Capacity Building through Digital Application Utilization Training to Improve Teacher Productivity at SMP PGRI Pangkalan Kerinci

Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Digital untuk Meningkatkan Produktivitas Guru di SMP PGRI Pangkalan Kerinci

Authors

  • Faisal Amir Politeknik Negeri Padang
  • Fadhilah Oriyasmi Politeknik Negeri Padang
  • Rien Afrianti Politeknik Negeri Padang
  • Fadli Fadilillah Politeknik Negeri Padang
  • Riyanto Riyanto Politeknik Negeri Padang
  • Rajimar Hasibuan Politeknik Negeri Padang
  • Milla Apriliana Politeknik Negeri Padang
  • Ulia Ulfa Politeknik Negeri Padang
  • Kumala Sari Tri Wahyuni Politeknik Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.57152/consen.v5i2.2286

Keywords:

Aplikasi Digital, Guru, Produktivitas, Pelatihan

Abstract

SMP PGRI Pangkalan Kerinci menghadapi tantangan dalam meningkatkan produktivitas guru melalui pemanfaatan teknologi digital pada proses pembelajaran dan administrasi sekolah. Oleh karena itu, dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Digital yang berfokus pada aplikasi kolaborasi dokumen, formulir online, pembuatan presentasi berbasis AI, pengelolaan kelas online, dan pembuatan website sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan metode praktik langsung agar peserta dapat menguasai keterampilan secara aplikatif. Evaluasi dilakukan melalui penyebaran angket kepada 15 responden dengan 10 butir pertanyaan yang mencakup aspek keandalan, daya tanggap, empati, kepastian, dan bukti fisik. Hasil menunjukkan bahwa 43% responden menyatakan setuju dan 57% menyatakan sangat setuju terhadap kesesuaian materi, metode penyampaian, serta kompetensi pelaksana. Selain itu, seluruh responden menilai pelatihan ini responsif, ramah, dan memberikan layanan terbaik sesuai kebutuhan guru. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman serta keterampilan guru dalam memanfaatkan aplikasi digital sebagai upaya peningkatan produktivitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanti, U. ., & Anwar, M. T. “Sosialisasi Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) bagi Guru di SMPN 3 Ibun, Desa Karyalaksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung”. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 5(1), 120-132. https://doi.org/10.57152/consen.v5i1.2010. 2025.

Hasan, F. N., Nofendri, Y., Sholeh, M., & Affandi, I. R. “Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software Bagi Guru”. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 806-814. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.9785. 2022.

R. Utari, E. Artisa, and S. Ramadani, “INOVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU PROFESIONAL,” J. Pemikir. dan Kaji. Pendidik., vol. 9, no. 3, 2025.

K. R. dan T. R. Indonesia, “Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial Indonesia 2020–2045.” [Online]. Available: https://sdgs.bappenas.go.id/ai-indonesia/.

S. Nita, E. R. N. Sari, and J. D. Aldida, “Implementasi chatgpt-openai sebagai inovasi media pembelajaran berbasis artificial intelligence bagi tenaga pendidik di era society 5.0,” in Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta, pp. 69–80. 2023.

S. Dewi, “Training on Creating Educational Videos Using Canva Application for Teachers at Pondok Pesantren Miftahul Falah Ash-Shiddiqie Bandung: Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Guru-Guru Pondok Pesantren Miftahul Falah ,” CONSEN Indones. J. Community Serv. Engagem., vol. 4, no. 2, pp. 227–232, 2024.

U. Qura, I. Rahmayanti, and S. Mulyani, “Pelatihan Pembuatan Soal Pilihan Ganda Menggunakan Artificial Intelligence pada Guru-guru di SD Muhammadiyah 2 Sukmajaya,” J. Abdidas, vol. 5, no. 3, pp. 165–173, 2024.

