Penerapan Algoritma Apriori dalam Menentukan Rekomendasi Paket Produk

Implementation of Apriori Algorithm for Product Bundle Recommendations

Authors

  • Nur Aria Hibnastiar Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ahmad Fahrudi Setiawan Institut Teknologi Nasional Malang
  • Eko Heri Susanto Institut Teknologi Nasional Malang

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v5i1.1782

Keywords:

Algoritma Apriori, Kategori Produk, Paket Produk, Rekomendasi, Toko Elektrik

Abstract

Toko Surya Elektrik Turen di Kabupaten Malang mengalami kesulitan untuk menentukan paket produk yang biasa dibeli oleh konsumen. Untuk menyelesaikan masalah ini, penelitian ini menggunakan Apriori untuk mengidentifikasi pola hubungan antara produk dan data transaksi. Algoritma ini terbukti efektif dalam menemukan produk yang banyak dibeli bersama, tetapi tidak dapat diaplikasikan secara langsung untuk merekomendasikan paket produk karena terdapat produk yang direkomendasikan berulang kali. Oleh karena itu, untuk menghasilkan rekomendasi yang lebih relevan, penelitian ini menambahkan parameter kategori untuk membatasi pola hubungan yang sama atau berulang. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan nilai parameter minimum support dan minimum confidence berpengaruh signifikan terhadap aturan asosiasi yang terbentuk. Terdapat penurunan jumlah rekomendasi sebesar 80% dari pengujian minimum support 0.06 dan minimum confidence 0.6 dengan minimum support 0.1 dan minimum confidence 0.8. tetapi mengalami peningkatan nilai rata rata support sebesar 35% dan peningkatan rata rata nilai confidence sebesar 32%. Jumlah rekomendasi yang dibuat berkurang, tetapi kualitas asosiasi yang terbentuk meningkat. Selain itu penambahan parameter kategori pada algoritma Apriori mempengaruhi jumlah rekomendasi yang dihasilkan. Dimana kombinasi 4-itemset dengan kategori Lampu, Kabel, Fitting dan Stop Kontak menghasilkan 1 rekomendasi yang cocok dengan rata rata support sebesar 0.056 dan rata rata confidence 0.529.

References

R. Alifia, J. Adani, and A. Zahrah, “Strategi Perencanaan Bisnis untuk Meningkatkan Keberhasilan Usaha,” Economics And Business Management Journal ( EBMJ ), vol. 3, no. 1, pp. 1–7, Apr. 2024, doi: -.

D. Sunyoto and A. Mulyono, Managemen Bisnis Ritel. Eureka Media Aksara, 2022.

K. Brighton and S. Hariyanto, “Penerapan Metode Market Basket Analisis Dengan Algoritma Apriori Pada Toko Ritel Elektronik,” bit-Tech, vol. 7, no. 1, pp. 37–46, Aug. 2024, doi: https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1417.

N. Hardi, J. Putra, and T. Adilah, “Implemetasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Penjualan Carton Box,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 5, no. 4, pp. 1472–1478, Jul. 2024, doi: https://doi.org/10.47065/josh.v5i4.5646.

P. Dwi Cahya and D. Durbin Hutagalung, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Produk Sembako Berbasis Web (Studi Kasus: Warung Abah Murdika),” Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, vol. 1, no. 6, pp. 1465–1469, Dec. 2023, doi: -.

A. Hasna Fairuz Shafa, A. Perdana, D. Wacana Metro, and J. Kenanga No, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Di Toko Berkah Berlimpah,” Technology Acceptance Model) Jurnal TAM, vol. 15, no. 1, pp. 88–94, Jul. 2024, doi: https://doi.org/10.56327/jurnaltam.v15i1.1668.

D. Sitanggang, ALGORITMA APRIORI, vol. 1. Unpri Press, 2023. doi: -.

H. D. Oktory and T. Y. Hadiwandra, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Penentuan Pola Pembelian Kacamata pada Optik Indah Optikal,” MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 4, no. 4, pp. 1275–1281, Jul. 2024, doi: https://doi.org/10.57152/malcom.v4i4.1353.

A. P. Rizki, K. Auliasari, and D. Rudhistiar, “Sistem Rekomendasi Penentuan Paket Menu Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Iff Ayam Uleg Cak Abit Cabang Bendungan Sutami),” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 8, no. 2, 2024, doi: https://doi.org/10.36040/jati.v8i2.9094.

M. Trifena, K. Hamidah, Y. Umaidah, A. Voutama, P. Studi Sistem Informasi, and F. Ilmu Komputer, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Menentukan Paket Bundel dalam Penjualan Toko Swalayan XYZ,” Journal Sensi, vol. 9, no. 2, pp. 187–197, Aug. 2023, doi: https://doi.org/10.33050/sensi.v9i2.2912.

R. Aditya Permana, P. Arsi, and P. Subarkah, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk Spare Part Mobil,” Journal of Technology and Informatics (JoTI), vol. 6, no. 1, pp. 8–16, Oct. 2024, doi: https://doi.org/10.37802/joti.v6i1.597.

I. N. Muhammad, M. F. Islam, and A. Nugroho, “Prediksi Produk Bundle Pada Promo Dengan Algoritma Apriori Menggunakan Association Rule,” Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, vol. 12, no. 2, pp. 178–188, Nov. 2021, doi: https://doi.org/10.47927/jikb.v12i2.174.

R. Guntur Alam and D. Abdullah, “Implementation Of Apriori Data Mining Algorithm to Increase Sales Of Caringin Shop,” Jurnal Komputer, Informasi dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 1–14, Jun. 2024, doi: 10.53697/jkomitek.v4i1.17.

V. Arinal and M. Afsari, “Penerapan Metode Asosiasi Pada Data Penjualan Transaksi Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Circle’K Apartemen Marabella Jakarta Selatan),” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 170–176, Aug. 2023, doi: 10.55338/saintek.v5i1.1366.

D. Sitanggang, N. A. Br S. Muham, S. H. Rangkuti, S. P. Zalukhu, and E. Indra, “Penerapan Data Mining Untuk Rekomendasi Paket Pernikahan Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 5, no. 1, p. 130, Jun. 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i1.509.

A. Noviyanti and S. Juanita, “Rekomendasi Paket Pakaian Berdasarkan Pola Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” SISFOTENIKA, vol. 14, no. 2, Jul. 2024, doi: 10.30700/sisfotenika.v14i2.424.

M. Elvis Syahri, D. Yusuf, U. Singaperbangsa Karawang, and K. Jawa Barat, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Penjualan Untuk Menentukan Paket Promosi (Studi Kasus Kedai Warung Jambu),” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 7, no. 4, Aug. 2023, doi: https://doi.org/10.36040/jati.v7i4.7182.

S. Sofinar Amru and S. Juanita, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Penjualan Paket Lipstik,” JSI?: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), vol. 14, no. 1, pp. 2569–2584, Apr. 2022, doi: 10.36706/jsi.v14i1.17219.

S. Kumar, A. Chuli, A. Jain, and N. Prasanth, “Data Analytics for Pandemic Management using MapReduce and Apriori Algorithm,” Procedia Comput Sci, vol. 230, pp. 455–466, 2023, doi: https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.12.101.

R. Sena Yudha, K. Auliasari, and R. Primaswara Prasetya, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menghasilkan Pola Penjualan Produk Bangunan,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 4, no. 1, Aug. 2020, doi: https://doi.org/10.36040/jati.v4i1.2377.

Downloads

Published

2025-01-09