Implementasi Algoritma K-Means untuk Mengetahui Minat Siswa SMA Terhadap Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Implementation of K-Means Algorithm to Determine the Interest of High School Students in Information Technology Subjects and Communication

Authors

  • Widya Indah Permatasari Universitas Esa Unggul
  • Vitri Tundjungsari Universitas Esa Unggul

Keywords:

Clustering, K-Means, Minat Siswa, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Pada Kurikulum Merdeka, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) diwajibkan mempelajari Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Berdasarkan hasil wawancara di SMAN 1 Tarumajaya menunjukkan adanya masalah dalam proses pembelajaran TIK, di mana siswa merasa terbebani dengan materi yang banyak dan sulit, terutama bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang TI sebelumnya. Selain itu, pada kelas XI, siswa sering kali memilih peminatan yang tidak sesuai dengan minat mereka yang sebenarnya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat siswa terhadap mata pelajaran TIK, dengan menggunakan pendekatan K-Means clustering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma K-Means mampu mengelompokkan siswa berdasarkan minat mereka terhadap mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Terdapat dua kelompok, yaitu kelompok pertama yang terdiri dari 91 siswa yang tidak berminat, dan kelompok kedua yang terdiri dari 123 siswa yang berminat. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat siswa terhadap mata pelajaran TIK lebih dominan dibandingkan dengan siswa yang tidak berminat.

References

E. A. Firdaus, S. Maulani, and A. B. Dharmawan, “PENGUKURAN MINAT BACA MAHASISWA DENGAN METODE CLUSTERING DI PERPUSTAKAAN AKADEMI KEPERAWATAN RS.DUSTIRA CIMAHI MENGGUNAKAN DATA MINING,” J. NUANSA Inform., vol. Volume 15, no. p-ISSN?: 1858-3911, e-ISSN?: 2614-5405, 2021, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

A. Misbahruddin, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Oleh Rumah Tangga Untuk Kehidupan Sehari-Hari,” J. Penelit. Pers dan Komun. Pembang., 2016.

M. Sri, “Implementasi TIK dalam Pembelajaran Mendengarkan di Sekolah Dasar,” J. Teknodika, 2021.

S. N. Arofah and F. Marisa, “Penerapan Data Mining untuk Mengetahui Minat Siswa pada Pelajaran Matematika menggunakan Metode K-Means Clustering,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. Vol. 3, No, no. p-ISSN: 2541-3619 e-ISSN: 2541-6448, 2018, doi: DOI: 10.31328/jointecs.v3i2.787.

R. K. Dinata, Safwandi, N. Hasdyna, and N. Azizah, “Analisis K - Means Clustering pada Data Sepeda Motor,” vol. Vol.5 No.1, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/INFORMAL/article/view/17071

S. Butsianto and N. Saepudin, “Penerapan Data Mining Terhadap Minat Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Dengan Metode K-Means,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Informas, vol. Vol. 3 No., no. P-ISSN 2620-8342 E-ISSN 2621-3052, 2020, [Online]. Available: https://ojs.serambimekkah.ac.id/jnkti/article/view/2008/pdf

D. Gustian and M. S.-Fa. Al, “Data Mining Untuk Melihat Minat Belajar Siswa Menerapkan Metode K-Means,” J. Inf. Syst. Res., vol. Volume 4, no. ISSN 2686-228X (media online), 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/3218

M. H. A. Berutu and M. I. H. Tambunan, “PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA SE-KOTA STABAT,” J. BIOLOKUS, vol. Vol: 1 No., no. p-ISSN: 2621-3702 e-ISSN: 2621-7538, 2018, [Online]. Available: https://www.neliti.com/id/publications/292816/pengaruh-minat-dan-kebiasaan-belajar-terhadap-hasil-belajar-biologi-siswa-sma-se

M. Imron, U. Hasanah, and B. Humaid, “Analysis of Data Mining Using K-Means Clustering Algorithm for Product Grouping,” Int. J. Informatics Inf. Syst., vol. Vol. 3, N, no. ISSN 2579-7069, 2020.

I. Parlina, A. P. Windarto, A. Wanto, and M. R. Lubis, “MEMANFAATKAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MENENTUKAN PEGAWAI YANG LAYAK MENGIKUTI ASESSMENT CENTER UNTUK CLUSTERING PROGRAM SDP,” CESS ( J. o f Comput. Eng. Syst. a nd Sci., vol. Vol. 3 No., no. p-ISSN?:2502-7131 e-ISSN?:2502-714x, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/cess/article/view/8192

A. Sulistiyawati and E. Supriyanto, “Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan,” J. TEKNO KOMPAK, vol. Vol.15, No, no. P-ISSN: 1412-9663, E-ISSN?: 2656-3525, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/view/1162/0

S. Z. Harahap and A. Nastuti, “TEKNIK DATA MINING UNTUK PENENTUAN PAKET HEMAT SEMBAKO DAN KEBUTUHAN HARIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS DI ULFAMART LUBUK ALUNG),” Inform. J. Ilm. Fak. Sains dan Teknol. Univ. Labuha, vol. Vol.7 No.3, no. 2615-1855 (E-ISSN) 2303-2863 (P-ISSN), 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/1381/0

B. M. Metisen and H. L. Sari, “ANALISIS CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE K- MEANS DALAM PENGELOMPOKKAN PENJUALAN PRODUK PADA SWALAYAN FADHILA,” J. Media Infotama, vol. Vol. 11 No, no. ISSN 1858 – 2680, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/258

Yulianti, D. Y. Utami, N. Hikmah, and F. N. Hasan, “PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENGETAHUI MINAT CUSTOMER DI TOKO HIJAB,” J. PILAR Nusa Mandiri, vol. Vol. 15, N, no. P-ISSN: 1978-1946 E-ISSN: 2527-6 514 |, 2019, doi: DOI?: 10.33480/pilar.v15i2. 6 50.

Q. I. Mawarni and E. S. Budi, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Dalam Penilaian Kedisiplinan Siswa,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. Volume 3, no. e-ISSN 2685-998X, 2022, doi: DOI 10.30865/json.v3i4.4242.

S. Oktarian, S. Defit, and Sumijan, “Klasterisasi Penentuan Minat Siswa dalam Pemilihan Sekolah Menggunakan Metode Algoritma K-Means Clustering,” J. Inf. dan Teknol., vol. 20 20 Vol., 2020, [Online]. Available: https://jidt.org/jidt/article/view/65

Irwanto, “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang- Banten),” Lect. J. Pendidik., vol. Vol.12 No., 2021.

A. Nurseptaji, Arey, F. Andini, and Y. Ramdhani, “IMPLEMENTASI METODE WATERFALL PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN,” J. Dialekt. Inform., vol. Vol. 1, No, no. p-ISSN: 2746-2811 e-ISSN: 2774-2148, 2021, doi: DOI: 10.24176/detika.v1i2.6101.

Published

2024-11-24