagang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu : munculnya pemahaman masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dalam pemasaran, meningkatkan ketrampilan masyarakat dalam mengembangkan kreatifitas agar menjadi produk yang berrnilai guna dan bernilai ekonomis, menambah pemahaman kepada masyarakat dalam memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pemasaran produk.
Downloads
References
Himawan, H., Saefullah, A., & Santoso, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1), 53-63.
Moriansyah, L. (2015).PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL: ANTECEDENTS DAN CONSEQUENCES SOCIAL MEDIA MARKETING: ANTECEDENTS AND CONSEQUENC-ES. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol, 19(3), 187-196.
Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80-86.
Sumodo, Diningrat. 1996. Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Bina Rena Pariwara.
Suryana. 2003. Kewirausahaan,Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Revisi, Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset[8]Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174-185.
Sanusi, A. (1974). Menelaah Potensi Perguruan Tinggi untuk membina program kewirausahaan dan mengantar pewirausaha muda, makalah seminar. Bandung: KOPMA-IKIP.
Solekhan, S., & Winarso, R. (2016). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran sangkar burung di Kabupaten Kudud. Prosiding SNATIF, 445-448.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.