Training on Utililizing Google Family Link for Monitoring Children’s Mobile Phone Usage
Pelatihan Pemanfaatan Google Family Link Untuk Monitoring Pemakaian Ponsel Anak
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v4i2.1715Kata Kunci:
Pelatihan, Pengasuhan Digital, Google Family Link, Ponsel, PAUDAbstrak
Perkembangan teknlogi pada generasi millenial semakin berdampak signifikan. Anak-anak sering menggunakan ponsel untuk bermain game dan menonton konten internet tanpa pengawasan orang tua. Orang tua khawatir anak terpapar konten negatif yang dapat memengaruhi perilaku karena orang tua kekurangan waktu dan pengetahuan. Oleh karena itu, orang tua dan guru pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dapat dilatih mengenai pengawasan pengasuhan digital. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu pemahaman orang tua dan guru mengenai mengawasi penggunaan ponsel anak dengan aplikasi Google Family Link dan meningkatkan keterampilannya di wilayah Kulim, Kota Pekanbaru. Para peserta berpartisipasi aktif saat mengikuti pelatihan sehingga pelatihan berjalan lancar sesuai rencana. Peserta menunjukkan respons yang positif, antusiasme, dan dorongan untuk mengikuti kegiatan melalui pendekatan pelatihan secara praktek dan sharing informasi. Dengan demikian diharapkan kegiatan pengabdian ini mampu menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan mendukung bagi perkembangan fisik dan psikis anak-anak menjadi lebih baik dan sehat.
Unduhan
Referensi
M. Mariyama, I. Lestari, and I. Sari, “Pengaruh Intensitas dan Jenis Pemakaian dalam Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Emosional pada Anak Usia Sekolah,” Indones. J. Nurs. Heal. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 113–120, 2023, doi: 10.37287/ijnhs.v4i2.1564.
D. K. Nuramadan, Z. Muttaqin, V. F. Fatah, and D. Z, “KETERGANTUNGAN HANDPHONE PADA REMAJA,” JKFIN, vol. 3, no. 1, pp. 31–36, 2023.
D. S. Wahyuni, J. Pendidikan, T. Informatika, and U. P. Ganesha, “SURVEY DESKRIPTIF OPTIMALISASI KALANGAN MAHASISWA DAN SISWA SE-KOTA SINGARAJA,” KARMAPATI J., vol. 3, no. November, pp. 401–410, 2014, doi: https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i6.19769.
R. Ridho, Markhamah, and Darsinah, “Pengelolaan pembelajaran pendidikan anak usia dini (paud) di kb ‘cerdas’ kecamatan sukorejo kabupaten kendal,” J. Penelit. Hum., vol. 16 No. 2, pp. 59–69, 2015, doi: 10.23917/humaniora.v16i2.1857.
K.-S. Cho and J.-M. Lee, “Influence of smartphone addiction proneness of young children on problematic behaviors and emotional intelligence: Mediating self-assessment effects of parents using smartphones,” Comput. Human Behav., vol. 66, pp. 303–311, 2017, doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.063.
R. Pangastuti, “Fenomena Gadget dan Perkembangan Sosial bagi Anak Usia Dini,” Indones. J. Islam. Early Child. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 165–174, 2018, doi: 10.51529/ijiece.v2i2.69.
T. Alia, “Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital,” Polyglot J. Ilm., vol. 14 No 1, pp. 65–78, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.639.
R. Witarsa, R. S. M. Hadi, N. Nurhananik, and N. R. Haerani, “PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR,” PEDAGOGIK, vol. VI No. 1, pp. 9–20, 2018, doi: https://doi.org/10.33558/pedagogik.v6i1.432.
G. P. Mahardika, N. Yusuf, and R. M. Zidane, “Pengawasan Orang Tua dalam Aplikasi Family Link Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak di Lingkungan Jalan Abdul Lahap Rt,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, 2020.
M. Sholihah, M. Ikhsan, J. Nafi’ah, R. Jannah, N. Isnaini, and S. Manal, “Parenting It: Pembatasan Anak Dari Penggunaan Gadget Melalui Aplikasi Google Family Link,” PANDALUNGAN, vol. 02, pp. 53–65, 2024.
M. Kamayani and P. Pramudiani, “Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Pendidik dengan Sosialisasi Digital Citizenship dan Pelatihan Family Link,” Abdimasmu, vol. 2, no. 1, pp. 14–25, 2021.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).