Analisa Kepuasan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan Framework PIECES (Kelas RPL)

Satisfaction Analysis Google Classroom as an Online Learning Media Using the PIECES Framework (RPL Class)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i2.1300

Keywords:

Classroom, Daring, Hybrid, Kepuasan, PIECES Framework

Abstract

Kepuasan pengguna sistem informasi adalah tolak ukur baik tidaknya sebuah sistem informasi. Proses pengukuran SI dapat dilakukan dengan banyak cara. Adapun penelitian ini akan menggunakan pengukuran Kepuasan Aplikasi Classroom dengan PIECES Framework, Wabah COVID-19 saat ini memang sudah dinyatakan berakhir oleh pemerintah, tetapi pembelajaran tetap tidak bisa langung dialihkan ke pembelajaran Luring dikarenan jika sewaktu-waktu wabah COVID dengan mutasi baru menyerang maka otomatis pembelajaran akan berhenti lagi, oleh karena itu pembelajaran sekarang menggunakan metode hybrid, dimana melaksanakan secara daring dan luring. Dunia pendidikan pun mengalami imbas yang signifikan sehingga tatap muka dibantu dengan media virtual dan Classrom berperan sebagai sebagai media daring disamping tatap muka di kelas sebagai luringnya. Adapun alasan kami memilih metode ini karena metode ini adalah metode yang paling spesifik dalam mengukur kinerja sebuah sistem informasi. Metode analisa PIECES Framework, yang memiliki beberapa domain atau poin analisa, yakni: Performance, Informations and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, and Service, setiap domain analisa adalah referensi yang relevan untuk mengevaluasi dan menganalisa Aplikasi Google Classroom. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Google Classroom adalah media daring yang baik untuk mendukung pembelajaran luring.

References

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV.Alfabeta, 2012.

S. Z. N. Azizah, Martini, and A. R. Purnomo, “Analisis Penggunaan Google Classroom pada Aspek Keaktifan Siswa SMP Kelas VII,” Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 10, no. 1, pp. 86–93, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

K. Eka Putri and F. Aditia Wiguna, “Implementation of learning during the covid-19 in college,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 7, no. 2, pp. 295–304, 2022, doi: 10.29407/jpdn.v7i2.15996.

M. Sobron and Lubis, “Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu,” Semin. Nas. Tek. UISU, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134

Sabran and E. Sabara, “Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran,” Pros. Semin. Nas. Lemb. Penelit. Univ. NEGERI Makasar, pp. 122–125, 2019, [Online]. Available: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id

N. Kaniadewi, “Peran Learning Management System (Schoology) Di Ir 4.0 ‘Bisakah Menggantikan Kelas Sesungguhnya?,’” 2019.

Irsa Lina Aulia, Janah Mutmainah, and Dede Indra Setiabudi, “Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar,” J. Ris. Sos. humaniora, dan Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 59–67, 2022, doi: 10.56444/soshumdik.v1i2.75.

D. Yulanto m, H. Hasan, and S. Januariyansah, “Panduan Penggunaan Google Classroom Untuk Siswa,” Buku, no. December, p. 18, 2020, doi: 10.13140/RG.2.2.21421.92645.

A. R. Pratama, “Panduan Kuliah Daring dengan Google Classroom untuk Dosen,” vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2020.

N. Rizkianti, “Pemanfaatan Fitur Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Kelas V D Sdn 114 Pekanbaru Skripsi,” 2022.

R. Ekayati and M. Arifin, E-Learning “Edmodo Go Blog,” vol. 24, no. 1. 2018.

R. Machmud, Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi. 2018. [Online]. Available: https://repository.ung.ac.id

M. Pangri, S. Sunardi, and R. Umar, “Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong,” Bina Insa. Ict J., vol. 8, no. 1, p. 63, 2021, doi: 10.51211/biict.v8i1.1499.

N. Junaedi, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun Menggunakan Framework Pieces,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 2, p. 59, 2018, doi: 10.25273/research.v1i02.3364.

S. Ramadhani, “PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, 2018, doi: 10.26905/jtmi.v4i2.2101.

T. Sutabri, “Idoc.Pub_Tata-Sutabri-Konsep-Sistem-Informasi.Pdf.” p. 30.

P. Kotler, Marketing Management, Internatio. New Jersey: Prentice Hall, 2003.

Downloads

Published

2024-03-17