Mathematical Ability Improvement Training for Madrasah Ibtidaiyah Teachers in Tambang District, Kampar Regency
Pelatihan Peningkatan Kemampuan Matematika Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v2i1.181Kata Kunci:
Gasing, Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pengurangan , PembagianAbstrak
Berdasarkan pengamatan tim pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat, diperoleh beberapa informasi mengenai kondisi pembelajaran matematika di Madrasah-madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, yaitu metode maupun pendekatan pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru tampaknya bersifat monoton, kurang variatif, dan didominasi dengan pemberian ceramah, sehingga siswa kurang aktif dan bosan. Disamping itu, siswa dilatih hanya untuk menyelesaikan soal-soal tanpa memaknai materi yang diajarkan. Oleh karena itu, tim pengabdi berinisiatif untuk mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan matematika guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun bentuk pelatihan yang dilaksanakan adalah pelatihan mengenai cara mudah pengurangan dan pembagian menggunakan metode GASING (Gampang, Asik, dan Menyenangkan). Dalam melaksanakan pengabdian ini, tim pengabdi bekerja sama dengan UPTD Kecamatan Tambang. Peserta pelatihan ini berasal dari empat Madrasah Ibtidaiyah, yaitu MI Muhammadiyah Pulau Tengah, MI Muhammadiyah Aur Sati, MIS Al-abrar, dan MIS Darussalam. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test dapat disimpulkan bahwa secara umum nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan matematika para peserta pada materi pengurangan dan pembagian.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Corry Corazon Marzuki, Fitri Aryani, Irma Suryani, Ade Novia Rahma

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).