Perbandingan Efisiensi Proses CI/CD Multi-Lingkungan melalui Implementasi Paralel dan Berurutan

Efficiency Comparison of Multi-Environment CI/CD Processes Through Parallel and Sequential Implementations

Authors

  • Andreas Dimas Setyoko Bina Nusantara University
  • Amalia Zahra Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1334

Keywords:

Aplikasi Mobile, Continuous Deployment, Continuous Integration, Kompilasi, Otomatis

Abstract

Penelitian ini mengatasi masalah pengembangan aplikasi di PT. Astra International Tbk. dengan menggunakan sistem otomatis Continuous Integration/Continuous Deployment (CI/CD). Astra saat ini menghadapi masalah kompilasi dan distribusi yang dilakukan secara manual dimana proses yang dilakukan memakan waktu yang lama dan seringkali terjadi kesalahan konfigurasi terlebih terdapat berbagai macam environment dalam tiap aplikasi. Solusi yang diusulkan adalah implementasi CI/CD untuk otomatisasi proses kompilasi dan distribusi untuk setiap environment aplikasi. CI/CD adalah salah satu praktik DevOps yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak menjadi lebih terorganisir. Dengan memanfaatkan CI/CD, tim pengembang dapat merasakan manfaat dari proses kompilasi dan distribusi aplikasi yang lebih cepat. Penelitian ini membandingkan implementasi CI/CD berurutan dengan CI/CD paralel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CI/CD berurutan dapat mengurangi waktu yang diperlukan sebesar 33% dari proses manual, sedangkan CI/CD paralel dapat mengurangi waktu yang diperlukan sebesar 79% dari proses manual.

References

Tohirin, S. F. Utam, S. R. Widianto dan W. A. Mauludyansah, “Implementasi DevOps pada Pengembangan Aplikasi e-Skrining Covid-19,” 2020.

Jaeni, A. D. L. dan N. A. S., “Implementasi Continuous Integration / Continuous Delivery (CI/CD) Pada Performance Testing Devops,” 2022.

K.Janani, K.Anuhya, V.L.Manaswini, V.Likitha, B.Suneetha dan T.Vignesh, “Analysis of CI/CD Application in Kubernetes Architecture,” 2022.

I.-C. Donca, O. P. Stan, M. Misaros, D. Gota dan L. Miclea, “Method for continuous integration and deployment using a pipeline generator for agile software projects,” 2022.

Alexander, “Rancang Bangun Sistem Continuous Integration Pipeline Menggunakan Jenkins Di PT. Emporia Digital Raya,” 2022.

M. Abdurrahman, “Implementasi Sistem Continuous Integration Dan Continuous Deployment (CI/CD) Pada Proyek Perangkat Lunak Mahasiswa,” (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada), 2020.

L. N. Ba, “Enterprise-grade CI/CD Pipeline For Mobile Development,” 2022.

I. Karamitsos, S. Albarhami dan C. Apostolopoulos, “Applying DevOps Practices of Continuous Automation for Machine Learning,” 2020.

R. Wijaya, A. Prasetyo dan D. Wahyuningsih, “Implementasi CI/CD Untuk Build dan Deploy Website Dengan Docker Runner Pada Organisasi Belajar Linux ID,” 2021.

B. Permadi, “DevSecOps Support on Continuous Integration Deployment of TRAC Applications for Mobile iOS and Android with Continuous Integration Method,” 2021.

D. Wijayanto, A. Firdonsyah dan F. D. Adhinata, “Implementasi Continous Integration / Continous Delivery Menggunakan Process Manager 2,” 2021.

A. Alpery dan M. A. F. Ridha, “Implementasi Ci/cd Dalam Pengembangan Aplikasi Web Menggunakan Docker Dan Jenkins,” 2021.

R. Adrian, A. K. Fauziyyah dan S. Alam, “Optimasi Kecepatan Continuous Integration/ Continuous Delivery pada Otomatisasi Jaringan berbasis Grey Wolf Optimizer,” 2022.

