Analisis Penerimaan Aplikasi Flip Menggunakan Model Unified of Acceptance and Use of Technology 3

The analysis of Flip application acceptance using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 3 model

Authors

  • Nalis Kristi Universitas Garut
  • Diqy Fakhrun Shiddieq Universitas Garut
  • Dwi Nurhayati Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i2.1316

Keywords:

Aplikasi Flip, Fintech, SmartPLS, UTAUT 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penerimaan aplikasi Flip oleh UMKM di Kabupaten Garut menggunakan model UTAUT 3. Metode kuantitatif eksplanatori cross-sectional digunakan dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner berdasarkan skala likert 1 sampai 5, serta data sekunder didapatkan dari jurnal, artikel, dan informasi terkait topik penelitian, selanjutnya data di analisis menggunakan SmartPLS 3.0. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian terdahulu mengenai Analisis Tingkat Penerimaan Penerapan aplikasi Flip menggunakan metode UTAUT 2, dalam penelitian tersebut tidak mempertimbangkan variabel personal innovativeness, personal innovativeness di anggap penting dalam mengukur sejauh mana seseorang cenderung menerima dan mengadopsi inovasi baru. Hasil menunjukkan terdapat empat hipotesis di terima, yakni behavioral intention terhadap use behaviour, habit terhadap use behaviour, personal innovativeness terhadap behavioral intention, dan price value terhadap behavioral intention. Sementara itu, delapan hipotesis ditolak, yakni effort expectancy terhadap behavioral intention, facilitating conditions terhadap behavioral intention, facilitating conditions terhadap use behaviour, habit terhadap behavioral intention, hedonic motivation terhadap behavioral intention, performance expectancy terhadap behavioral intention, personal innovativeness terhadap use behaviour, dan social influence terhadap behavioral intention.

References

M. I. Rezky, “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia berbasis Financial Technology,” J. Princ. Manag. Bussines, vol. 02, no. 02, pp. 64–77, 2023, doi: https://doi.org/10.55657/jpmb.v2i01.124.

M. G. Pangestu and J. P. K. Pasaribu, “Behavior Intention penggunaan Digital Payment QRIS berdasarkan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada UMKM Sektor Industri Makanan & Minuman di Kota Jambi),” J. Ilm. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022, doi: https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.1.23.

N. Anisah and H. F. Crisnata, “Analisis tingkat literasi keuangan pengguna fintech payment OVO,” JAD J. Ris. Akunt. dan Keuang. Dewantara, vol. 4, no. 1, pp. 47–60, 2021, doi: 10.26533/jad.v4i1.752.

R. D. Putra and D. R. Prehanto, “Analisis kepuasan pengguna aplikasi Flip.id menggunakan metode TAM dan EUCS,” vol. 2, no. 4, pp. 19–26, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/43245

F. Flip, “Tentang Flip,” Flip.id, 2023. https://flip.id/tentang-flip (accessed Dec. 15, 2023).

S. A. Helmayanti, F. Hamami, and R. Y. Fa’rifah, “Penerapan algoritma Tf-Idf dan Naïve Bayes untuk analisis sentimen berbasis aspek ulasan aplikasi Flip pada Google Play Store,” J. Indones. Manaj. Inform. dan Komun., vol. 4, no. 3, pp. 1822–1834, 2023, doi: 10.35870/jimik.v4i3.415.

I. Safitri, H. W. A. Ningsih, and Hawignyo, “Pengaruh E-Trust dan E-Satisfaction terhadap E-Loyalty ( Studi?: Pengguna Flip . Id ),” J. Ilm. Manaj. DAN BISNIS, vol. 6, no. 2, pp. 457–466, 2023, doi: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19896.

A. S. D. Purnomo and D. D. Ramadani, “Pengaruh manfaat, kemudahan terhadap minat pemakaian Financial Technology pada penggunaan pembayaran digital UMKM di Sumenep,” J. Ilmu-Ilmu Ekon., vol. 14, no. 2, pp. 17–30, 2022, doi: https://doi.org/10.35457/xxx.

E. Prasetyaningrum and S. A. Hilaliyah, “Analisis perilaku adopsi digital marketing pada UMKM menggunakan model UTAUT 3 di era new normal,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 226–233, 2022, doi: 10.37859/coscitech.v3i2.3955.

L. Zulaikah, W. Puspitasari, and L. Septiningrum, “Evaluasi kesuksesan implementasi SAP di masa pandemi Covid-19 menggunakan model UTAUT 3 pada PT. KAI,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 1, pp. 242–253, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i1.3278.

