Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Berbasis Seluler Laporkitong Memanfaatkan Kuesioner Pengalaman Pengguna (UEQ)

Evaluation of User Experience on Laporkitong Mobile Application Utilizing User Experience Questionnaire (UEQ)

Authors

  • Yepuni Giyai Universitas Papua
  • Dedi I. Inan Universitas Papua
  • Lorna Y. Baisa Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1292

Keywords:

Aplikasi Berbasis Seluler, Laporkitong, Provinsi Papua Barat, User Experience Questionnaire

Abstract

Penerapan teknologi komputer dan internet di Provinsi Papua Barat melalui aplikasi berbasis seluler Laporkitong dengan menghasilkan solusi yang menekankan efektivitas dan efisiensi. Untuk melaporkan ketidaksesuaian rencana tata ruang, pemerintah Provinsi Papua Barat meluncurkan aplikasi seluler Laporkitong. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengalaman pengguna pada aplikasi berbasis seluler laporkitong memanfaatkan kuesioner pengalaman pengguna (UEQ). Menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner pengalaman pengguna (UEQ), sebuah pendekatan yang mudah diimplementasikan, valid, dan dapat diandalkan untuk melengkapi evaluasi data dengan penilaian kualitas yang subjektif. Kuesioner pengalaman pengguna bersifat gratis dan dapat digunakan di semua aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pengalaman pengguna pada aplikasi berbasis seluler Laporkitong menggunakan UEQ menunjukkan bahwa terdapat 5 variabel yang menyatakan hasil evaluasi positif dan netral, yaitu variabel Daya Tarik (rata-rata = 0,887), Kejelasan (rata-rata = 0,829), Efisiensi (rata-rata = 0,870),  Ketepatan (rata-rata = 0,878), dan Stimulasi (rata-rata= 0,850). Namun, variabel Kebaruan mendapatkan hasil evaluasi netral (rata-rata = 0,274). Hasil benchmark untuk aplikasi berbasis seluler Laporkitong menunjukkan seluruh variabel yang termasuk pada kategori below average, yaitu variabel daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Hasil evaluasi pengalaman pengguna aplikasi berbasis seluler Laporkitong menggunakan UEQ menunjukkan perbedaan signifikan pada 5 variabel berdasarkan uji T.

References

Mustakim, “Rumus Korelasi Product Moment Pearson Dan Penjelasannya,” Mustakim.org, 2023. https://mustakim.org/rumus-korelasi-product-moment-pearson/ (accessed Feb. 08, 2024).

M. Rauschenberger, “Scale structure of the UEQ questionnaire,” ResearchGate, 2019.

KITORANG Papua Barat, “No Title,” https://kitorang.papuabaratprov.go.id/, 2023. .

M. A. Kushendriawan, H. B. Santoso, P. O. H. Putra, and M. Schrepp, “Evaluating User Experience of a Mobile Health Application Halodoc using User Experience Questionnaire and Usability Testing,” J. Sist. Inf. (Journal Inf. Syst., vol. 17, no. 1, 2021.

A. Hussain, E. O. C. Mkpojiogu, J. Musa, Salah, and Mortada, “A User Experience Evaluation of Amazon Kindle Mobile Application,” 2nd Int. Conf. Appl. Sci. Technol., vol. 1, no. 1, 2017.

Ryu and Kim, “Evaluation of user experience of new defense medical information system,” Healthc. Inform. Res., vol. 25, no. 2, pp. 73–81, 2019.

Ramadhan and Iqbal, “Evaluasi Pengalaman Pengguna di Situs Web Cryptocurrency berdasarkan Aspek Kepercayaan,” J. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, 2020.

E. Susilo, “Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX,” www.edisusilo.com, 2024. https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-user-experience-questionnaire/ (accessed Feb. 08, 2024).

R. W. Nooriza, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Cinema Ticketing Di Indonesia Menggunakan User Experience Questionnaire,” Univeristas Islam Negeri Syarif Hidatullah, 2023.

B. Laugwitz, T. Held, and M. Schrepp, “Construction and evaluation of a user experience questionnaire,” Final Publ. is available Springer, vol. 1, no. 1, 2008.

W. A. Putra, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ), ” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3,no. 6,pp. 6099-6106, 2019.

S. F. Novitasari, Y. T. Mursityo, and A. N. Rusydi, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E-Commerce Sociolla.com Menggunakan Usability Testing dan Userr Experience Questionnaire (UEQ): User Experience Evaluation On Sociolla.com E-Commerce Using Usability Testing and User Experience Questionnaire (UEQ), ” Jurnal sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi, Vol. 1, no. 2, pp. 57-63, 2020.

V. A. Intanny, I. Widiyastuti, and M. D. K. Perdani, “Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Marketplace Jogjaplaza.id dengan Metode UEQ dan Use Questionnaire, ” Jurnal Pekommas, Vol. 3, no. 2, pp. 117-126, 2018.

A. S. Ahda and C. I. Ratnasari, “User Experience Testing on the UII Informatics Department Website Using the User Experience Questionnaire, ” SISTEMASI, Vol. 12, no. 2, pp. 527-536, 2023.

I. Larasati, “Evaluasi Penggunaan Website Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Menggunakan Metode Usability Testing, ” Computatio: Journal of Computer Science and Information System, Vol. 4, no. 1, pp. 68-77, 2020.

T. Takwim, and D. Tomanggung, “Evaluasi Sistem Pemungutan Pajak Untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah (Studi Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Konawe), ” Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, Vol. 1, no. 9, pp. 1901-1908, 2022.

A. Sulistyo, “Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri, ” Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 4, no. 1, pp. 48-58, 2017.

M. Gómez-López, C. Viejo, and R. Ortega-Ruiz, “Well-being and romantic relationships: A systematic review in adolescence and emerging adulthood,” Internationall Journal Of Environmental Research and Public Health, Vol. 16, no. 13, pp. 2415, 2019.

Downloads

Published

2024-05-01