Pengelompokan Kabupaten dan Kota Provinsi Sumatera Utara Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Menggunakan Algoritma K-Means

Clustering of Districts and Cities in North Sumatra Province Based on People's Welfare Indicators Using K-Means Algorithm

Authors

  • Yustina Lentiana Dakhi Universitas Pamulang
  • Besse Arnawisuda Ningsi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1381

Keywords:

Kesejahteraan Rakyat, K-Means, Pengelompokan, Silhouette Index, Sumatera Utara

Abstract

Kesejahteraan rakyat merupakan tujuan utama negara Indonesia yang diabadikan dalam UUD 1945 dan sila kelima Pancasila. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara pulau Sumatera. Di pulau tersebut memiliki 33 kabupaten/kota, terdiri dari 25 prefektur dan 8 kota. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil pengelompokan Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat menggunakan metode k-means cluster. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, tarif dan pola konsumsi dan kemiskinan.  Hasil penelitian dalam pengelompokan karakteristik klaster yang terbentuk berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat adalah Klaster 1 terdiri dari Tapanuli Utara, Toba Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Samosir, Nias Barat. Dan Klaster 2 terdiri dari Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Labuhan Batu, Asahan, Simalungun, Karo, Deli Serdang, Langkat, Nias Selatan, Serdang Bedagai, Batu Bara, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Nias Utara, Tanjungbalai, Gunungsitoli Klaster 3 terdiri dari Sibolga, Pematangsiantar, Tebing Tinggi, Medan, Binjai, Padangsidimpuan. Sedangkan Klaster 4 terdiri dari Nias. Kesimpulan penelitian ini adalah dapat dilihat dari hasil pengujian Silhouette Index menunjukkan bahwa pembentuk 4 Klaster memiliki nilai keakuratan terbaik dibanding dengan pembentukan 2 klaster dan pembentukan 3 kalster.

References

R. Raidani, “PENINGKATAN PENYEBARAN KESEJAHTERAAN RAKYAT UNTUK PENGELOMPOKAN KOTA MEDAN,” J. Badan Pengemb. Dan Penelit., vol. 10, no. 2, pp. 5–8, 2022.

A. Rahman, “Identifikasi Strategi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Sungaiambawang Kabupaten Kuburaya Provinsi Kalimantan Barat,” J. Manaj. Pembang., pp. 17–36, 2018.

E. Manita, M. Mawarpury, M. Khairani, and K. Sari, “Hubungan stres dan kesejahteraan (well-being) dengan moderasi kebersyukuran,” Gadjah Mada J. Psychol., vol. 5, no. 2, pp. 178–186, 2019.

L. V. Gorahe, F. Waani, and F. Tasik, “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Dalako Bembanehe Kecamatan Tatoareng Kabupaten Kepulauan Sangihe,” J. Eksek., vol. 1, no. 1, 2021.

B. S. Utara, Keadaan Ketenagakerjaan AGustus 2013. Badan Pusat Statistik, 2013.

S. A. Nappoe and M. F. Kurniawan, “Evaluasi Capaian Pemerataan Layanan Kesehatan yang Berkeadilan di Era JKN di Provinsi Nusa Tenggara Timur”.

P. D. S. Utara, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Sumatera Utara. Sumatera Utara: Pemerintah Daerah Sumatera Utara, 2021. [Online]. Available: https://sumutprov.go.id/artikel/halaman/rpjmd

K. H. Hidayatullah and others, “Analisis klaster untuk pengelompokan kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat,” J. Stat. Univ. Muhammadiyah Semarang, vol. 2, no. 1, 2014.

BPS, Profil Kemiskinan Provinsi Sumatera Utara Maret 2023, vol. 4. BPS Provinsi Sumatera Utara, 2023.

BPS, Laporan Makro Sosial ekonomi Provinsi Sumatera Utara. BPS Provinsi Sumatera Utara, 2023.

F. Gorunescu, Data Mining: Concepts, models and techniques, vol. 12. Springer Science & Business Media, 2011.

M. Rosyidi and I. Isnurani, “Analisis Klaster Metode K-Means Dalam Pengelompokan Kecamatan Di Kabupaten Brebes Berdasarkan Faktor-Faktor Produksi Bawang Merah,” Mathvision J. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 16–21, 2023, [Online]. Available: http://journal.unirow.ac.id/index.php/mv/issue/view/103

Anggi Dwi Lestari, “Analisis Multivariat Clustering K-Means Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2017 Dengan Bantuan Software SPSS,” 2018, [Online]. Available: http://lib.unnes.ac.id/36913/

M. Tadi and B. A. Ningsi, “ANALISIS KLASTER KEMISKINAN KABUPATEN KOTA DI PROVINSI BANTEN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS,” J. Lebesgue J. Ilm. Pendidik. Mat. Mat. dan Stat., vol. 4, no. 1, pp. 374–385, 2023.

R. Rasimin, “Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Kualitatif.” Mitra Cendikia, 2018.

Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.” Alfabeta, Bandung, 2017.

S. Santoso, “Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Edisi revisi,” Jakarta PT. Elex Media Comput., 2014.

BPS, Indikator Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumatera Utara 2022. BPS Provinsi Sumatera Utara, 2022.

W. Hardle, L. Simar, and others, “Applied multivariate statistical analysis,” 2003.

H. Jiawei and K. Micheline, Data mining: concepts and techniques. Morgan kaufmann, 2006.

P. U. Gio, “Belajar Statistika dengan R,” 2018.

F. Murtagh and A. Heck, Multivariate data analysis, vol. 131. Springer Science & Business Media, 2012.

E. Prasetyo, “DATA MINING Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. In penerbit andi.” 2014.

I. Ghozali, “Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23,” 2016.

Downloads

Published

2024-06-20