User-Friendly Python Tools Education for Digital Transformation of Madaris Management

Edukasi Python Tools Ramah Pengguna Guna Transformasi Digital Manajemen Madaris

Authors

  • Eni Heni Hermaliani Universitas Nusa Mandiri
  • Muhammad Bagus Andra
  • Agus Subekti

Keywords:

Python Tools, User-friendly Interface, Digital Transformation, Madaris Management, Technology Education

Abstract

Kurangnya pengetahuan teknis dan sumber daya manusia seringkali menghambat transformasi digital di sekolah-sekolah Islam tradisional (madrasah). Masalah ini dipecahkan dengan program pendidikan yang berfokus pada perangkat Python yang mudah digunakan untuk mengorganisir madrasah. Tujuannya adalah untuk mengoordinasikan pemrograman, memungkinkan staf mengelola data, dan memanfaatkan teknologi untuk melakukan tugas yang bersifat manual dan tradisional. Studi ini menciptakan kurikulum yang dipersonalisasi dan langsung menggunakan pustaka-pustaka terkenal seperti Pandas untuk manipulasi data dan Automate the Boring Stuff untuk otomatisasi sederhana, sehingga siswa tidak perlu tahu cara membuat kode. Hal ini membuat operasional jauh lebih efisien. Staf administrasi dapat mengotomatiskan tugas-tugas seperti membuat laporan dan mencatat kehadiran, yang sebelumnya dilakukan secara manual. Peserta juga menunjukkan bahwa mereka lebih percaya diri dalam menggunakan solusi digital. Kesimpulannya, mengajarkan perangkat Python yang mudah digunakan kepada sekolah-sekolah Islam membantu mereka membuat perubahan jangka panjang yang mereka butuhkan dalam sistem digital mereka.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halimatus Sa’diyah and Jumiati Sasmita, “Era Digital dan Tantangan Non-Industrialis: Pendekatan Manajemen Perubahan dalam Pengembangan Organisasi Berkelanjutan (Studi Kasus: Transformasi Digital pada Inisiatif Zakat Indonesia (IZI),” JUMBIWIRA?: Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, vol. 4, no. 2, pp. 170–184, Jun. 2025.

U. Sunarya, “KENDALA PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH TSANAWIYAH,” Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 3, no. 1, Jan. 2024.

A. Z. Rahmawati and I. Artikel, “Peningkatan Literasi Digital untuk Masyarakat Berbasis Era Teknologi Informasi,” vol. 01, no. 1, pp. xx–xx, 2023.

F. Juliani and A. Rahman, “PENGENALAN DAN PELATIHAN DASAR PEMOGRAMAN PYTHON UNTUK SMK NEGERI 8 PEKANBARU,” vol. 6, no. 1, pp. 307–310, 2025.

J. ‘Ardhuha et al., “Pelatihan Bahasa Pemograman Python Berbasis Modul Sympy Untuk Memvisualisasi Konsep Fisika Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 4, no. 4, 2021.

Fajrizal, S. Handayani, and Taslim, “PELATIHAN PEMROGRAMAN PYTHON DENGAN GOOGLE COLAB BAGI SISWA SMK INOVASI RIAU,” Journal of Computer Science Community Service, vol. 4, no. 2, pp. 133–141, 2024.

R. F. Purnomo, R. A. Sari, R. Hendri, and T. M. Fawaati, “Workshop Dasar Python untuk Guru TIK SMK dalam Meningkatkan Kompetensi Digital,” JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 175–181, May 2025.

F. N. Fajri, Moh. Dzikrillah, and A. Khairi, “Edukasi Cyber untuk Peningkatan Literasi Digital: Menuju Desa Smart People,” Babakti: Journal of Community Engangement, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, Dec. 2024.

Ardian, A. Hadi, A. M. Salwahita, and A. Yani, “Digitalisasi dan Penyebaran Informasi dalam Organisasi Novo Club,” LITERAKOM: Jurnal Literasi dan Komunikasi, vol. 2, no. 1, pp. 50–64, Jun. 2024.

A. Oktaviani and T. A. Puspito, “Pengabdian Masyarakat dalam Digitalisasi Masjid: Implementasi Website untuk Meningkatkan Akses Informasi,” Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 1–7, May 2025.

Downloads

Published

2025-11-17

How to Cite

Hermaliani, E. H., Muhammad Bagus Andra, & Agus Subekti. (2025). User-Friendly Python Tools Education for Digital Transformation of Madaris Management : Edukasi Python Tools Ramah Pengguna Guna Transformasi Digital Manajemen Madaris. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 5(2), 210-217. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/consen/article/view/2237