Utilizing the Merdeka Mengajar Application and Improving Teacher Ability in Making Learning Videos
Pemanfaatan Aplikasi Merdeka Mengajar Serta Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pembuatan Video Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v3i2.891Keywords:
Merdeka Mengajar, SMK, Video PembelajaranAbstract
SMK(Sekolah Menengah Kejuruan) Hasanah Pekanbaru menjadi sekolah Pusat Keunggulan pada tahun 2022 yang mendapatkan program bantuan dari Kementrian Direktorat Jendral Vokasi. Program ini merupakan upaya pengembangan SMK agar mengalami peningkatan kualitas mengusung semangat Merdeka Belajar dengan program keahlian tertentu yang berfokus pada penguatan SDM serta mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia kerja. SMK Hasanah yang menerapkan kurikulum merdeka dengan pilihan mandiri berubah harus memanfaatkan Aplikasi Merdeka Mengajar sebagai perangkat ajar. Salah satu fitur yang disedikan oleh aplikasi ini adalah fasilitas untuk membuat video pembelajaran. Pemanfaatan aplikasi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para guru dalam memperluas jangkauan pembelajaran, meningkatkan daya tarik dan kualitas pembelajaran, serta memudahkan proses belajar mengajar. Setelah pembuatan video pembelajaran, para guru sudah memiliki meningkatkan kemampuan mereka dengan merancang skenario yang baik, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, menggunakan gambar dan animasi, membuat video singkat dan padat, serta melakukan uji coba sebelum publikasi. Pelaksanaan kegiatan secara offline dengan tutorial langsung praktik. Berdasarkan hasil penyebaran angket yang telah diisi oleh peserta pelatihan didapatkan 60% guru puas dan 40% guru sangat puas dengan kegiatan pelatihan pemanfaatan aplikasi merdeka mengajar dan pembuatan video pembelajaran
Downloads
References
G. Regulation, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Jakarta Peratur. Pemerintah, 2003.
Hasan, F. N., Nofendri, Y., Sholeh, M., & Affandi, I. R. “Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software Bagi Guru”. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 806-814. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.9785. 2022.
Hayaty, M., Wahyuni, Istiningsih, S. N., Putra, A. D., Maemunah, M., Satya, B., & Nurani, D. Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i2.142. 2021.
Krisbiantoro, D., Azis, A., & Fitrian, A. Pelatihan OBS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru SD Negeri 1 Pliken Pada UPK Kec. Kembaran Banyumas. JURPIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Dharma Patria, 2(3), 432–443. https://doi.org/https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.692. 2021.
Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. “Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar dan Pengisian Konten Pembelajaran Pada SMKN 3 Seluma Untuk Mendukung Program SMK-PK Tahun 2021”. JPMTT(Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(3), 55-60. 2021.
Praptama, S. S., Setiyoaji, W. T., & Purwaningsih, E. Pengaruh Video Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 131–140. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2934. 2021.
Qorib, A., & Zaniyati, H. S. “Penggunaan Open Broadcast Software Studio dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi”. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syaichuna Moh. Cholil Bangkalan, 12(1), 87–98. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/4320. 2021.
Qorib, A. Developping Interactive Learning Media Using OBS to Create Video Lecturer for “Preaching Islamic Hospitality.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–69. https://doi.org/https://doi.org/10.36840/ulya.v6i1.438. 2021.
Rita, Y. F., & Trisyanti, L. I. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar bagi Guru-Guru TK Citra Bangsa”. KOMATIKA, 2(2), 48-52. 2022.
Rizana, D., & Huda, M. “Training on making learning videos using OBS studio. Community Empowerment”, 6(5), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/ce.4527. 2021.
Sanusi, Rohimat, S., & Muthahanah. “Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru SMA Negeri 6 Kota Serang”. Jurnal ABDIKARYA, 4(2), 124-132. 2022.
Sari, A. S., Pramesti, C., Suryanti, & R.S, R. S. “Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar dan Berkreasi Guru”. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(1), 63-72. 2022.
Septiana, A. R., & Hanafi, M. “Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka”. JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380-385. 2022.
Sidik, F., Suhada, I., Anwar, A. H., & Hasan, F. N. “Analisis Sentimen Terhadap Pembelajaran Daring Dengan Algoritma Naive Bayes Classifier. Jurnal Linguistik Komputasional”, 5(1), 34–43. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jlk.v5i1.79. 2022.
Surani, D., Asnawati, A. N., & Kusuma, A. W. “Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengenalan Platform Simba Dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik Di SMPN 10 Cilegon”. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 2(2), 164-170. 2022.
Wijaya, S., & Marin, A. “Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Penggerak”. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1167-1178. 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.