Simulasi Pemilu untuk Pemilih Pemula Berbasis Mixed Reality
Election Simulation for Beginner Voters Based on Mixed Reality
DOI:
https://doi.org/10.57152/malcom.v4i4.1427Keywords:
Mixed Reality, Pemilih Pemula, Pemilu, Simulasi, Virtual RealityAbstract
Pemilihan umum (pemilu) merupakan salah satu pilar utama dalam sistem demokrasi di Indonesia yang memiliki fungsi sebagai alat untuk melakukan pemilihan yang akan menjadi pemimpin. Partisipasi pemilu pada pemilih pemula menunjukkan angka penurunan, dikarenakan pemilih pemula merasa kesulitan dalam teknis untuk mengikuti pemilihan umum. Maka dari itu, membuat suatu simulasi pemilu yang menggunakan teknologiMixed Reality (MR) yaitu memadukan antara Virtual Reality (AR) dan Augmented Reality (AR). Tujuan dari menggunakan teknologi mixed reality, dapat memberi pengalaman langsung bagi pemilih pemula dalam melaksanakan teknis pemilu. Selain itu meningkatkan antusias pemilih pemula dalam pemilu melalui teknologi. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kualitatif, dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Partisipan dalam penelitian ini merupakan siswa menengah atas kelas 11 dan 12.Simulasi yang akan kembangkan nantinya dapat dijalankan dengan perangkat keras Virtual Reality, kemudian dengan perangkat keras tersebut sensor akan mendeteksi tangan dan area yang akan kita gunakan untuk menampilkan objek 3D, sehingga kita bisamelakukan simulasi pemilu dengan pengalaman lebih interaktif dan menarik bagi pemilih pemula. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para pemilih pemula lebih terbantu untuk memahami teknis pemilu dengan perpaduan teknologi. Agar nantinya angka partisipasi pemilih pemula mengalami kenaikan dan para pemula memiliki pemahaman teknis yang cukup terhadap pemilu.
References
M. Budiardjo, Dasar-dasar ilmu politik. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
N. Rumkel, H. Karianga, and A. Adhyaksa, "PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMILIH PEMULA MENGENAI PEMILIHAN UMUM DI KALANGAN MAHASISWA," Khairun Journal of Advocacy And Legal Services, vol. 1, no. 2, 2023.
S. D. Maarif, "Peran Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024, Bagaimana Idealnya?," Tirto.Id, Sep. 22, 2023.
S. Muhtar et al., "Peran Penting Pemilih Pemula Dalam Pemilu 2024," DEVOSI, vol. 4, no. 2, pp. 145–155, 2023.
I. P. A. D. Hita, I. K. B. Astra, M. Or, and N. M. S. D. Lestari, "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola," Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, vol. 5, no. 2, 2017.
D. Yana and A. Adam, "Efektivitas penggunaan platform lms sebagai media pembelajaran berbasis blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa," Jurnal dimensi, vol. 8, no. 1, pp. 1–12, 2019.
S. Rokhsaritalemi, A. Sadeghi-Niaraki, and S. M. Choi, "A review on mixed reality: Current trends, challenges and prospects," Applied Sciences, vol. 10, no. 2, p. 636, 2020.
A. S. Miyosa, "Penerapan Teknologi Animasi Immersive Mixed Reality di Bidang Penyiaran," in SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), vol. 3, pp. 228–232, 2020.
M. Yusuf, F. Fauziah, and A. Gunaryati, "Teknologi mixed reality pada aplikasi tuntunan shalat maghrib menggunakan algoritma fast corner detection dan lucas kanade," JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 6, no. 1, pp. 82–93, 2021.
A. Damardono and I. A. Kautsar, "Exploration Media of Muhammadiyah University of Sidoarjo with Mixed Reality," JOINCS (Journal of Informatics, Network, and Computer Science), vol. 3, no. 1, pp. 12–16, 2020.
M. Suryaman, D. B. Santoso, and R. Fitriani, "Implementasi Teknologi Mixed Reality Sebagai Inovasi Strategi Pembelajaran Sistem Pembangkit Tenaga Listrik Energi Baru Terbarukan," J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 3, pp. 323–330, 2021.
M. Boeker, P. Andel, W. Vach, and A. Frankenschmidt, "Game-based e-learning is more effective than a conventional instructional method: a randomized controlled trial with third-year medical students," PloS one, vol. 8, no. 12, p. e82328, 2013.
S. Sasmita, "Peran informasi politik terhadap partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu/Pemilukada," Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, vol. 2, no. 1, pp. 217–224, 2011.
M. Boeker, P. Andel, W. Vach, and A. Frankenschmidt, "Game-based e-learning is more effective than a conventional instructional method: a randomized controlled trial with third-year medical students," PloS one, vol. 8, no. 12, p. e82328, 2013.2
A. A. Hussin, "Education 4.0 made simple: Ideas for teaching," International Journal of Education and Literacy Studies, vol. 6, no. 3, pp. 92–98, 2018.
Y. Hendriyani, V. I. Delianti, and L. Mursyida, "Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial," Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, vol. 11, no. 2, pp. 85–88, 2018.
O. A. Yamanta, "TA: Rancang Bangun Aplikasi Administrasi Rawat Jalan Pada Klinik Geo Medika," Doctoral dissertation, Stikom Surabaya, 2016.
R. Asmara, "Sistem informasi pengolahan data penanggulangan bencana pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman," Jurnal J-Click, vol. 147, no. 2, pp. 11–40, 2016.
H. Gusdevi et al., "Pengujian White-Box Pada Aplikasi Debt Manager Berbasis Android," Naratif: Jurnal Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 11–22, 2022.