Analisa Proteksi Rele Arus Lebih pada Sistem Penyulang Menggunakan Algoritma Neural Network

Analysis of Overcurrent Release Protection In Feeder System Using Algorithm Neural Network

Authors

  • Akladera Pawigo Universitas Jember
  • R.B. Moch. Gozali Universitas Jember
  • Samsul Bachri Masmachofari Universitas Jember

Keywords:

gangguan arus lebih, gangguan, rele arus lebih, proteksi, jaringan saraf tiruan

Abstract

Setiap gangguan memiliki sifat gangguan yang berbeda-beda dimana ada gangguan yang bersifat sementara (kontemporer) dan ada yang bersifat lama (permanen), tidak terkecuali gangguan arus lebih dan apabila gangguan tersebut tidak diatasi akan merusak sistem jaringan distribusi. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem keamanan yang tepat sesuai dengan jenis gangguan dan sesuai dengan fungsi kedudukan agar dapat mengatasi gangguan yang terjadi dengan baik, efisien, dan handal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode neural network. Rele arus lebih adalah rele proteksi yang prinsip kerjanya didasarkan pada besaran arus masukan dan sangat cocok untuk proteksi terhadap gangguan arus lebih. Rele arus lebih akan bekerja bila terjadi kenaikan arus yang melebihi nilai pengaman tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Jaringan saraf tiruan atau artificial neural network (ANN) adalah jaringan yang terdiri dari sekelompok unit pemrosesan kecil yang disajikan berdasarkan jaringan saraf pada manusia. Seperti halnya jaringan syaraf biologis, jaringan syaraf tiruan memiliki kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan masukan yang diberikan.

References

Kusmaryanto, S. (2014). Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Untuk Pengenalan Wajah Metode Ekstraksi Fitur Berbasis Tekstur. JURNAL EECCIS Vol. 8 No. 2, 193-18.

Yusmartato,Yusniati. (2016). Analisa Relai Arus Lebih Dan Relai Gangguan Tanah Pada Penyulang LM5 Di Gardu Induk Lamhotma.

Hasben Rizky Fadhli, Pujiantara Margo, Priyadi Ardyono. (2016). Koordinasi Proteksi Adaptif Rele Arus Lebih Digital Menggunakan Metode Artificial Neural Network Pada Sistem Mesh Pada Pembangkit Tersebar. Surabaya : Teknik Elektro ITS.

Jauhari, M. Alfian Fadli. (2017). Koordinasi Proteksiarus Lebih Adaptif Pada Sistem Distribusi Ring Dengan Pembangkit Tersebar Menggunakan Artificial Neural Network.

Sinaga Peihong, Pujiantara Margo, Anam Sjamsjul. (2016). Evaluasi Koordinasi Sistem Proteksi Pada Sistem Kelistrikan PT. Semen Padang (Persero) tbk Akibat Adanya Penambahan Pabrik Baru Indarung VI. Surabaya : Teknik Elektro ITS.

Shiddiq, Chairul Makhfuz. (2018). Optimasi Koordinasi Rele Arus Lebih Menggunakan Fuzzy Logic (Studi Kasus: PT. INALUM)

Bahri, Mohammad Syaiful. (2019). Optimasi Koordinasi Rele Arus Lebih Pada PT. Yeoh Tiong Lay (YTL) Jawa Timur Menggunakan Metode Neural Network. Repository Universitas Jember.

Published

2021-11-23