Rahayu, C., Zakiya, H., Falamy, R. A. ., Ubaidillah, M. ., Prastyo, Y. D., Utami, L. F. ., Hardianti, D. ., & Yosilia, R..”Sosialisasi Pendekatan Pembelajaran Mendalam / Deep Learning di Era Digital bagi Guru di Indonesia”. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 5(1), 64-69. https://doi.org/10.57152/consen.v5i1.2042. 2025.

Yuhelmi, Y., Devega, M. ., & Rebecca, R. L. V. N. “Pelatihan dan Edukasi Kesadaran Digital Pada SMA Negeri 6 Pekanbaru”. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 5(1), 57-63. https://doi.org/10.57152/consen.v5i1.1994. 2025.

Nurjaman, A., & Sabilah, F. “The Use of ICT and Online Learning Applications during the COVID-19 Outbreak in Indonesia”. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 764–776. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202228. 2022.

Hidayat, D. N., Lee, J. Y., & Mason, J. “Digital Technology Supporting English Learning among Indonesian University Students”. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 17, 23. https://doi.org/10.1186/s41039-022-00198-8. 2022.

Mali, Y. C. G., Kurniawan, D., Januardi, J. I., Swara, S. J., Lokollo, N. C. E., Picauly, I. A., Paramitha, N. G., Tanore, J. A., Dewani, M. S., & Pakiding, R. W. “Issues and Challenges of Technology Use in Indonesian Schools: Implications for Teaching and Learning”. Indonesian Journal of English Language Teaching, 15(2), 89–104. https://doi.org/10.24071/ijiet.v15i2.6310. 2020.

Adisel, A., Azzara, M. F., Oktavia Sari, C., Seftiansari, A., & Gusamba, P. N. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital di Masa Pandemik”. Journal of Education and Instruction, 5(1), 3412. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3412. 2022.

Danso, S. D., & Yulin, N. “Assessing Pedagogical Readiness for Digital Innovation: A Mixed-Methods Study”. International Journal of Educational Research, 112, 102–114. https://arxiv.org/abs/2502.15781. 2025.

Rahim, F. R., Sari, S. Y., Putri, R. E., Andini, K., & Dier, M. “Science Teachers’ Perceptions of Web-Based Learning”. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(1), 66–76. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i1.51644. 2023.

Purmadi. “Developing M-Learning Applications to Support Digital Literacy of Vocational High School Students”. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 9(1), 15–25. https://doi.org/10.17977/um031v9i12022p15. 2022.

Handoyo, F., Tuwoso, T., & Budi, S. “The Implementation of Mobile-Based Learning on Vocational High School Students: Systematic Literature Review”. Jurnal Edukasi Elektro, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jee.v9i1.78707. 2024.

Hizam, S. M., Akter, H., Sentosa, I., & Ahmed, W. “Digital Competency of Educators in the Virtual Learning Environment: A Structural Equation Modeling Analysis”. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(5), 89–102. https://arxiv.org/abs/2105.08927. 2021.

Danayusadewi, N. P., Ngurah, G., & Agustika, S. “Development of Augmented Reality Application as a Mathematics Learning Media in Elementary School Geometry Materials”. Journal of Education Technology, 4(2), 204–210. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25031. 2020.

Rachmawati, N., Supena, A., Yufiarti, Y., & Casmana, A. R. “Analysis of Hybrid Learning for Students with Learning Disabilities in Primary Schools Providing Inclusive Education”. The Qualitative Report, 27(10), 2185–2201. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.5432. 2022.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Amir, F., Oriyasmi, F. ., Afrianti, R. ., Fadilillah, F., Riyanto, R., Hasibuan, R., Apriliana, M. ., Ulfa, U. ., & Tri Wahyuni, K. S. . (2025). Capacity Building through Digital Application Utilization Training to Improve Teacher Productivity at SMP PGRI Pangkalan Kerinci : Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Digital untuk Meningkatkan Produktivitas Guru di SMP PGRI Pangkalan Kerinci . CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 5(2), 278-285. https://doi.org/10.57152/consen.v5i2.2286