Strengthening Digital Learning: Training on Making Digital-Based Evaluation Instruments for MGMP Sociology Teachers in Tanah Datar
Penguatan Digital Learning: Pelatihan Pembuatan Instrumen Evaluasi Berbasis Digital Bagi Guru MGMP Sosiologi se-Kabupaten Tanah Datar
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v4i1.1079Kata Kunci:
digital learning, instrumen evaluasi, MGMP Sosiologi, PelatihanAbstrak
Pembelajaran secara daring maupun blended learning selama ini menuntut guru Sosiologi di Kabupaten Tanah Datar mempersiapkan seluruh proses pembelajaran dalam bentuk digital yang mudah dan praktis. Proses tersebut termasuk salah satunya adalah proses evaluasi pembelajaran. Masih banyak alat evaluasi yang digunakan oleh guru belum dikembangkan kearah pembelajaran digital yang membuat sistem penilaian yang dilakukan oleh guru lebih praktis dan mudah. Solusi yang ditawarkan adalah dengan program peningkatan kompetensi guru dalam merancang instrumen evaluasi berbasis digital sehingga menumbuhkan minat siswa dalam proses pembelajaran dalam mengerjakan tahapan evaluasi dan membantu tugas guru dalam melakukan penilaian yang bermuara pada penguatan digital learning. Salah satu bentuk evaluasi pembelajaran berbasis digital yang dibutuhkan adalah instrumen evaluasi berbasis online (pemanfaatan website) dan berbasis penggunaan aplikasi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk seminar dan workshop. Selama program pengabdian masyarakat ini guru difasilitasi dan dilatih untuk merancang sistem penilaian berbasis digital. Luaran yang diharapkan guru mampu menghasilkan sistem penilaian berbasis digital terutama alat evaluasi dalam satu Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran Sosiologi. Target luaran yang akan dicapai dari pengabdian masyarakat ini adalah satu buah artikel ilmiah yang dipublikasi pada jurnal Nasional terakreditasi SINTA, publikasi kegitan pada media massa online dan cetak, produk insturumen evaluasi pembelajaran, video kegiatan, dan dan hak kekayaan intelektual.
Unduhan
Referensi
A. Sudibyo, Dialektika Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2022.
R. Rosnaeni, “Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 434–439, 2021.
A. T. Hasibuan and A. Prastowo, “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI,” Magistra Media Pengemb. Ilmu Pendidik. Dasar dan Keislam., vol. 3, no. 2, pp. 131–140, 2020.
G. . Khairunnisa and Y. I. . Ilmi, “Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0No Title,” J. Tadris Mat., vol. 3, no. 2, pp. 131–140, 2020.
T. Azis, “Strategi Pembelajaran Era Digital,” Annu. Conf. Islam. Educ. Soc. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 308–318, 2019.
S. Anshori, “Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran di sekolah,” Civ. J. Ilmu Pendidik. PKn dan Sos. Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2017.
Kemdikbud, Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad-21. Jakarta: Kemdikbud, 2013.
M. Yahya, “mplementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0,” SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS, vol. 1, no. 2, pp. 190–199, 2023.
Y. I. Aini, “Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu” Kependidikan, vol. 2, no. 25, pp. 18–24, 2019.
D. Rulismi, “Use Of Interactive Learning Media To Improve Language Capabilities Early Children,” Indones. J. Basic Educ., vol. 5, no. 3, pp. 250–255, 2023.
U. Hasanah, I. M. Astra, and M. S. Sumantri, “Exploring the need for using science learning multimedia to improve critical thinking elementary school students: Teacher perception,” Int. J. Instr., vol. 16, no. 1, pp. 417–440, 2023.
M. Prensky, “H. sapiens digital: From digital immigrants and digital natives to digital wisdom.,” Innovate: journal of online education., vol. 5, no. 3, pp. 111-118, 2009.
Y. Li, “Are ‘digital natives’ really digitally competent?—A study on Chinese teenagers,” British Journal of Educational Technology., vol. 41, no. 6, pp. 1029 - 1042, 2010.
R. Mardiana, “Potensi digital natives dalam representasi literasi informasi multimedia berbasis web di Perguruan Tinggi,” Jurnal Pustakawan Indonesia., vol. 11, no. 1, pp. 108 - 120, 2011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.