Evaluasi Layanan Publik pada Platform E-Government menggunakan Indeks Layanan Publik Elektronik dan Metode Importance Performance Analysis

Evaluating Public Services on E-Government Platforms through the Electronic Public Service Index and Importance Performance Analysis Method

Authors

  • Indah Permatasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Terttiaavini Terttiaavini Universitas Indo Global Mandiri
  • Agustina Heryati Universitas Indo Global Mandiri
  • Tedy Setiawan Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi APRIN

Keywords:

E-Government, Importance Performance Analysis, Indeks Layanan Publik Elektronik, Website Layanan Disdukcapil

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang telah menerapkan pendekatan inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas melalui pengenalan Platform E-Government. Untuk mendapatkan tanggapan masyarakat, sangat penting untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap Layanan Website sebagai langkah awal dalam proses perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai Layanan Website Disdukcapil dengan mengidentifikasi tingkat kepuasan pengguna, mengevaluasi kinerja platform, dan memberikan rekomendasi perbaikan guna meningkatkan efektivitas layanan. Indikator diambil dari Indeks Layanan Publik Elektronik, dengan pengujian validasi menggunakan SPSS, dan Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menganalisis sejauh mana kinerja aktual suatu variabel sesuai dengan harapan pengguna. Penelitian ini menghasilkan indeks layanan elektronik sebesar 3,417, menunjukkan penilaian yang sangat baik terhadap layanan E-Government. Namun, uji sampel berpasangan mengungkapkan adanya perbedaan yang signifikan antara kinerja aktual dan harapan pengguna. Analisis ini menegaskan perlunya perbaikan layayan guna meningkatkan kepuasan pengguna. Rekomendasi perbaikan yang dihasilkan dari analisis ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas layanan publik elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang.

References

M. Paensi, Z. R. Mair, I. Permatasari, and M. I. Jambak, “Analisis Penggunaan Aplikasi E-Sumsel dalam Pembuatan Surat Tugas dan Taksasi SPPD Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Selatan,” J. Softw. Eng. Comput. Intell., vol. 01, no. 02, pp. 101–106, 2023.

Admin Itjen Kemendikbud, “Mengenal Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik: Transformasi Menuju Efisiensi dan Transparansi,” Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek, 2023. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/mengenal-sistem-pemerintahan-berbasis-elektronik-transformasi-menuju-efisiensi-dan-transparansi/ (accessed Jan. 15, 2024).

J. R. Riwukore, F. Habaora, and T. Terttiaavini, “Good Governance Dalam Mengukur Kinerja Lembaga Negara (Review),” J. Pemerintah. dan Polit., vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.36982/jpg.v7i1.1974.

A. Disdukcapil, “Portal Layanan Publik Disdukcapil Kota Palembang Semua Pelayanan Administrasi Kependudukan,” Portal Disdukcapil Kota Palembang, 2021. https://disdukcapil.palembang.go.id/ (accessed Jan. 15, 2024).

A. Heryati et al., “Sistem Informasi Problem Report Technical Support Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan Dan Bangka Belitung Berbasis Website,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 13, no. 3, pp. 194–199, 2023, doi: 10.36982/jiig.v13i3.2694.

D. Prihartono and R. W. Tuti, “Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Kebijak. J. Ilmu Adm., vol. 14, no. 2, pp. 192–201, 2023, doi: 10.23969/kebijakan.v14i2.5179.

Terttiaavini, “Analisa Faktor Keberhasilan Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Pada Pelaksanaan eKTP di Kota Palembang,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. Yogyakarta, pp. 10–15, 2013.

M. D. Kiswanto, T. Terttiavini, and A. Sanmorino, “Analisis Layanan Website Perpustakaan Sumatera Selatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna,” J. Ilm. MATRIK, vol. 19 No.3, no. 629, pp. 217–226, 2017.

A. Heryati, I. Zaliman, T. Terttiaavini, Mulyati, Harsi Romli, and A. T. Martadinata, “Evaluation of E-Government Performance using the Electronic Public Service Index as a Benchmarking Standard for Public Services Evaluasi Kinerja E-Government dengan menggunakan Indeks Layanan Publik Elektronik sebagai Standar Benchmarking Layanan Publik,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 51–56, 2024, doi: https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1004.

A. Addas, A. Maghrabi, and R. Goldblatt, “Public open spaces evaluation using importance-performance analysis (IPA) in Saudi Universities: The case of King Abdulaziz University, Jeddah,” Sustain., vol. 13, no. 2, pp. 1–16, 2021, doi: 10.3390/su13020915.

I. Ra?sovsk´, M. Kubickova, and Kate?rina Ryglov´a, “Importance – performance analysis approach to destination management,” Tour. Econ., no. February, pp. 1–8, 2020, doi: 10.1177/1354816620903913.

T. Kumolo, “Kepmen NO 595 Tahun 2020 Pedoman Evaluasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik,” 2020

T. Terttiaavini, Y. Hartono, and Ermatitia, “Perbandingan Metode Simple Additive Weighting dan Metode Weighted Performance Indicator Untuk Penilaian Kinerja Dosen,” Int. J. Mod. Educ. Comput. Sci., vol. 11, no. 6, pp. 1–7, 2019, doi: 10.5815/ijmecs.2019.06.01.

I. Ercan, B. Yazici, D. Sigirli, B. Ediz, and I. Kan, “Examining cronbach alpha, theta, omega reliability coefficients according to the sample size,” J. Mod. Appl. Stat. Methods, vol. 6, no. 1, pp. 291–303, 2007, doi: 10.22237/jmasm/1177993560.

J. A. Martilla, And, and J. C. James, “Importance-Per Analysis,” J. Mark., vol. 41, no. 1, pp. 77–79, 2010.

R. Nunkoo, V. Teeroovengadum, C. M. Ringle, and V. Sunnassee, “Service quality and customer satisfaction: The moderating effects of hotel star rating,” Int. J. Hosp. Manag., vol. 91, no. October, p. 102414, 2020, doi: 10.1016/j.ijhm.2019.102414.

A. Arbore and B. Busacca, “Rejuvenating importance-performance analysis,” J. Serv. Manag., vol. 22, no. 3, pp. 409–430, 2011.

A. Fatoni, K. Adi, and A. P. Widodo, “Framework and Importance Performance Analysis Method to Evaluate the Implementation of Information Systems,” in Web of Conferences ICENIS, 2020, pp. 1–10.

A. Hinderks, A. L. Meiners, F. J. Domínguez-Mayo, and J. Thomaschewski, “Applying Importance-Performance Analysis (IPA) to interpret the results of the user experience questionnaire (UEQ),” J. Web Eng., vol. 19, no. 2, pp. 243–266, 2020, doi: 10.13052/jwe1540-9589.1926.

J. Esmailpour, K. Aghabayk, M. Abrari Vajari, and C. De Gruyter, “Importance – Performance Analysis (IPA) of bus service attributes: A case study in a developing country,” Transp. Res. Part A Policy Pract., vol. 142, no. October, pp. 129–150, 2020, doi: 10.1016/j.tra.2020.10.020.

Downloads

Published

2024-02-05