Implementasi Metode Prototyping untuk Aplikasi Ujian Online Berbasis Android Menggunakan Firebase

Implementation of Prototyping Method for Online Exam Application Based on Android Using Firebase

Authors

  • Abdul Basith Mabruri Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Fadil Indra Sanjaya Universitas Teknologi Yogyakarta

Keywords:

Aplikasi Ujian Online, Android, Firebase, Prototyping

Abstract

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Krandan menghadapi beberapa kendala signifikan dalam pelaksanaan ujian konvensional, diantaranya waktu koreksi yang sangat lama dan biaya operasional yang cukup tinggi. Untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut, sebuah aplikasi ujian online berbasis Android dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin di Android Studio. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi Firebase untuk mendukung pengelolaan dan penyimpanan data secara lebih efisien dan terpusat. Pada penelitian ini, metode prototyping digunakan untuk pengembangan sistem. Sementara itu, pengujian menggunakan BlackBox Testing digunakan untuk mengetahui apabila ada kesalahan kinerja pada sistem. Beberapa fitur penting yang disertakan dalam aplikasi ini meliputi login pengguna yang aman, manajemen soal ujian yang fleksibel, penggunaan logika selesai ujian ketika waktu habis yang memperkecil kecurangan, serta sistem koreksi otomatis yang mempercepat penilaian hasil ujian. Pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini tidak hanya mempermudah proses koreksi secara cepat, tetapi juga berhasil menekan biaya operasional ujian secara drastis. Respons dari guru dan siswa di SDN Krandan sangat positif, karena aplikasi ini mempermudah proses pelaksanaan ujian serta memberikan penilaian yang lebih cepat, akurat, dan transparan. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan proses ujian di SDN Krandan menjadi lebih efisien dan efektif, serta mampu meningkatkan kualitas penyelenggaraan ujian secara keseluruhan di sekolah tersebut dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

References

A. Marista, U. H. Salsabila, M. Wafiq, P. R. Anindya, and M. A. Ma’shum, “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 18, no. 2, pp. 91–100, 2021, doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Y. R. Agustina and M. Istan, “Ujian Akhir Madrasah Berbasis Android?: Inovasi Mengatasi Minimnya Media Komputer MIN 1 Lebong,” AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 93–116, 2020, doi: 10.29240/jpd.v4i2.1765.

I. P. Wibowo, “Implementasi Framework Codeigniter Dalam Membangun Aplikasi Ujian Online Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype (Studi Kasus?: SD Negeri Kembangarum 01 Kota Semarang),” 2023, doi: https://eskripsi.usm.ac.id/detail-G21A-1195.html.

Khairun Nisa Meiah Ngafidin, A. Arista, and R. Nisa Sofia Amriza, “Implementasi Firebase Realtime Database pada Aplikasi FeedbackMe sebagai Penghubung Guru dan Orang Tua,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 2, pp. 327–334, 2021, doi: 10.29207/resti.v5i2.2909.

D. D. A. Suprapto, “Aplikasi Smart Entrance Exam Berbasis Android dengan Algoritma Fisher-Yates,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 1, p. 25, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i1.42416.

B. Ismanto, D. J. Saut HS, and N. Amalia, “Pengembangan Prototype Aplikasi Notifikasi Jadwal Ujian Berbasis Android,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 7, no. 2, pp. 147–155, 2022, doi: 10.36341/rabit.v7i2.2459.

D. F. Saefudin, Y. Komalasari, and E. Maesyari, “Rancang Bangun Aplikasi Ujian Online Studi Kasus?: Smk 1 Pgri Cikampek,” J. Teknol. dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 14–29, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.36378/jtos.v3i1.529.

A. Wathon, “Peran Perangkat Lunak Bagi Efektifitas Administrasi Lembaga,” OJS open J. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 96–117, 2021, doi: https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/120.

E. Sundari, “Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern,” Sindoro Cendekia Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 50–54, 2024, doi: https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3325.

M. F. Kalahatu, “Persepsi peserta pelatihan dasar terhadap penggunaan quizizz sebagai metode evaluasi pembelajaran,” Akad. J. Teknol. Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 163–178, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228.

