Optimalisasi Pemilihan Pelanggan Utama Berbasis Web Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory
Multi-Attribute Utility Theory-Based Web Application for Prioritizing Customers
Keywords:
MAUT, Optimasi Pelanggan, Pelanggan Prioritas, Sistem Pendukung KeputusanAbstract
Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk memahami kebutuhan pelanggan secara mendalam. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) dalam pengembangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk optimasi pengelolaan pelanggan. MAUT memungkinkan integrasi beragam faktor kualitatif dan kuantitatif, seperti frekuensi pembelian, nilai transaksi, dan tingkat kepuasan pelanggan, ke dalam sebuah model penilaian yang komprehensif. Melalui model ini, setiap pelanggan diberikan skor utilitas yang mencerminkan kontribusinya terhadap tujuan bisnis perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengidentifikasi segmen pelanggan yang paling menguntungkan dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Keberhasilan penerapan SPK MAUT ini sangat bergantung pada akurasi data historis pelanggan dan validitas bobot yang diberikan pada setiap atribut. Validasi model ini dapat dilakukan melalui perbandingan hasil prediksi dengan data aktual. . Implementasi SPK MAUT tidak hanya membantu perusahaan dalam mengoptimalkan alokasi sumber daya, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.
References
M. A. Rizaty, “Indonesia Produksi 2,85 Juta Ton Kelapa pada 2021,” https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/296596ad3f1389a/indonesia-produksi-285-juta-ton-kelapa-pada-2021, 2021.
O. Coco, “One Stop Solution for The Finest Coconut Product From Indonesia,” https://orfalandcoco.com/, 2024.
D. Safitri, H. K. Siradjudin, and Rosihan, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Mobil Baru Dengan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory (Maut),” JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 85–92, 2021, doi: 10.54650/jukomika.v6i1.503.
N. D. Salsabila, N. Ariati, P. Studi, S. Informasi, U. Indo, and G. Mandiri, “Sistem Pendukung Keputusan Penjualan Sepeda Motor Secara Kredit Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process Pada CV . Lestari Motorindo Cabang Palembang,” J. Sist. Teknol. Inf. Komun., vol. 7, no. 2, pp. 68–76, 2024, doi: https://doi.org/10.32524/jusitik.v7i2.1172.
R. Ramadiani and A. Rahmah, “Sistem pendukung keputusan pemilihan tenaga kesehatan teladan menggunakan metode multi-attribute utility theory,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2019, doi: http://doi.org/10.26594/register.v5i1.1273.
A. Triayudi, J. D. Rajagukguk, and M. Mesran, “Implementasi Metode MAUT Dalam Menentukan Prioritas Produk Unggulan Daerah Dengan Menerapkan Pembobotan ROC,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 3, no. 4, pp. 452–460, 2022, doi: DOI: https://doi.org/10.32524/jusitik.v7i2.1172.
C. Imam, J. Santony, and Yuhandri, “Sistem Pendukung Keputusan Spesifikasi Biji Jagung Berkualitas Terbaik dengan Metode Multi Attribute Utility Theory,” J. KomtekInfo, vol. 5, no. 3, pp. 10–19, 2019, doi: 10.35134/komtekinfo.v5i3.27.
R. Prayoga and H. Tantriawan, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Mata Kuliah Pilihan Menggunakan Metode Profile Matching: Decision Support System College in Choosing Elective Courses with The Profile Matching Method,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 118–128, 2021, doi: https://doi.org/10.57152/malcom.v1i2.94.
A. Karim, S. Esabella, K. Kusmanto, M. Mesran, and U. Hasanah, “Analisa Penerapan Metode Operational Competitiveness Rating Analysis (OCRA) dan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Pemilihan Calon Karyawan Tetap Menerapkan Pembobotan Rank Order Centroid (ROC),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 4, p. 1674, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3265.
A. R. Pratama and A. Yuliana, “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ban Sepeda Motor Dengan Metode Multi Atribut Utility Theory,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, pp. 4088–4097, 2024, doi: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5260.
N. Ariati, H. Di Kesuma, and A. R. Bimantara, “Peningkatan Literasi Siswa Sebagai Generasi Digital Melalui Optimalisasi Mobile Library Berbasis Android,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 4, no. 3, pp. 885–893, 2024, doi: https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1375.
V. Sandrya, W. Wasino, and D. Arisandi, “Sistem Rekomendasi Film Menggunakan Metode Multiple Attribute Utility Theory,” Comput. J. Comput. Sci. Inf. Syst., vol. 6, no. 1, p. 19, 2022, doi: 10.24912/computatio.v6i1.17081.
T. H. Jais, L. Elfianty, and R. T. Alinse, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Tingkat Kepuasan Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Sawah Lebar Menggunakan Metode Servqual (Service Quality) Tiara,” J. Sci. Soc. Res., vol. 4307, no. August, pp. 1338–1342, 2024, doi: DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v7i3.2178.
M. Isla and A. H. Ali, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Kontrak Menggunakan Metode Multy Attribute Utlity Theory (MAUT)(Studi Kasus: T.Telkom Marisa),” J. Ilm. Ilmu Komput. Banthayo Lo …, vol. 1, no. 1, pp. 1–18, 2022, doi: DOI?: 10.37195/balok.v1i1.178.
D. Asdini, M. Khairat, and D. P. Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Manajer di PT. Pos Indonesia dengan Metode WASPAS,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 1, p. 41, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i1.3767.
E. I. S. K. Naipospos, A. P. N. D. Pratiwi, and Afrisawati, “Penerapan Metode Ahp Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menilai Dan Memilih Pelanggan Terbaik Pada Bisnis Laundry Di (Air Batu),” JUTSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 131–140, 2020, doi: https://doi.org/10.33330/jutsi.v4i2.3249.
Y. Rahmanto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode SD-MOORA,” J. Artif. Intell. Technol. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 163–172, 2024, doi: https://doi.org/10.58602/jaiti.v2i3.135.
R. W. Dari, “Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Bekas,” J. KomtekInfo, vol. 10, no. 2, pp. 73–79, 2023, doi: 10.35134/komtekinfo.v10i2.378.
F. Reza and A. D. Putra, “Sistem Informasi E-Smile (Elektronic Service Mobile) (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulang Bawang),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 56–65, 2021, doi: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.909.
Murni, N. Ariati, and Dhamayanti, “Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Terpadu Pada Kantor Kecamatan Seberang Ulu Satu Kota Palembang Diterima,” ANTIVIRUS J. Ilm. Tek. Inform., vol. 17, no. 2, pp. 180–192, 2023, doi: https://doi.org/10.35457/antivirus.v17i2.3204 180.
P. Natasa, B. C. Putra, A. Ariesta, and Y. Yuliazmi, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Pelanggan Prioritas Dengan Metode SAW Pada PT. Tixpro Informatika Megah,” J. Ticom Technol. Inf. Commun., vol. 11, no. 3, pp. 138–144, 2023, doi: 10.70309/ticom.v11i3.95.
E. L. Hady, K. Haryono, and N. W. Rahayu, “User Acceptance Testing (UAT) pada Purwarupa Sistem Tabungan Santri (Studi Kasus: Pondok Pesantren Al-Mawaddah),” J. Ilm. Multimed. dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: https://doi.org/10.56873/jimk.v5i1.64.