Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Maxim dengan Menggunakan Model End-User Computing Satisfaction (EUCS)
User Satisfaction Analysis of the Maxim Application using Model End User Computing Satisfaction (EUCS)
DOI:
https://doi.org/10.57152/malcom.v4i4.1423Keywords:
EUCS, Kepuasan, Maxim, Pengguna, SmartPLS, TAMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Maxim menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) dan model TAM. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengumpulkan data dari 108 responden yang mewakili populasi pengguna aplikasi Maxim di kota Palembang. Proses pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada masyarakat pengguna aplikasi Maxim di Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Metode pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realbilitas, dan uji hipotesis yang diolah dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil dari pengujian hipotesis terdapat 5 variabel yang tidak berpengaruh yaitu accuracy, format, timeliness, ease of use, content dan 1 variabel yang berpengaruh yaitu perceived of usefulness. Dari hasil analisis korelasi diperoleh R2 sebesar 0,878 menunjukan bahwa variabel satisfaction dapat dijelaskan oleh variabel content, accuracy, format, ease of use, perceived of usefulness dan timeliness sebesar 87,8 %. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk meningkatkan kualitas pelayanan aplikasi Maxim dan meningkatkan tingkat kepuasan pengguna.
References
A. Budi Pratomo, M. A. Kurnia Harahap, T. Oswari, P. M. Akhirianto, and A. Widarman, “The Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) to Analyze the Satisfaction of MyPertamina User,” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 78–83, 2023, doi: 10.37034/jsisfotek.v5i1.205.
Farhatun Nisaul Ahadiyah, “Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” INTERDISIPLIN J. Qual. Quant. Res., vol. 1, no. 1, pp. 41–49, 2023, doi: 10.61166/interdisiplin.v1i1.5.
LESLY R. KROME, “A Review of Zoom Utilization in Higher Education During the COVID-19 Pandemic,” Educ. Think., vol. 1, no. 1, 2021.
R. Novializa, F. Rini, and I. Irsyadunas, “Analisis Tingkat Kepuasan Dengan Metode EUCS Pada Mahasiswa Pengguna E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 8, no. 2, p. 213, 2022, doi: 10.24036/jtev.v8i2.116699.
M. Ariandi and D. Marsolina, “Analisis Kepuasan Driver Terhadap Aplikasi Maxim Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 10, no. 2, p. 412, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i2.5819.
R. Tahir et al., Transformasi Bisnis di Era Digital (Teknologi Informasi dalam Mendukung Transformasi Bisnis di Era Digital), no. August. 2023.
N. Nopalia and D. Dalilah, “Analisis Kepuasan Pelayanan Aplikasi Maxim Pada Pengguna Mahasiswa Di Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Pgri Silampari Menggunakan Metode Servqual,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 7, no. 2, pp. 167–174, 2022, doi: 10.32767/jusim.v7i2.1866.
A. Gormantara, “Evaluation of the Success of the Academic Information System (SIAMIK) with the DeLone and McLean Model,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 15, no. 2, pp. 2023–99, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.24036/tip.v15i2
N. A. O. Saputri and A. Alvin, “Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 154–162, 2020, doi: 10.33557/journalisi.v2i1.43.
N. Saputri, F. S. Lubis, and M. Rizki, “Iraise Satisfaction Analysis Use The End User Computing Satisfaction (EUCS) Method In Department Of Sains And Teknologi UIN Suska Riau,” pp. 1863–1874, 2023, doi: 10.46254/sa03.20220368.
M. A. Hamzah, K. Rini, and M. R. Arief, “ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KAI ACCESS DENGAN MODEL UTAUT PADA PT. KERETA API INDONESIA (Persero) DAOP VI YOGYAKARTA,” NJCA (Nusantara J. Comput. Its Appl., vol. 4, no. 1, pp. 9–14, 2019, doi: 10.36564/njca.v4i1.98.
G. Pujana, I. Made Ardwi Pradnyana, and I. Ketut Resika Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2023, [Online]. Available: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
A. Winantu and S. I. Viony, “Analisis Kepuasan Pengguna SIAKAD STMIK El Rahma Dengan Metode EUCS dan IPA,” J. Inform. Komputer, Bisnis dan Manaj., vol. 21, no. 3, pp. 30–42, 2023, doi: 10.61805/fahma.v21i3.7.
N. A. Hidayah, E. Fetrina, and A. Z. Taufan, “Model Satisfaction Users Measurement of Academic Information System Using End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method,” Appl. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 119–123, 2020, doi: 10.15408/aism.v3i2.14516.
M. R. S. Nazwa Aprilliaa, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Gofood Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, pp. 511–520, 2023, doi: https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1053.
W. A. Putera and I. M. Candiasa, “Analysis of e-learning user satisfaction itb stikom bali using end user computing satisfaction (eucs) method,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1810, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1810/1/012017.
N. Suriani, Risnita, and M. S. Jailani, “Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 24–36, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.55.
B. A. R. Tulodo and A. Solichin, “Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.),” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1, pp. 25–43, 2019.
F. Darwati, Lilis, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 2, pp. 34–42, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
S. R. Hartatik and C. Budihartanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Go-jek Dengan Menggunakan Metode TAM,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.30656/prosisko.v7i1.1653.