The Influence of the Interactive Learning by Singing Method on the Interest in Learning English of Class IV Students of SDN Cicumanggala
Pengaruh Metode Interaktif Learning by Singing terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN Cicumanggala
Kata Kunci:
aktivitas siswa, bahasa inggris, lagu edukatif, learning by singing, minat belajarAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Cicumanggala. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang monoton, kurang kreatif, dan kurang relevan dengan karakteristik psikologis anak sekolah dasar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode learning by singing, yaitu pembelajaran yang mengintegrasikan lagu-lagu edukatif Bahasa Inggris sebagai media ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap minat belajar siswa. Pada pertemuan pertama siswa aktif sebanyak 14%, pertemuan kedua 32%, dan pertemuan ketiga meningkat menjadi 77%. Siswa terlihat lebih percaya diri, antusias, dan mudah menghafal kosakata dasar Bahasa Inggris melalui lagu yang dinyanyikan bersama. Dengan demikian, metode learning by singing terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
S. Arikunto, dkk., Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
R. A. Atikoh Zulfa and H. T. Utami, “Upaya peningkatan pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu dan permainan edukatif pada siswa SD Negeri Nusamangir,” Journal of Education and Teaching, vol. 2, no. 2, pp. 51–59, 2021, doi: 10.24014/jete.v3i1.14512.
R. Batam, “The effectiveness of role play strategy in classroom action research to improve speaking ability,” Englie Journal, Universitas Muhammadiyah Malang, 2023.
D. Crystal, English as a Global Language, 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press, 2003.
A. Daud, “English instruction challenges and opportunities in Indonesian primary schools: A systematic review,” Journal of English Language Teaching Innovations and Materials (JELTIM), vol. 6, no. 1, pp. 1–18, 2024.
Davik, “Implementasi metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa,” Jurnal Lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 1, no. 2, pp. 1–26, 2020.
A. Pamungkas and A. Tohir, “Pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu pada siswa sekolah dasar,” Attractive: Innovative Education Journal, vol. 5, no. 2, pp. 415–420, 2023.
R. Retno and D. Susanti, “Using English-lyric songs to expand children’s vocabulary,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 1654–1663, 2024.
O. F. Hibatullah, “The challenges of international EFL students to learn English in a non-English speaking country,” Journal of Foreign Language Teaching & Learning, vol. 4, no. 2, pp. 88–105, 2019.
A. A. Lestari and Erik, “Penggunaan metode bernyanyi terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris,” Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2019.
J. Harmer, The Practice of English Language Teaching, 4th ed. Pearson Longman, 2007.
EF English Proficiency Index, A Ranking of 111 Countries and Regions by English Skills, 2022. [Online]. Available: https://www.ef.com/wwen/epi/
A. Fridayanti, Tahrun, and Mulyadi, “Increasing kindergarten students’ vocabulary and learning interest through English kids songs at Palembang Paramount School,” in International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP 2021), pp. 684–687, 2021.
G. M. Gunawan, “Analisis kesulitan belajar bahasa Inggris pada pembelajaran daring siswa kelas V di SDN Nagri Kaler Kabupaten Purwakarta,” UPI Education Journal, vol. 4, 2021.
T. Idzhan, “Kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia,” Kompasiana, Nov. 27, 2022. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/amp/tsaqilaidzhan7076/638315134addee02ae72cb32/kemampuan-bahasa-inggris-orang-indoensia.
T. Lestari and A. Erik, “Penggunaan media lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan minat belajar siswa,” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, vol. 5, no. 2, pp. 1–6, 2019.
W. A. Renandya, F. A. Hamied, and J. Nurkamto, “English language proficiency in Indonesia: Issues and prospects,” Journal of Asia TEFL, vol. 15, no. 3, pp. 618–635, 2018.
Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 12, no. 1, pp. 45–57.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Shidiq Amien, Asyril Najla Annisa, Trilani Rizkiyanti, Nurul Paujiah, Rima Holifatul Umah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).











