Analisis Pengembangan Aplikasi Pemesanan Kendaraan dan Paket Wisata Provinsi Yogyakarta Menggunakan Metode Agile Devlopment

Analysis Development of Vehicle Ordering Applications and Tour Packages for Yogyakarta Province Using Methode Agile Devlopment

Authors

  • Nur Ilham Syah Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Arief Hermawan Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i4.1689

Keywords:

Aplikasi, Flutter, Informasi Wisata, Paket Wisata, Pemesanan Kendaraan

Abstract

Teknologi informasi di Indonesia berkembang pesat dengan revolusi 5.0, mendorong penggunaan ponsel untuk akses internet di berbagai sektor karena kepraktisannya. Namun, pengetahuan masyarakat tentang pariwisata, khususnya di Yogyakarta, masih kurang dan seringkali hanya mengandalkan media sosial yang informasinya tidak lengkap. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan media informasi dengan jangkauan luas. Aplikasi ini bertujuan memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat luas. Wisatawan dapat dengan mudah mencari dan memesan kendaraan sesuai kebutuhan serta memilih paket wisata yang mencakup berbagai destinasi menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, analisis kebutuhan, perancangan sistem, dan implementasi sistem. Data diperoleh melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi Pemesanan Kendaraan dan Paket Wisata Provinsi Yogyakarta menggunakan Framework Flutter sehingga masyarakat dapat melakukan pemesanan sesuai keinginan dan pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai pilihan. Hasil user acceptance test rata-rata user yang memilih setuju sebesar (24/40; 60%) sedangkan yang memilih sangat setuju sebesar (16/40; 40%).

References

Octaviano, D., & Ery Kurniawati, Y. (2022). Pengembangan Aplikasi Open Trip Berbasis Web Studi Kasus Perusahaan Uneetha Tour and Travel. Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis, 8(2).

Ananto Prastyo, Mursalim, & Achsin Samas. (2024). Rancang Bangun Sistem Aplikasi Travel Berbasis Web Pada Nomads Trans. Universitas Selamat Sri, 3(1), 24.

Kristiana, I. Y., & Kurniawan, C. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Travel Booking Berbasis Android Pada Transwisata Travelindo Tour And Travel Malang. Informatika, 3.

Delina, E., Zulkifli, A., Sabna, E., Mardeni, & Yulisman. (2024). APLIKASI PEMESANAN PAKET UMROH BERBASIS MOBILE PADA ANNAJWA ISLAMIC TOUR & TRAVEL RIAU DI PEKANBARU. Sistem Informasi & Teknik Informatika, 10(1), 21–37.

Arief Herdiansah & Desi. (2022). PEMANFAATAN FLUTTER PADA PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE EBISNIS PENYEDIAAN BAHAN BAKU BISNIS KATERING. Jurnal Teknoinfo 16.

Nuari, N. (n.d.). PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN MOBILE INFORMASI ADMINISTRASI AKADEMIK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN WEBSERVICE (STUDI KASUS REG.B UNIVERSITAS TANJUNGPURA).

Septian Putra, G., & Suwandi, H. (2024). PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI JASA TOUR TRAVEL PADA CV. MUTIARA JAYA BERBASIS WEB. Jurnal Informatika, 3(1).

Syaiful Anwar, F. E. (2018, Februari). PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BAHASA SUNDA UNTUK ANAK–ANAK METODE ADDIE. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer,6.

Ammirato, S., Felicetti, A.M., Linzalone, R. and Carlucci, D. (2022), "Digital business models in cultural tourism", International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, Vol. 28 No. 8, pp. 1940-1961. https://doi.org/10.1108/IJEBR-01-2021-0070

E. A. W. Sanad, “Pemanfaatan Realtime Database di Platform Firebase Pada Aplikasi E-Tourism Kabupaten Nabire.,” 2019.

M. H. Abdurrohman, D. Setiawan, and L. Trisnawati, “Model Rancangan Aplikasi Promosi Usaha Rempah Menggunakan Design Thinking,” vol. 5, no. 1, pp. 29–36, 2021.

A. S. Diding Kusnady, S.Pd, MM, “Sistem Informasi Biaya Pendidikan ( BPP ) pada Politeknik Ganesha Medan Berbasis Web. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan,” 2018, [Online]. Available: Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan, 1(1), 9?13

Awaluddin, R. ., & Maulana, Y. . (2020). Strategi Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Produk Umkm Dan Wisata Berbasis Digital Business Di Desa Cihirup, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 38-47. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.5

A. L. Kalua, “Penerapan Extreme Programming Pada Sistem Informasi Keuangan Sekolah Berbasis Website,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2022, doi: 10.58602/jima-ilkom.v1i2.10.

S. D. Riskiono, T. Susanto, and K. Kristianto, “Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, p. 199, 2020, doi: 10.24114/cess.v5i2.18053.

M. Anisa and N. Rofiq, “OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science PERANCANGAN GAME EDUKASI PETUALANGAN ANAK PRAMUKA DENGAN MENGGUNAAN SCIRRA CONSTRUCT 3”, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

D. A. Fauzy, I. Iskandar, J. Rahmadhan, and R. Priambodo, “Aplikasi Bengkel Motor Dengan Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 1, pp. 89–96, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i1.783.

S. Boukhary and E. Colmenares, "A Clean Approach to Flutter Development through the Flutter Clean Architecture Package," 2019 International Conference on Computational Science and Computational Intelligence (CSCI), Las Vegas, NV, USA, 2019, pp. 1115-1120, doi: 10.1109/CSCI49370.2019.00211.

Santoso, S., Surjawan, D.J. and Handoyo, E.D. 2020. Pengembangan Sistem Informasi Tukar Barang Untuk Pemanfaatan Barang Tidak Terpakai dengan Flutter Framework. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 6, 3 (Dec. 2020). DOI:https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i3.3071.

Downloads

Published

2024-10-17