User-Friendly Python Tools Education for Digital Transformation of Madaris Management
Edukasi Python Tools Ramah Pengguna Guna Transformasi Digital Manajemen Madaris
Kata Kunci:
Python Tools, User-friendly Interface, Digital Transformation, Madaris Management, Technology EducationAbstrak
Kurangnya pengetahuan teknis dan sumber daya manusia seringkali menghambat transformasi digital di sekolah-sekolah Islam tradisional (madrasah). Masalah ini dipecahkan dengan program pendidikan yang berfokus pada perangkat Python yang mudah digunakan untuk mengorganisir madrasah. Tujuannya adalah untuk mengoordinasikan pemrograman, memungkinkan staf mengelola data, dan memanfaatkan teknologi untuk melakukan tugas yang bersifat manual dan tradisional. Studi ini menciptakan kurikulum yang dipersonalisasi dan langsung menggunakan pustaka-pustaka terkenal seperti Pandas untuk manipulasi data dan Automate the Boring Stuff untuk otomatisasi sederhana, sehingga siswa tidak perlu tahu cara membuat kode. Hal ini membuat operasional jauh lebih efisien. Staf administrasi dapat mengotomatiskan tugas-tugas seperti membuat laporan dan mencatat kehadiran, yang sebelumnya dilakukan secara manual. Peserta juga menunjukkan bahwa mereka lebih percaya diri dalam menggunakan solusi digital. Kesimpulannya, mengajarkan perangkat Python yang mudah digunakan kepada sekolah-sekolah Islam membantu mereka membuat perubahan jangka panjang yang mereka butuhkan dalam sistem digital mereka.
Unduhan
Referensi
Halimatus Sa’diyah and Jumiati Sasmita, “Era Digital dan Tantangan Non-Industrialis: Pendekatan Manajemen Perubahan dalam Pengembangan Organisasi Berkelanjutan (Studi Kasus: Transformasi Digital pada Inisiatif Zakat Indonesia (IZI),” JUMBIWIRA?: Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, vol. 4, no. 2, pp. 170–184, Jun. 2025.
U. Sunarya, “KENDALA PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH TSANAWIYAH,” Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 3, no. 1, Jan. 2024.
A. Z. Rahmawati and I. Artikel, “Peningkatan Literasi Digital untuk Masyarakat Berbasis Era Teknologi Informasi,” vol. 01, no. 1, pp. xx–xx, 2023.
F. Juliani and A. Rahman, “PENGENALAN DAN PELATIHAN DASAR PEMOGRAMAN PYTHON UNTUK SMK NEGERI 8 PEKANBARU,” vol. 6, no. 1, pp. 307–310, 2025.
J. ‘Ardhuha et al., “Pelatihan Bahasa Pemograman Python Berbasis Modul Sympy Untuk Memvisualisasi Konsep Fisika Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 4, no. 4, 2021.
Fajrizal, S. Handayani, and Taslim, “PELATIHAN PEMROGRAMAN PYTHON DENGAN GOOGLE COLAB BAGI SISWA SMK INOVASI RIAU,” Journal of Computer Science Community Service, vol. 4, no. 2, pp. 133–141, 2024.
R. F. Purnomo, R. A. Sari, R. Hendri, and T. M. Fawaati, “Workshop Dasar Python untuk Guru TIK SMK dalam Meningkatkan Kompetensi Digital,” JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 175–181, May 2025.
F. N. Fajri, Moh. Dzikrillah, and A. Khairi, “Edukasi Cyber untuk Peningkatan Literasi Digital: Menuju Desa Smart People,” Babakti: Journal of Community Engangement, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, Dec. 2024.
Ardian, A. Hadi, A. M. Salwahita, and A. Yani, “Digitalisasi dan Penyebaran Informasi dalam Organisasi Novo Club,” LITERAKOM: Jurnal Literasi dan Komunikasi, vol. 2, no. 1, pp. 50–64, Jun. 2024.
A. Oktaviani and T. A. Puspito, “Pengabdian Masyarakat dalam Digitalisasi Masjid: Implementasi Website untuk Meningkatkan Akses Informasi,” Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 1–7, May 2025.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Eni Heni Hermaliani, Muhammad Bagus Andra, Agus Subekti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).











