Socialization in the Use of AI at SMPN 3 Ibun, Karyalaksana Village, Ibun District, Bandung
Sosialisasi Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) bagi Guru di SMPN 3 Ibun, Desa Karyalaksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v5i1.2010Keywords:
Artificial Intelligence, Guru, Pembelajaran, Sosialisasi, PendidikanAbstract
Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Namun, pemahaman dan kesiapan guru dalam memanfaatkan AI sebagai alat bantu pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para guru di SMPN 3 Ibun, Desa Karyalaksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung mengenai pemanfaatan AI secara cerdas dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan meliputi pemaparan konsep dasar AI, diskusi interaktif, serta demonstrasi aplikasi AI yang dapat mendukung efektivitas pengajaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep dan implementasi AI dalam pendidikan, serta meningkatnya minat mereka untuk mengadopsi teknologi ini dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para guru dapat memanfaatkan AI secara optimal untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, interaktif, dan efisien.
Downloads
References
R. Luckin, “Towards artificial intelligence-based assessment systems,” Nat. Hum. Behav., vol. 1, no. 3, p. 28, 2017.
W. Holmes, M. Bialik, and C. Fadel, Artificial intelligence in education promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign, 2019.
R. Utari, E. Artisa, and S. Ramadani, “INOVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU PROFESIONAL,” J. Pemikir. dan Kaji. Pendidik., vol. 9, no. 3, 2025.
L. Judijanto, “Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Indonesia,” Sanskara Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 2, no. 02, pp. 50–60, 2024.
K. R. dan T. R. Indonesia, “Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial Indonesia 2020–2045.” [Online]. Available: https://sdgs.bappenas.go.id/ai-indonesia/
Kemendikbudristek, “Peta Jalan Digitalisasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.” [Online]. Available: https://pusdatin.kemdikbud.go.id
P. Limilia and N. Aristi, “Literasi media dan digital di indonesia: Sebuah tinjauan sistematis,” Komun. J. Ilm. Komun., vol. 8, no. 2, pp. 205–222, 2019.
I. Irwansyah, S. H. Sirait, I. T. Siringoringo, and W. F. Barus, “PEMBUATAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DENGAN BANTUAN KECERDASAN BUATAN SD N 104215 SUDIREJO NAMORAMBE,” ABDI PARAHITA, vol. 3, no. 1, pp. 154–163, 2024.
N. Agustina et al., “ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PENGARUH ATRIBUT SISTEM OPERASI PADA SMARTPHONE,” Konf. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol., 2015.
S. D. Febnasari, Z. Arifin, and E. S. Setianingsih, “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi ‘TPS’ untuk Meningkatkan Motivasi Belajar,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 3, pp. 310–318, 2019.
F. P. Sinaga, J. Jurhana, Y. Yusrita, and M. H. M. Hidayat, “Analisis penggunaan metode mengajar (metode demonstrasi, metode eksperimen, metode inquiry, dan metode discovery di SMA Negeri 11 Kota Jambi),” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 2, pp. 103–110, 2022.
A. D. Muryadi, “Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi,” J. Ilm. Penjas (Penelitian, Pendidik. Dan Pengajaran), vol. 3, no. 1, 2017.
K. Gustiansyah, N. M. Sholihah, and W. Sobri, “Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas,” Idarotuna J. Adm. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 81–94, 2020.
S. Nita, E. R. N. Sari, and J. D. Aldida, “Implementasi chatgpt-openai sebagai inovasi media pembelajaran berbasis artificial intelligence bagi tenaga pendidik di era society 5.0,” in Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta, 2023, pp. 69–80.
M. D. Dewi and N. Izzati, “Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis rme materi aljabar kelas vii smp,” Delta J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, p. 217, 2020.
S. Dewi, “Training on Creating Educational Videos Using Canva Application for Teachers at Pondok Pesantren Miftahul Falah Ash-Shiddiqie Bandung: Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Guru-Guru Pondok Pesantren Miftahul Falah ,” CONSEN Indones. J. Community Serv. Engagem., vol. 4, no. 2, pp. 227–232, 2024.
U. Qura, I. Rahmayanti, and S. Mulyani, “Pelatihan Pembuatan Soal Pilihan Ganda Menggunakan Artificial Intelligence pada Guru-guru di SD Muhammadiyah 2 Sukmajaya,” J. Abdidas, vol. 5, no. 3, pp. 165–173, 2024.
N. Nafi’ah, P. Mariati, C. Khotimah, and N. Hidayati, “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Evaluasi AI Quizizz Mode Paper pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Khadijah 3 Surabaya,” Indones. Res. J. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 191–198, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Utami Aryanti, Mohamad Taufan Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).