Pemanfaatan Roblox sebagai Media Promosi Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep

Using Roblox As A Promotional Media Metaverse School SMP Negeri 3 Sumenep

Authors

  • Rusydi Hafidz Alinata Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1011

Keywords:

Iklan, Media Promosi, Metaverse, Roblox, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep untuk mengatasi stigma negatif dan meningkatkan ketertarikan calon siswa SD/MI di Kecamatan Kota Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Design Thinking. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis SWOT dan menghasilkan konsep strategi media promosi bernama Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep. Hasil validasi menunjukkan persentase 84,375% yang berarti media sangat valid, serta hasil uji coba mendapatkan nilai persentase di atas 70% untuk setiap kategori yang berarti media dinyatakan valid. Dengan pemanfaatan media promosi ini, SMP Negeri 3 Sumenep dapat menjadi pelopor Sekolah Metaverse di Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah memperhatikan literasi, eksplorasi, dan dampak yang dihasilkan.

References

R. E. Ferdig, M. Cohen, E. Ling, and R. Hartshorne, “Examining Blockchain Protocols, Cryptocurrency, NFTs, and Other Web 3.0 Affordances in Teacher Education,” Journal of Technology and Teacher Education, vol. 30, no. 1, pp. 5–19, 2022.

C. Hackl, D. Lueth, and T. Di Bartolo, Navigating the metaverse: A guide to limitless possibilities in a Web 3.0 world. John Wiley & Sons, 2022.

M. Ngafifi, “Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 2, no. 1, 2014.

A. Wijanarko, “Analisis pengaruh motif pembelian terhadap pengambilan keputusan wali murid dalam memilih sekolah bertaraf internasional (sbi) untuk sekolah anak (studi kasus pada sekolah bertaraf internasional (sbi) Gemolong kabupaten Sragen),” 2009.

J. Kim, “Advertising in the metaverse: Research agenda,” Journal of Interactive Advertising, vol. 21, no. 3, pp. 141–144, 2021.

C. Bushell, “The Impact of Metaverse on Branding and Marketing,” Available at SSRN 4144628, 2022.

C. Smith, “Roblox Player Count & Stats (2023),” videogamesstats.com. Accessed: Feb. 02, 2023. [Online]. Available: https://videogamesstats.com/roblox-statistics-facts/

R. U. Long, “Roblox and effect on education,” Springfield (MO): Drury University, 2019.

R. U. Long, “Roblox and effect on education,” Springfield (MO): Drury University, 2019.

I. A. Endarto and M. Martadi, “Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif,” BARIK, vol. 4, no. 1, pp. 37–51, 2022.

P. H. Perdana, “Perancangan Media Promosi Waroeng Makan Kalkoen Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Recognition,” Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Surabaya, 2018.

A. S. Hussein, Metode design thinking untuk inovasi bisnis. Universitas Brawijaya Press, 2018.

I. Mootee, Design thinking for strategic innovation: What they can’t teach you at business or design school. John Wiley & Sons, 2013.

R. F. Dam and T. Y. Siang, “Design thinking: A quick overview,” 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta, 2014.

C. Namugenyi, S. L. Nimmagadda, and T. Reiners, “Design of a SWOT analysis model and its evaluation in diverse digital business ecosystem contexts,” Procedia Comput Sci, vol. 159, pp. 1145–1154, 2019.

H. Herfandi, Y. Yuliadi, M. T. A. Zaen, F. Hamdani, and A. M. Safira, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan UI dan UX,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 4, no. 1, Jun. 2022, doi: 10.47065/bits.v4i1.1716.

A. H. Fauzi and I. Sukoco, “Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa,” Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, pp. 37–45, Jun. 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.50.

V. Sotiraki, “Glitch Art Narratives: An investigation of the relation between noise and meaning,” 2014.

C. Pomerleau, “Glitch art design: an inside look at the history and best uses of a modern trend,” 99designs.com. [Online]. Available: https://99designs.com/blog/design-history-movements/glitch-art-design/

Downloads

Published

2023-12-15