Evaluasi Kinerja E-Government Menggunakan Indeks Layanan Publik Elektronik Sebagai Standar Benchmarking Layanan Publik

Evaluation of E-Government Performance using the Electronic Public Service Index as a Benchmarking Standard for Public Services

Authors

  • Agustina Heryati Universitas Indo Global Mandiri
  • Iski Zaliman Universitas Bangka Belitung
  • Terttiaavini Terttiaavini Universitas Indo Global Mandiri
  • Mulyati Mulyati Universitas Multi Data
  • Harsi Romli Universitas Indo Global Mandiri
  • A. Taqwa Martadinata Universitas Bina Insan

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1004

Keywords:

Evaluasi Kinerja, E-Government, Indeks Layanan Publik Elektronik, Standar Benchmarking Layanan Publik

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kinerja E-Government di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang, dengan fokus pada implementasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Online (SIPPERI). Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi layanan informasi kepada masyarakat dan pelaku usaha. Metode evaluasi menggunakan Indeks Layanan Publik Elektronik sebagai Standar Benchmarking. Hasil evaluasi menghasilkan nilai indeks e-Service sebesar 3,310 dengna Predikat "Sangat Baik". Meskipun demikian, masih diperlukan perbaikan pada tiga dimensi dengan nilai terendah, yaitu interaksi (SI) dengan nilai 0,424, pelayanan (CS) dengan nilai 0,453, dan kepercayaan (T) dengan nilai 0,477. Penerapan website SIPPERI memberikan kontribusi yang positif dan evaluasi ini menjadi dasar untuk perbaikan yang mendukung pertumbuhan sektor penanaman modal dan interaksi pemerintah di Kota Palembang yang sejalan dengan Standar Benchmarking Layanan Publik.

References

J. Martins and L. G. Veiga, “Digital government as a business facilitator,” Inf. Econ. Policy, vol. 60, p. 100990, 2022, doi: 10.1016/j.infoecopol.2022.100990.

A. Widianto and A. P. Subriadi, “IT service management evaluation method based on content, context, and process approach: A literature review,” Procedia Comput. Sci., vol. 197, no. 2021, pp. 410–419, 2021, doi: 10.1016/j.procs.2021.12.157.

K. Ntshwene, J. K. Ssegawa, and P. D. Rwelamila, “Key Performance Indicators (KPIs) for measuring PMOs Services in selected Organisations in Botswana,” Procedia Comput. Sci., vol. 196, pp. 964–972, 2021, doi: 10.1016/j.procs.2021.12.098.

S. Malodia, A. Dhir, M. Mishra, and Z. A. Bhatti, “Future of e-Government: An integrated conceptual framework,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 173, no. August, p. 121102, 2021, doi: 10.1016/j.techfore.2021.121102.

A. Mohamed and I. Ismail, “A Performance Comparative on Most Popular Internet Web Browsers,” Procedia Comput. Sci., vol. 215, no. 2022, pp. 589–597, 2022, doi: 10.1016/j.procs.2022.12.061.

A. Heryati et al., “Sistem Informasi Problem Report Technical Support Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan Dan Bangka Belitung Berbasis Website,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 13, no. 3, pp. 194–199, 2023, doi: 10.36982/jiig.v13i3.2694.

Terttiaavini and Ermatita, “Sistem Penilaian Kinerja Dosen menggunakan Decision Maker Respondent Opinion Model,” J. Inform. Glob., vol. 13, no. April, pp. 1–6, 2022.

M. Fathan, B. Mubin, and T. Terttiaavini, “Menggunakan Metode Servqual ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Pengguna Spaylater Di Universitas Indo Global Mandiri ),” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2023.

A. Heryati, “Analisa Kualitas Website Universitas Indo Global Mandiri Palembang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Appl. Innov. Eng. Sci. …, vol. 0, pp. 27–28, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/AVoer/article/view/870

M. D. Kiswanto, T. Terttiavini, and A. Sanmorino, “Analisis Layanan Website Perpustakaan Sumatera Selatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna,” J. Ilm. MATRIK, vol. 19 No.3, no. 629, pp. 217–226, 2017.

T. Terttiaavini, “Analisa Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Indo Global Mandiri,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 5, no. 1, pp. 7–15, 2014.

T. Terttiaavini, “Evaluasi Pemanfaatan Tata Kelola Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Penerapan E-Ktp Menggunakan Framework Cobit,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 3, no. 1, 2018, doi: 10.36982/jiig.v3i2.343.

A. Serpell and H. Rubio, “Evaluating project management (PM) readiness in construction companies: Cases from Chile,” Procedia Comput. Sci., vol. 219, pp. 1642–1649, 2023, doi: 10.1016/j.procs.2023.01.457.

T. Terttiaavini and Rita wirya saputra, “Pengembangan Sistem Informasi Kinerja Dosen Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Dosen Di Univ. Indo Global Mandiri,” J. Inform. Glob. Vol., vol. 4, no. 2, pp. 42–53, 2013.

D. Marcelina, A. Kurnia, and T. Terttiaavini, “Analisis Klaster Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 3, no. October, pp. 293–301, 2023.

Tj. Kumolo, “Kepmen NO 595 Tahun 2020 Pedoman Evaluasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik,” 2020

A. D. Adywiratama, C. Ko, T. Raharjo, and A. Wahbi, “Critical success factors for ICT project: A case study in project colocation government data center,” Procedia Comput. Sci., vol. 197, no. 2021, pp. 385–392, 2021, doi: 10.1016/j.procs.2021.12.154.

T. Terttiaavini, Y. Hartono, and Ermatitia, “Perbandingan Metode Simple Additive Weighting dan Metode Weighted Performance Indicator Untuk Penilaian Kinerja Dosen,” Int. J. Mod. Educ. Comput. Sci., vol. 11, no. 6, pp. 1–7, 2019, doi: 10.5815/ijmecs.2019.06.01.

T. Terttiaavini, Y. Hartono, Ermatita, and D. P. Rini, “Building a Weighted Performance Indicator Concept utilized The Respondent ’ s Opinion Approach,” 2021 3rd Int. Conf. Electron. Represent. Algorithm, vol. 13, no. April, pp. 76–81, 2021, doi: 10.21203/rs.3.rs-178466/v1.

I. Ercan, B. Yazici, D. Sigirli, B. Ediz, and I. Kan, “Examining cronbach alpha, theta, omega reliability coefficients according to the sample size,” J. Mod. Appl. Stat. Methods, vol. 6, no. 1, pp. 291–303, 2007, doi: 10.22237/jmasm/1177993560.

Downloads

Published

2023-12-15