Penerapan Algoritma Apriori untuk Penentuan Pola Pembelian Kacamata pada Optik Indah Optikal

Application of an Apriori Algorithm to Determine Eyeglass Purchasing Patterns at Optik Indah Optik

Authors

  • Hafidh Dwika Oktory Universitas Riau
  • T. Yudi Hadiwandra Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i4.1353

Keywords:

Algoritma Apriori, Kacamata, Pola Pembelian, Transaksi

Abstract

Toko optik Indah Optikal terletak di Perawang Kabupaten Siak, Riau ini menjual berbagai kacamata dan lensa kacamata dengan harga, merek, jenis dan kualitas yang berbeda. Terjadinya transaksi penjualan kacamata pada optik indah optikal, artinya data transaksi perusahaan akan bertambah. Jika dibiarkan, data penjualan kacamata akan menjadi sampah yang tidak ada artinya. Berkat kemajuan teknologi, kemampuan mengumpulkan dan mengolah data terus meningkat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik algoritma Apriori pada Optik Indah Optikal untuk mengidentifikasi pola pembelian kacamata yang paling umum terjadi di toko. Perhitungan pola asosiasi dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu minimum support sebesar 4% dan minimum confidence sebesar 5%. Hasil pengujian yang diperoleh pada pengujian tingkat akurasi bersama dengan perhitungan lift ratio memberikan aturan kombinasi produk yang dapat digunakan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dengan menyusun paket itemset produk untuk dibeli oleh konsumen secara bersamaan. Pola atau aturan yang ditetapkan membantu konsumen menentukan produk mana yang mereka inginkan atau produk utama mana yang diminati konsumen. jika nilai minimum nilai support adalah 4% dan minimum nilai confidence adalah 5% maka aturan rule yang terbentuk adalah 76 rule. Dari rule yang terbentuk aturan pasangan item dengan nilai support 4%, confidence 5%.

References

Achmad, H., Sabur, V. F., Pritasari, A., & Reinaldo, H. (2016). Data Mining and Sharing to Create Usable Knowledge, Implementation in Small Business in Indonesia. Sains Humanika, 8(1–2), 69–75. https://doi.org/10.11113/sh.v8n1-2.834

Amri, M. A., & Ningsih, S. W. (2021). Penerapan Data Mining Penjualan Alat Tulis Kantor Menggunakan Algoritma Apriori Di Tiga Balata. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 2(3), 138– 146.

Anggraini, D., Putri, S. A., & Utami, L. A. (2020). Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Penjualan Mobil Yang Paling Diminati Pada Honda Permata Serpong. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(2), 302–308. https://doi.org/10.30865/mib.v4i2.1496

Aulia, N., Indra, & Nur, N. (2021). Implementasi Data Mining menggunakan Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Pembelian Obat di Rumah Sakit. Journal of Computer and Information System ( J-CIS ), 4(2), 19–29. https://doi.org/10.31605/jcis.v4i2.1259

Barkah, N., Sutinah, E., & Agustina, N. (2020). Metode Asosiasi Data Mining Untuk Analisa Persediaan Fiber Optik Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3). https://doi.org/10.31599/jki.v20i3.288

Falak, F. N., Narti, N., & Fatmawati, F. (2022). Implementasi Metode Apriori Dalam Menentukan Produk Terlaris. EVOLUSI: Jurnal Sains Dan Manajemen, 10(2).

Hartati, M. (2022). Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Toko Baju. Prodi Sistem Informasi.

Hartono, M., & Sianturi, F. A. (2021). Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Darma Utama Fashion). Jurnal Media Informatika, 3(1), 71–78.

Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & Eka, F. (2018). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro). JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 9(2). https://doi.org/10.15408/jti.v9i2.5602

Lubis, A,E. Hasugian, P, M. (2019). Implementation Of Data Mining On Suzuki Motorcycle Sales In Gemilang Motor Prosperous With Apriori Algorithm Method. Journal of Computer Networks, Architecture and High Performance Computing, 23-29.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Nasrah, T., Nasution, K., & Sulaiman, O. K. (2021). Penerapan Algoritma Apriori Pada Penjualan Kopi Arabica. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 118–124.

Oktariani, H. (2020). Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Toko Cha Cha Mart. Prodi Sistem Informasi.

Oktaviani, A., Napitupul, G. T., Sarkawi, D., & Yulianti, I. (2019). Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Riset Informatika, 1(4), 167–172.

Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 2(2).

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur & Berorientasi Objek). Modula.

Safii, M., & Trydillah, A. (2019). Implementasi Data Mining Dalam Menentukan Pola Pembelian Obat Dengan Metode Algoritma Apriori. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(1), 66–71.

Sihombing, O. Simamora,V. Leo, V. Marpaung, P. (2022). Implementation of The Apriori Algorithm Method to Analyze the Pattern of Motorcycle Sales at PT. Alpha Scorpio. Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, 139-143.

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. Anak Hebat Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-31