Sosialisasi Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Belajar dan Mengajar pada SMP Negeri XYZ
Socialization of the Use of Information Technology for Learning Activities at SMP Negeri XYZ
DOI:
https://doi.org/10.57152/consen.v2i1.487Kata Kunci:
e-learning, internet sehat, sosialisasi, video pembelajaranAbstrak
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri XYZ merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang ada di Provinsi Riau. Berdasarkan observasi awal, SMP Negeri XYZ belum memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal. Contohnya adalah belum menggunakan e-learning dalam pembelajaran dan belum memanfaatkan video pembelajaran. Oleh sebab itu pengabdian ini menyosialisasikan penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan belajar dan mengajar. Sosialisasi dilakukan dengan metode ceramah. Materi yang ada tiga, yaitu: (1) perkenalan e-learning; (2) pembuatan video pembelajaran; dan (3) internet sehat dan aman. Melalui sosialisasi yang dilakukan, guru dan siswa mendapatkan pengetahuan untuk memanfaatkan e-learning dan pembuatan video pembelajaran. Selain itu, siswa mendapat pengetahuan tentang internet sehat dan aman.
Unduhan
Referensi
Munandar, T. A., Harsiti, H., & Hadi, T. S. (2021, December). Program Pendampingan Implementasi E-Learning System Untuk Peningkatan Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD IT Al Muhajirin Kota Cilegon. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 4).
www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19
Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).
Hidayanto, F. (2015). Pentingnya internet sehat. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 21-24.
Kusmana, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.
Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran.
Setiawan, A. B. (2012). Penanggulangan dampak negatif akses internet di pondok pesantren melalui program internet sehat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 15(1).
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., ... & Sahir, S. H. (2019). E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Aidah, S. (2019). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran di STIA Al Gazali Barru. Meraja journal, 2(1), 1-12.
Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Inggih Permana, Idria Maita, Zarnelly Zarnelly

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).