Increase Competitiveness and Selling Value of Comring Through Assistance in Packaging Development and Renewal of Production Equipment

Meningkatkan Daya Saing dan Nilai Jual Comring Melalui Pendampingan Pengembangan Kemasan dan Pembaharuan Alat Produksi

Authors

  • Ujang Charda Universitas Subang
  • Doddy Wahyudi Purnama Universitas Subang
  • Ingfrid Amanda Awaludin Universitas Subang
  • R Silvia Putri Dwiyadi Universitas Subang
  • Gema Rahimah Sulistia Universitas Subang
  • Syifa Nuraedi Nuraedi Universitas Subang
  • Firmansyah Firmansyah Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.57152/consen.v4i2.1503

Keywords:

Comring, Pengembangan Kemasan, Nilai Jual

Abstract

Comring memiliki potensi besar untuk berkembang, namun terkendala dalam hal daya saing dan nilai jual. Hal ini disebabkan oleh kemasan yang kurang menarik dan alat produksi yang masih menggunakan secara manual. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengembangan kemasan dan pembaharuan alat produksi ini untuk meningkatkan daya saing Comring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendampingan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan pengembangan kemasan dan pembaharuan alat produksi telah meningkatkan daya saing dan nilai jual comring. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah penjualan, peningkatan pangsa pasar, dan peningkatan kepuasan konsumen. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pendampingan pengembangan kemasan dan pembaharuan alat produksi merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual comring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. Simmons, G. A. Armstrong and M. Durkin, "A Conceptualization of the Determinants of Small Business Website AdoptionSetting the Research Agenda," International Small Business Journal Researching Entrepreneurship, vol. 26, no. 3, pp. 351-389, 2008.

A. T. Novitasari, "Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah," Journal of Applied Business and Economic (JABE), vol. 9, no. 2, pp. 184-204, 2022.

P. Jennings and G. Beaver, "The Performance and Competitive Advantage of Small Firms: A Management Perspective," International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, vol. 15, no. 2, 1997.

I. O. Ayodeji and F. A. Lasisi, "Role Of Mentoring In Business Development In Nigeria," Global Journal of Human Resource Management , vol. 3, no. 3, pp. 17-38, 2015.

Nurlinda and J. Sinuraya, "Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi," Pontianak, 2020.

Nurmala, T. Sinari, E. Lilianti, Jusmany, Emilda, A. Arifin and N. Novalia, "Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19," AKM (Aksi Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, 2022.

A. Sumaryanti, P. Linanda, H. M. Aryasa, G. Astriana and D. Fenisa, "Penyuluhan Dan Sosialisasi Kepada Umkm Dalam Membuat Produk Pangan Yang Memiliki Gizi Tinggi Di Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya," Pontianak, 2023.

M. Prasetyawati, W. Sudarwati, Jaharuddin, Nelfiyanti, A. Setiawan and A. Saputra, "Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Umkm Olahan Makanan Di Kelurahan Kelapa Dua WetaN," in Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, Jakarta, 2022.

H. Mahry, Y. Ma’nawiyah, A. Yulianto, A. Kristiana and A. Indriyani, "Analisis Kualitas Kemasan, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Biskuit Oreo (Studi Kasus Di Toko Sarimulya Limbangan Wetan)," Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), vol. 2, no. 4, pp. 302-319, 2023.

A. B. Pranogyo, Modul Manajemen Operasional I, Jakarta: SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STEI), 2020.

I. K. Juliarsa and G. P. L. Permana1, "Pengembangan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKMArak Ngacuh," Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) : Sasambo, vol. 5, no. 4, pp. 769-775, 2023.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Panduan Pengajan Proposal Hibah Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta: Universitas Indonesia, 2009.

M. Y. Efendi, T. Kustiari, K. Sulandjari, W. O. Sifatu, S. Ginting, A. S. Arief, R. Astuti, Sutarman, L. Saptaria, W. H. Setyawan and R. E. Nurhidayah, Metode Pemberdayaan Masyarakat, R. Rentina, Ed., Jember: Polije Press, 2021, p. 3.

Hendrawati, Manajemen Pemberdayaan Masyarakat, Makassar: De La Macca, 2018.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Charda, U., Purnama, D. W. . ., Awaludin, I. A., Dwiyadi , R. S. P. ., Sulistia , G. R. ., Nuraedi , S. N. ., & Firmansyah , F. . (2024). Increase Competitiveness and Selling Value of Comring Through Assistance in Packaging Development and Renewal of Production Equipment : Meningkatkan Daya Saing dan Nilai Jual Comring Melalui Pendampingan Pengembangan Kemasan dan Pembaharuan Alat Produksi . CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 4(2), 135-140. https://doi.org/10.57152/consen.v4i2.1503