D. Enda, Supria, I. Yulia, M. F. Amirul dan M. F. Asyrofi, “Penerapan Continuous Integration(CI) Pada Aplikasi Web Profil Karang Taruna (Studi Kasus : Karang Taruna Kabupaten Bengkalis),” 2022.

I. G. Noviantama dan A. P. Wahyu, “Implementasi Contionous Integration Dan Continous Deployment Pada Aplikasi Learning Management System Di PT. Millennia Solusi Informatika,” 2021.

H. E. Wahanani, W. S. J. Saputra dan B. H. V. Wahono, “Perancangan Infrastruktur Server VCS (Version Control System) Dengan Gitlab Berbasis Git,” 2019.

H. Toba, T. K. Gautama, J. Narabel, A. Widjaja dan S. F. Sujadi, “Evaluasi Metodologi CI/CD untuk Pengembangan Perangkat Lunak dalam Perkuliahan,” 2022.

A. M. Shama dan D. W. Chandra, “Implementasi Static Application Security Testing Menggunakan Jenkins CI/CD Berbasis Docker Container Pada PT. Emporia Digital Raya,” 2021.

A. D. Pertiwi, “Sistem Informasi Jasa Laundry Pada Laundry Denok Berbasis Web Menggunakan Metode System Development Life Cycle (SDLC),” 2020.

M. Ridwan, I. Fitri dan Benrahman, “Rancang Bangun Marketplace Berbasis Website menggunakan Metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan Model Waterfall,” 2021.

R. R. Illahi, N. N. Anwari dan A. Primajaya, “Tingkat Keefektifan Pengembangan Sistem Informasi Dalam Era Revolusi Industri 4.0,” 2022.

A. Farid dan I. G. Anugrah, “Implementasi CI/CD Pipeline Pada Framework Androbase Menggunakan Jenkins (Studi Kasus: PT. Andromedia),” 2021.

T. N. Fajarotun, “Analisa Dan Pengembangan Private Cloud Computing Berbasis Infrastructure As A Service (IAAS) Pada Sman 1 Metro,” 2020.

Y. F. Aladina, A. Bhawiyuga, R. A. Siregar dan P. H. Trisnawan, “Penerapan Mekanisme Continuous Deployment dalam Pengembangan dan Pembaruan Perangkat Lunak Sistem Benam Berbasis Internet of Things,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2022.

T. Rangnau, R. v. Buijtenen, F. Fransen dan F. Turkmen, “Continuous Security Testing: A Case Study on Integrating Dynamic Security Testing Tools in CI/CD Pipelines,” 2020 IEEE 24th International Enterprise Distributed Object Computing Conference (EDOC), pp. 145-154, 2020.

R. A. Parama, H. Studiawan dan R. J. Akbar, “IMPLEMENTASI CONTINUOUS INTEGRATION DAN CONTINUOUS DELIVERY PADA APLIKASI MYITS SINGLE SIGN ON,” Jurnal Teknik ITS, pp. A264-A269, 2022.

L. Andraini, “Pengimplementasian Devops Pada Sistem Tertanam Dengan ESP8266 Menggunakan Mekanisme Over The Air,” 2022.

V. Dakic, J. Redzepagic dan M. Basic, “CI/CD toolset security,” Proceedings of the 32nd DAAAM International Symposium, ISSN, pp. 1726-9679, 2022.

R. Agrawal dan N. Pandey, “Strategies for Developing and Deploying Enterprise-Level Mobile Applications on a Large Scale: A Comprehensive Analysis,” International Journal of Enhanced Research in Management & Computer Applications, 2020.

J. Maytanius, Leonardo, H. Wahyudi, Kelvin, R. Lim dan Benny, “Analisis Manajemen Operasional Perusahaan Astra International,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , vol. 4, no. 2, pp. 1553-1557, 2023.

Downloads

Published

2024-05-25