M. A. Fahmi, F. Nisa, R. Sukmadewi, and Z. I. Hasan, “Acceptance and Use of Live Unpad in Vocational Education Student: Extended Utaut-3 Approach,” J. Teknol. Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 194–222, 2023, [Online]. Available: https://ejournal2.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/160

A. Gunasinghe, J. A. Hamid, A. Khatibi, and S. M. Ferdous Azam, “The viability of UTAUT-3 in understanding the lecturer’s acceptance and use of virtual learning environments,” Int. J. Technol. Enhanc. Learn., vol. 12, no. 4, pp. 458–481, 2020, doi: 10.1504/IJTEL.2020.110056.

A. D. Puspitasari and D. F. Suyatno, “Analisis tingkat penerimaan penerapan aplikasi Flip menggunakan metode Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology 2 ( UTAUT2 ),” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 04, no. 03, pp. 1–8, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/54176

R. M. Ramdani, U. Sumarwan, and I. Hermadi, “Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sikap pengguna aset digital non-fungible token berbasis blockchain pada komunitas NFT Indonesia,” J. Manaj. dan Organ., vol. 14, no. 3, pp. 268–286, 2023, doi: 10.29244/jmo.v14i3.46793.

A. Inzaghi and A. Priyono, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi mobile payment?: memperluas model meta-UTAUT dengan faktor personal innovativeness , anxiety , trust , dan grievance redressal,” Sel. Manaj. J. Mhs. Bisnis Manaj., vol. 01, no. 02, pp. 186–205, 2022, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24777

N. F. Julyazti, M. F. Alfarisi, and F. Adrianto, “Pengaruh behavioral intention dan user behavioral terhadap gender sebagai variabel moderasi,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 187–197, 2023, doi: 10.37034/infeb.v5i1.220.

S. Sutanto, I. Ghozali, and R. S. Handayani, “Faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan penggunaan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (Sipkd) dalam perspektif the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (Utaut 2) di Kabupaten Semarang,” J. Akunt. Dan Audit., vol. 15, no. 1, pp. 37–68, 2018, doi: 10.14710/jaa.15.1.37-68.

M. K. Sandy, N. Dalimunthe, and E. Saputra, “Analisa penerimaan mahasiswa terhadap sistem informasi kuliah online menggunakan metode UTAUT pada kampus UMRI,” Indones. J. Inform. Res. Softw. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 59–66, 2022, doi: 10.57152/ijirse.v2i1.236.

S. R. Supriyanto, D. Rolliawati, and N. Yalina, “Evaluasi penerimaan modul kepegawaian SIESTA menggunakan model UTAUT 2,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 11–20, 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i1.1989.

N. W. D. M. Y. Pertiwi and D. Ariyanto, “Penerapan model UTAUT 2 untuk menjelaskan minat dan perilaku penggunaan Mobile Banking di Kota Denpasar,” E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, vol. 18, no. 2, pp. 1369–1397, 2017, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/25548

H. Donan, E. S. Negara, T. Sutabri, and F. Firdaus, “Analysis of Behavioral Use of Academic Information Systems with the Implementation of UTAUT 2 Integration at the Muhammadi-Palembang Institute of Health Science and Technology,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 12, no. 3, pp. 462–470, 2023, doi: 10.32736/sisfokom.v12i3.1978.

H. A. Widyanto, K. A. Kusumawardani, and A. Septyawanda, “Encouraging behavioral intention to use mobile payment: an extension of UTAUT 2,” J. Muara Ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 87–97, 2020, doi: 10.24912/jmieb.v4i1.7584.

A. Amid and R. Din, “Acceptance and use of massive open online courses: extending UTAUT 2 with personal innovativeness,” J. Pers. Learn., vol. 4, no. 1, pp. 57–66, 2021, [Online]. Available: https://spaj.ukm.my/jplearning/index.php/jplearning/article/view/165

L. K. Wardana, “Analisis adopsi teknologi layanan digital banking dengan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 3 ( Utaut-3 ) pada studi kasus PT Bank Raya Indonesia Tbk.,” JEISBI J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 04, no. 03, pp. 73–82, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/54241

A. Andrianto, “Faktor yang mempengaruhi behavior intention untuk penggunaan aplikasi dompet digital menggunakan model UTAUT 2,” J. Ilm. Ekon. Bisnis, vol. 25, no. 2, pp. 111–122, 2020, doi: 10.35760/eb.2020.v25i2.2412.

A. M. Musyaff, D. A. P. Sari, and D. K. Respati, “Understanding of digital payment usage during COVID-19 pandemic: a study of UTAUT extension model in Indonesia,” J. Asian Financ. Econ. Bus., vol. 8, no. 6, pp. 475–482, 2021, doi: 10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.0475.

Downloads

Published

2024-04-05