W. Samsudi and Hosaini, “Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0,” Edukais J. Pemikir. Keislam., vol. 4, no. 2, pp. 120–125, 2020, doi: ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukais/article/download/49/477.

A. Situmorang, “Aplikasi Psikotes Online Untuk Penyaringan Calon Karyawan Di Pt Rapid Teknologi Indonesia,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 5, no. 3, pp. 171–176, 2022, doi: 10.33387/jiko.

R. Aditya, V. H. Pranatawijaya, and P. B. A. A. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype,” JOINTECOMS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 47–57, 2021, doi: https://e-journal.upr.ac.id/index.php/jcoms/article/view/2955.

Z. Ramdhan and F. Angelia, “Mengoptimalkan Pengembangan Aplikasi Mobile Melalui Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, Mobile-D, Agile, Rad),” J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 13–19, 2023, doi: https://doi.org/10.36815/submit.v3i2.2993.

Hendra and R. P. Kristianto, “Pengujian Aplikasi Game Puzzle Indonesia Berbasis Android Dengan Teknik Black-Box Testing,” INFOTECH J. Technol. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2024, doi: https://doi.org/10.37365/jti.v10i1.224.

F. A. Alviansyah, “Implementasi Dynamic Application Security Testing Pada Aplikasi Berbasis Android,” Universitas Islam Indonesia, 2020, doi: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/17387.

I. F. Maulana, “Penerapan Firebase Realtime Database pada Aplikasi E-Tilang,” J. Resti Rekayasa Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 10, pp. 4–9, 2021, doi: https://doi.org/10.29207/resti.v4i5.2232.

A. Satriadi and Supriyatna, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce untuk UMKM Konveksi,” Mars J. Tek. Mesin, Ind. Elektro Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, pp. 153–164, 2024, doi: https://doi.org/10.61132/mars.v2i3.153.

R. E. Krisito, Musnaini, A. Fazri, and W. Khotib, “Pengaruh Promosi Gratis Ongkir dan Countdown Time terhadap Impulse Buying pada Aplikasi Shopee,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 3, pp. 18140–18153, 2024, doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12706.

M. R. R. Susanto, H. Thamrin, and N. A. Verdikha, “Performance Of Text Similarity Algorithms For Essay Answer Scoring In Online Examinations,” JUTIF J. Tek. Inform., vol. 4, no. 6, pp. 1515–1521, 2023, doi: https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.6.1025.

A. M. Lopez, S. Segura, and A. R. Cortes, “RESTest: automated black-box testing of RESTful web APIs,” Proc. 30th ACM SIGSOFT Int. Symp. Softw. Test. Anal., vol. 10, no. 1145/3460319.3469082, pp. 682–685, 2021, doi: https://doi.org/10.1145/3460319.3469082.

F. Halawa and A. Saifudin, “Pengujian Fungsionalitas Aplikasi Kasir Berbasis Web dengan Metode Blackbox,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 2, no. 6, pp. 1780–1787, 2023, doi: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/3104.

N. Putri, N. A. Prabowo, and R. A. Widyanto, “Implementasi Metode Prototyping pada Perancangan Aplikasi Electronic Ticket ( E-Ticket ) berbasis Android,” J. Komtika (Komputasi dan Inform., vol. 3, no. 2, pp. 63–69, 2019, doi: https://doi.org/10.31603/komtika.v3i2.3474.

M. Alda, M. H. Koto, and A. Wardani, “Implementasi Metode Prototyping Pada Rancangan Toko Tanaman Berbasis Android,” RABIT J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 8, no. 2, pp. 254–261, 2023, doi: https://doi.org/10.36341/rabit.v8i2.3156.

M. Alda, P. Studi, S. Informasi, U. Islam, and N. Sumatera, “Pengembangan Aplikasi Pengolahan Data Siswa Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping,” J. Manaj. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 11–23, 2023, doi: 10.34010/jamika.v13i1.8216.

M. A. Bacsafra, D. M. Kusumawardani, and Darmansah, “Pengembangan Sistem Informasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan Berbasis Android Dengan Metode Prototype,” J. Sains Komput. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 379–390, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v6i1.453.

Published

2025-01-09