Penerapan Visualisasi Data dan Informasi Kependudukan Berbasis Web

Application of Web Based Visualization of Population Data and Information

Authors

  • Descania Mayangsari Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Yuma Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Serli Bebriani Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1290

Keywords:

Dashboard Monitoring, Pengabdian, Pertumbuhan Penduduk, Rukun Warga, Sistem Informasi

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat di Rukun Warga 01 Jatinegara dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan penduduk dalam kurun waktu 1 tahun kebelakang. Pengabdian ini menerapkan dashboard monitoring berbasis Tableau untuk mempermudah pemahaman dan tren dalam pemantauan perkembangan penduduk berbasis website, data disajikan dalam berbentuk grafik., mempermudah dalam pemantauan  yang cepat. Data yang dikumpulkan kualitatif untuk memastikan keakuratan informasi yang diperoleh dengan fokus pada pengumpulan, pengolahan, dan pengembangan data. Hasil dari penelitian yang didapat dengan perbandingan rata – rata data kelahiran : warga meninggal , dan warga pindah dari RW 01 :  pindahan ke RW 01 yaitu: 5 :4 dan 55:33. Hal ini menunjukkan penggunaan tablue public berjalan dengan baik dan dapat memonitoring pertumbuhan penduduk di RW 01 Jatinegara. Melalui kegiatan pengabdian ini, diharapkan masyarakat Rukun Warga 01 Jatinegara juga dapat memonitoring data tentang pertumbuhan warga dengan lebih mudah, akurat dan efektif, serta meningkatkan kesadaran akan memantau perkembangan penduduk di suatu organisasi masyarakat.

References

Saepuloh D. Visualisasi Data Covid 19 Provinsi DKI Menggunakan Tableau. J Ris Jakarta. 2020;13(2). doi:10.37439/jurnaldrd.v13i2.37

Wahyudi T, Nopianto M, Rani J, Kurniawan DR, Nugraha D. Implementasi Dashboard Monitoring Laju Pertumbuhan Penduduk di Rukun Warga 011 Pondok Kelapa Menggunakan Tableau Public. J Pengabdi Nas Indones. 2023;4(2):294–300. doi:10.35870/jpni.v4i2.203

Ariandi M, Rahma Puteri S. Analisis Visualisasi Data Kecamatan Kertapati menggunakan Tableau Public. Vol 14. Bulan Oktober; 2022.

Al Ghivary R, Wulandari N, Srikandi N, Nazilatul F AM. PERAN VISUALISASI DATA UNTUK MENUNJANG ANALISA DATA KEPENDUDUKAN DI INDONESIA. Vol 1.; 2023.

R. Akbar et al., “Implementasi Business Intelligence untuk Menganalisis Data Persalinan Anak di Klinik Ani Padang dengan Menggunakan Aplikasi Tableau Public,” vol. 2, no. 1, 2017.

F. Pirmansyah, T. Wahyudi, Marjo, M. A. Najib, dan V. Khoirunnisa, “Monitoring Pertumbuhan Gizi di RW 05 Pulojahe Cakung Jakarta Timur dengan Menggunakan Tableau Public,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 3, no. 2, hal. 1479–1488, 2022.

F. A. Sariasih, “Implementasi Business Intelligence Dashboard dengan Tableau Public untuk Visualisasi Propinsi Rawan Banjir di Indonesia.”

D. Subuh, D. Harsono, dan R. Sulistiyowati, “IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE PADA APLIKASI E-TILANG DENGAN MENGGUNAKAN TABLEAU SERVER.”

D. F. Lessy, A. Avorizano, dan F. N. Hasan, “Penerapan Business Intelligence Untuk Menganalisa Data Gempa Bumi di Indonesia Menggunakan Tableau Public,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, hal. 302, Des 2022, doi: 10.30865/json.v4i2.5316.

M. Nurmalasari, W. Zuama Qomarania, N. A. Temesvari, dan T. S. Pertiwi, “Bimbingan Teknis Peramalan Jumlah Kunjungan Pasien Dengan Tableau,” 2021.

R. Ariyanto et al., “Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)-2021 Pengembangan Dashboard Sistem Informasi Untuk Monitoring Penyebaran COVID-19 di Jakarta Barat”.

R. Damayanti Putri dan A. Wijaya, “Visualisasi Data Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin,” 2020.

M. Diah, A. Devi, G. Ayu, A. Diatri Indradewi, I. Ketut, dan R. Arthana, “DASHBOARD MONITORING ALUMNI DENGAN TEKNOLOGI BUSINESS INTELLIGENCE PADA SISTEM TRACER STUDY UNDIKSHA,” Inser. Inf. Syst. Emerg. Technol. J., vol. 4, no. 1, 2023.

E. Fata Sanjaya, R. Andreswari, dan I. Darmawan, “ANALISIS PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DAN DASHBOARD PADA DATA TRAFFIC TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE BUSINESS DIMENSIONAL LIFECYCLE BUSINESS INTELLIGENCE AND DASHBOARD DESIGN ANALYSIS ON TELECOMMUNICATION DATA TRAFFIC WITH DIMENSIONAL LIFECYCLE BUSINESS METHOD.”

P. Islami Anakku, F. Noor Hasan, dan K. Kunci, “Visualisasi Dashboard Business Intelligence Untuk Analisa Ketersediaan Tenaga Kesehatan Pada Saat Covid-19 Di Jakarta Menggunakan Tableau.”

Downloads

Published

2024-05-01