Aplikasi Startup Otocity Berbasis Design Thinking untuk Memudahkan Pengguna Kendaraan dalam Mengatasi Kerusakan dan Penitipan Kendaraan

Design Thinking-Based Otocity Startup Application to Facilitate Vehicle Users in Overcoming Vehicle Damage and Custody

Authors

  • Salma Aula Nisa Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i2.1212

Keywords:

Aplikasi Bengkel dan Penitipan Kendaraan, Metode Design Thinking, Mobile Application, UI/ UX Designer

Abstract

Program UI/ UX Design Bersertifikat diselenggarakan oleh Yayasan Bakti Achmad Zaky dan dikukung oleh Kemdikbud Ristekdikti. Program dirancang untuk mempersiapkan UI/ UX Designer yang berkualitas dan dapat bersaing diera digital. Tema yang diangkat adalah tentang kendaraan. Dimana masalahnya sulit menemukan bengkel terdekat dari lokasi atau mencari tempat penitipan kendaraan. Jadi solusinya adalah dengan membuat aplikasi OTOCITY yaitu aplikasi bengkel dan penitipan kendaraan dengan menggunakan metode Design Thinking, karena dengan menggunakan aplikasi tersebut pengguna kendaraan tidak perlu antri atau datang untuk mendapatkan nomor antrian. Tujuan Aplikasi OTOCITY tidak hanya memudahkan para pengguna kendaraan namun juga memudahkan para pemilik bengkel dan penitipan kendaraan. Metode Design Thinking adalah proses berulang untuk memahami pengguna, menantang asumsi, dan mendefinisikan kembali masalah dalam upaya mengidentifikasi strategi. Salah satu keuntungan menggunakan metode design thinking adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko. Jadi hasil aplikasi OTOCITY pun sudah teruji oleh para mentor dan sudah diuji kepada user atau pengguna kendaraan yang menggunakan smartphone

References

G. Karnawan, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 61, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.

L. Y. Khairani, A. Y. Husodo, and F. Bimantoro, “Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Bengkel Dan Cuci Motor Terdekat Berbasis Mobile,” J. Teknol. Informasi, Komputer, dan Apl. (JTIKA ), vol. 1, no. 2, pp. 169–178, 2019, doi: 10.29303/jtika.v1i2.37.

A. V. Pratama, “Perancangan User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Prototype Aplikasi Mobile AIS Menggunakan Metode Lean UX,” pp. 1–321, 2020.

S. Syafrial and F. Fauzi, “Penerapan system pakar pada aplikasi bengkel online berbasis android untuk meningkatkan pelayanan bengkel,” Teknois J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 9, no. 2, pp. 31–43, 2019, doi: 10.36350/jbs.v9i2.61.

M. A. Sidiq, “Penerapan Metode Design Thinking Untuk Perancangan Aplikasi Manajemen Penanganan Barang Bukti( Studi Kasus?: Data Multimedia ),” Penerapan Metod. Des. Think. Untuk Peranc. Apl. Manaj. Penanganan Barang Bukti Digit., pp. 3–4, 2020.

D. Purnomo, “Model Prototyping,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, pp. 54–61, 2017.

M. Yusman, “Sistem Informasi Data Pengendalian Masuk Keluar Kendaraan Pada Jasa Penitipan Motor,” vol. 3, no. 1, 2023.

I. Ahbab, “Pengembangan Aplikasi Penitipan Kendaraan Bermotor Berbasis Website,” 2020, [Online]. Available: http://eprints.uty.ac.id/4844/

M. L. Akbar, A. Usman, and A. Budiman, “Rancang Bangun Desain UI/ UX Pada Pembuatan Startup Aplikasi Selfcare Berbasis Website,” J. Ilmu Komput. …, vol. 2, pp. 158–172, 2023.

M. Okty Dea Pratama and S. Suwarni, “Pengembangan Prototipe Desain User Interface & User Experience (UI/ UX) Pada Aplikasi OSS URINDO Menggunakan FIGMA,” J. Teknol. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 155–166, 2022, doi: 10.52643/jti.v8i2.2772.

S. Tazkiyah and A. Arifin, “Perancangan UI/ UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma,” J. Teknol. Terpadu, vol. 8, no. 2, pp. 72–78, 2022, doi: 10.54914/jtt.v8i2.513.

Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, and Shilka Dina Anwariya, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/ UX Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya,” J. Buana Pengabdi., vol. 3, no. 1, pp. 149–154, 2021, doi: 10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542.

F. Kesuma Bhakti, I. Ahmad, and Q. J. Adrian, “Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

M. Hidayat, “Sistem informasi pelayanan pnitipan parkir mobil pada bengkel nonx auto bandung,” pp. 11–30, 2021.

E. Usada, Y. Yuniarsyah, and D. M. Choiriah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penitipan Motor Berbasis Web Dengan Menggunakan PHP Dan MYSQL Di Terminal Purwokerto,” J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., vol. 4, no. 1, p. 42, 2012, doi: 10.20895/infotel.v4i1.101.

R. Yulius, M. F. A. Nasrullah, D. K. Sari, and M. A. Alban, “Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya,” Eureka Media Aksara, pp. 1–74, 2022.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/ UX Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

B. Zaki and S. D. Putra, “Aplikasi Bengkel Online Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android Pada CV. Rumah Otomotif,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 2, no. 2, pp. 62–83, 2018, [Online]. Available: https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/64

M. Audrilia and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus?: Bengkel Anugrah),” J. Madani Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Hum., vol. 3, no. 1, pp. 1–12, 2020, doi: 10.33753/madani.v3i1.78.

D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/ UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.

Downloads

Published

2024-02-25