Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media PemasaranPedagang Kandang Panjang Pekalongan Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v1i2.103Kata Kunci:
mengembangkan kreativitas, media sosial, pemasaran produkAbstrak
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyaraka ini bertujuan untuk selalu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan membuka peluang usaha baru. Melalui pemaran dengan media sosial ini harapannya bisa dijadikan sebagai sumber agar masyarakat tetap berpenghasilan meskipun diwaktu pandemi, serta dapat menyumbang sebuah solusi permasalahan ekonomi masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Desa Kandang Panjang di Jl. Kusuma Bangsa. Pemilihan mitra tersebut didasari atas 2 (dua) hal yaitu: 1) lokasi KKN yang dekat dengan kegiatan perekonomian dan 2) sebagian masyarakat sudah memiliki kemampuan dibidang berdagang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu : munculnya pemahaman masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dalam pemasaran, meningkatkan ketrampilan masyarakat dalam mengembangkan kreatifitas agar menjadi produk yang berrnilai guna dan bernilai ekonomis, menambah pemahaman kepada masyarakat dalam memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pemasaran produk.
Unduhan
Referensi
Himawan, H., Saefullah, A., & Santoso, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1), 53-63.
Moriansyah, L. (2015).PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL: ANTECEDENTS DAN CONSEQUENCES SOCIAL MEDIA MARKETING: ANTECEDENTS AND CONSEQUENC-ES. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol, 19(3), 187-196.
Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80-86.
Sumodo, Diningrat. 1996. Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Bina Rena Pariwara.
Suryana. 2003. Kewirausahaan,Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Revisi, Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset[8]Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174-185.
Sanusi, A. (1974). Menelaah Potensi Perguruan Tinggi untuk membina program kewirausahaan dan mengantar pewirausaha muda, makalah seminar. Bandung: KOPMA-IKIP.
Solekhan, S., & Winarso, R. (2016). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran sangkar burung di Kabupaten Kudud. Prosiding SNATIF, 445-448.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).